Iba ke Korban yang Anak Yatim, Penipu Ini Kembalikan Uang yang Sudah Dia Curi

Semakin canggih zaman dan banyaknya teknologi, semakin banyak pula cara menipu yang dilakukan oleh para penipu demi mendapatkan uang. Mulai dari modus telepon terkait keluarga yang kecelakaan, mengaku dari pihak instansi tertentu, sampai memberikan hadiah atau doorprize kepada calon korban. Belakangan viral sebuah video di media sosial, di mana seorang penipu berhasil mengambil uang dari seorang anak yang ternyata baru saja ditinggal meninggal orang tuanya.

Kejadian penipuan ini bermula dari chat WhatsApp seorang yang mengaku pihak dari marketplace, ia ingin melakukan pengembalian (refund) barang yang ia beli. Trik ini ternyata digunakan oleh penipu untuk melakukan scam dan menguras isi rekening seorang pengemudi ojek online. Terlambat menyadarinya, uang yang berada di dalam rekening tersebut habis ducuri oleh si penipu.

Namun tak disangka, sang pengemudi ojol ini pun membalas si penipu dengan mengatakan bahwa ia adalah anak yatim. Uang yang dicuri tersebut merupakan hasil dari GoFood selama dua bulan. Si ojol mengatakan bahwa uang tersebut sangat berarti, meski sedikit namun akan digunakan untuk membeli berbagai kebutuhan pokok.

Di luar dugaan, sang penipu ternyata merasa iba dan tak tega mendengar pengakuan tersebut. Ia kemudian menanyakan nomor rekening si pengemudi ojol dan mengembalikan uang yang sudah ia curi. Tak berapa lama, si penipu mengirimkan bukti suksesnya pengiriman melalui i-banking. Bahkan, uniknya lagi ia melebihkan jumlah uang dari yang ia telah ia curi.

Kembalikan uang yang telah dicuri [sumber gambar]
Tak hanya itu saja, si penipu juga meminta maaf, memberi nasihat kepada sang pengemudi ojol untuk lebih berhati-hati lagi ke depannya, ia juga memberikan semangat untuk korbannya tersebut, agar selalu rajin bekerja. Percakapan mereka ditutup dengan pengemudi ojol yang mengirimkan foto tanah kuburan orang tuanya yang masih kuning, bahkan belum ada batu nisannya.

Sang pengemudi ojol juga mengucapkan terima kasih dan mendoakan agar penipu itu bisa mendapatkan uang yang lebih berkah. “Alhamdulillah, terima kasih ya Bang, semoga dapat rezeki yang lebih berkah Bang,” tulis pengemudi ojol mengakhiri percakapannya dengan si penipu.

Percakapan ini membuat banyak netizen merasa lucu bercampur sedih. Sedih karena masih ada orang yang bekerja dengan cara menipu, lucu karena ternyata meski melakukan perbuatan buruk, si penipu masih punya hati nurani. Hingga saat ini, video yang diunggah oleh akun TikTok @Lintanghart ini sudah ditonton lebih dari 3,5 juta orang.

Penipu mengambil uang anak yatim [sumber gambar]

Gagal jadi orang baik, tapi berhasil jadi manusia,” tulis akun @anakcerdass

Bukti bahwa Allah bisa membolak-balikkan hati seseorang kapanpun Dia mau,” tambah @subarashiirt

“i‘m a villain, not a monster” tambah @rmrzh_

BACA JUGA: Kisah Mantan Preman yang Bertaubat dan Mendirikan Panti Asuhan bagi Anak Yatim Piatu

Duh, emang ada-ada aja ya kelakuan manusia masa kini. Namun, netizen memuji kelakuan si penipu yang masih ‘punya hati’ dan mengembalikan uang orang yang ia tipu, setelah mengetahui bahwa si pengemudi ojol merupakan anak yatim.

Related Post