Lucu

Aksi Lucu Pak Basuki Menteri PUPR, HP Jadul sampai “Cosplay” Berbagai Profesi

Siapa yang tidak kenal dengan Pak Bas, panggilan akrab Mochamad Basoeki Hadimoeljono? Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang telah mendampingi Jokowi selama dua periode, tepatnya sejak 2014 sampai sekarang. Tak dipungkiri bahwa selama berada di bawah kepemimpinan Pak Bas, Kementerian PUPR telah melakukan beragam pembangunan yang memajukan Indonesia.

Namun, bukan hal itu saja yang dikenal dari Pak Bas, melainkan juga tingkah kocak menteri yang berasal dari Solo ini. Pak Bas juga dikenal dapat melakukan berbagai hal, sampai dijuluki menteri yang suka “cosplay”. Terbaru, Pak Bas menjadi fotografer saat mendampingi Jokowi dan pimpinan KTT G20 mengunjungi hutan mangrove di Bali. Simak ulasan Boombastis.com tentang aksi kocak Pak Bas berikut ini!

Jadi fotografer saat KTT G20

Salah satu agenda Konferensi Tingkat Tinggi G20 (KTT G20) adalah kunjungan ke Taman Hutan Raya Mangrove Ngurah Rai Bali, Rabu (16/11/2022). Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, dan Gubernur Bali I Wayan Koster. Pak Bas terlihat mengenakan pakaian formal, yaitu kemeja putih dan celana kain, sama dengan delegasi maupun pejabat yang hadir.

Aksi Pak Bas menyambi jadi fotografer saat KTT G20. [Sumber Gambar]
Menariknya, menteri yang terkenal humoris ini memakai topi terbalik, hal yang tidak biasa dilakukan saat pertemuan negara. Bukan itu saja, ia terlihat membawa kamera tele layaknya jurnalis, lengkap dengan kartu identitas wartawan yang menggantung di lehernya. Ia bahkan tampak serius mengabadikan momen Jokowi dan delegasi KTT G20 saat kunjungan ke hutan mangrove. Aksinya ini sampai membuat delegasi yang hadir tidak menyangka bahwa pria yang sibuk mengambil foto itu adalah seorang menteri.

Pemain drum dan punya band bersama jajaran menteri

Pak Bas memang benar-benar menteri yang serba bisa, bahkan ia dapat memainkan drum dengan terampil. Bersama para menteri yang lain, Pak Bas pernah membuat band dadakan bernama Elek Yo Band. Menteri yang terkenal humble ini kerap menunjukkan kemahirannya bermain drum saat berbagai acara.

Pak Bas unjuk gigi bermain drum. [Sumber Gambar]
Misalnya saat wisuda Gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa/HC) di ITB pada Januari 2020. Di depan para wisudawan, wisudawati, dan profesor, Pak Bas memainkan drum sembari mengenakan pakaian wisuda lengkap dengan toga.

Jago main badminton

Pak Bas menunjukkan kemampuannya bermain badminton dalam ajang turnamen Kepala Sekretariat Presiden Cup 2022 pada Jumat (7/1/2022). Menteri berusia 68 tahun ini memakan kaos dan celana olahraga hitam. Ia tampak lincah dan semangat memukul shuttlecock.

Pada pertandingan itu, Pak Bas bermain satu tim bersama Menpora Zainudin Amali melawan pasangan Mensesneg Pratikno dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Kedua tim berakhir dengan nilai seri. Namun, Pak Bas dengan percaya dirinya berdiri di atas podium juara satu.

Momen kocak HP jadul bunyi kencang saat dampingi Jokowi

Walaupun berprofesi sebagai menteri Pak Bas termasuk humble, salah satunya ditunjukkan dengan ia masih menggunakan handphone Nokia jadul sehingga ia pun tak punya aplikasi WhatsApp. Kalau mau ada keperluan dengan Pak Bas, harus melakukan pesan melalui WhatsApp ke ajudannya. Tipe HP tersebut terakhir kali diproduksi pada 2016. HP ikonik Pak Bas pun pernah muncul pada video yang diunggah oleh akun YouTube Sekretariat Presiden.

Pak Bas dan HP Nokia jadulnya. [Sumber Gambar]
Saat itu, Pak Bas sedang mendampingi Pak Jokowi meninjau lokasi IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Pak Jokowi sedang diwawancara oleh wartawan pada Selasa (25/10/2022). Tiba-tiba HP jadul Pak Bas berdering sangat nyaring dengan ringtone khas Nokia. Pak Bas otomatis berbalik sembari mengambil HP di saku rompinya dan segera mematikan hape tersebut. Reaksi Pak Jokowi juga menjadi sorotan, ia terlihat santai saja dan tetap menjawab pertanyaan wartawan.

BACA JUGA: Kenalan dengan Basuki Hadimuljono, Menteri Tangguh yang Rumahnya Rela Digusur Demi Negara

Tindakan Pak Bas yang mengundang kagum dan tersenyum memang kadang tidak terduga. Belum lagi, kelucuan Pak Bas didukung oleh timnya di Kementerian PUPR dengan mengunggah momen Pak Bas di Twitter dan Instagram. Kita tunggu saja aksi seru Pak Bas selanjutnya.

Share
Published by
H

Recent Posts

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

2 weeks ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

2 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

2 weeks ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

3 weeks ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

3 weeks ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

4 weeks ago