Lucu

Mengenal Vajra, Senjata Perang Kuno di India yang Bisa Mengeluarkan Petir

Jika peperangan sekarang sudah memakai senjata yang semakin canggih, seperti tank, bom, serta alat tembak, maka perang zaman kuno juga seperti itu. Bedanya, senjata yang digunakan masih sangat tradisional dan tak memakai teknologi mutakhir.

Jauh sebelum manusia menguasai peradaban, mereka juga masih percaya dengan penguasa yang disebut sebagai dewa. Nama-nama tersebut juga kadang disangkutpautkan dengan berbagai hal keramat yang dijaga hingga kini, salah satunya adalah Vajra, senjata perang yang dipercaya bisa memancarkan petir.

Jenis Vajra [Sumber gambar]
Kata Vajra sendiri diadopsi dari Bahasa Sanskerta yang berarti sesuatu yang keras atau kuat, seperti sifat yang ada pada berlian. Hal tersebut melambangkan sebuah kekuatan yang tak tergiyahkan, tak bisa ditembus, serta sulit dihancurkan.

Dilansir dari grid.id, pada Ancient Origins, teks kuno menunjukkan bahwa vajra tidak selalu berarti simbol kedamaian, namun sebaliknya, ia bisa menjadi penghancur. Vajra pertama kali muncul di India dan disebut sebagai senjata perang yang digunakan para dewa.

Bagi orang India tentu hal ini bukanlah semata-mata legenda, tetapi memang pernah terjadi. Ketika para iblis mencoba mencuri cahaya dari bumi, petaka serius tentu akan terjadi kepada seluruh penghuninya. Mereka mencoba meminta bantuan kepada Wishnu sang dewa. Wishnu memberi mereka senjata yang kemudian dinamakan vajra, konon senjata ini bisa memancarkan petir dari kedua ujungnya.

Disebut sebagai senjata para dewa [Sumber gambar]
Secara penampilan fisik, vajra sendiri digambarkan sebagai poros logam dengan tiga, lima atau sembilan cabang yang berasal dari bunga teratai di kedua ujungnya. Dalam legenda Buddha, vajra yang pernah dijadikan sebagai penghancur kemudian menjadi simbol kedamaian. simbol guntur atau halilintar sebagai alat penghancur bisa ditemukan di dalam berbagai wacana peradaban kuno.

Mengenai keberadaan senjata perang ini, ada atau tidaknya juga tidak diketahui secara pasti. Yang jelas, India adalah negara yang lekat dengan mitologi dan kepercayaan akan keberadaan dewa. Artikel ini juga ditulis sebagai pengetahuan, mau percaya atau tidaknya terserah kepada para Sahabat Boombastis.

Share
Published by
Ayu

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

4 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

1 day ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

3 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

5 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago