Lucu

Menguak Sundaland, Area Sekitar Gunung Anak Krakatau yang Diduga Terdapat Jejak Atlantis

Bambang Budi Utomo, selaku Kepala Badan Penelitian Arkeologi mengungkapkan keluh kesahnya yang terjadi di tahun 1979. Pada saat itu, ia diminta membantu ilmuwan dari Malaysia untuk meneliti Atlantis yang katanya ada di Sundaland, sekitar Gunung Anak Krakatau. Namun arkeolog ini menolaknya mentah-mentah meskipun dirinya diiming-imingi imbalan yang cukup banyak. Tapi menurutnya, uang tidak lebih penting dari akal sehat karena Atlantis hanyalah bagian dari dongeng saja.

Omong-omong soal Sundaland, apa Sahabat Boombastis pernah mendengarnya? Kalau pernah, apa yang kalian ketahui tentangnya? Miripkah dengan ulasan di bawah ini?

Inilah asal-usul nama Sundaland

Mendengar kata Sundaland, pasti yang terpikir dalam benak kita adalah letaknya berdekatan dengan Jawa Barat. Tapi faktanya bukan itu Sahabat Boombastis. Penulis buku berjudul Eden in The East bernama Stephen Oppenheimer menuturkan jika nama tersebut berasal dari ahli geologi yang berarti paparan benua.

Berasal dari pembaca peta asal Portugis [Sumber Gambar]
Lalu dilanjutkan dengan guru besar geologi Unpad Prof Adjat Sudradjat yang mengatakan jika Sundaland merupakan nama pemberian para pembuat peta dari Portugis. Maka dari itu, jauh sebelum kita lahir, Indonesia dipenuhi dengan nama Sunda. Seperti Sunda Besar, Sunda Kecil sampai Laut Sunda.

Begini bentuk sebenarnya dari Sundaland

Berdasarkan penjelasan yang ada selama ini, Sundaland sekarang hanya berupa perairan. Lalu bagaimana sih bentuknya sebelum tenggelam?

Sundaland memanjang dari India ke arah timur [Sumber Gambar]
Dilansir dari beritasatu.com, Sundaland adalah hamparan benua yang membentang dari bagian selatan India, Sri Langka dan Indonesia. Tapi di negara kita, Sundaland hanya meliputi bagian baratnya. Seperti Sumatera, Kalimantan, Jawa dan terus ke arah timur.

Jadi saksi bisu munculnya salah satu suku ternama di dunia

Sundaland tidak hanya berupa daratan kering lho Sahabat Boombastis, melainkan juga sebagai sarana untuk tempat tinggal. Dikutip dari Atlantis Indonesia, Sundaland awalnya menjadi tempat migrasi dari beberapa penduduk negara, salah satunya Afrika.

Suku Aborigin [Sumber Gambar]
Para penduduk memang sempat tinggal di Sundaland, tapi tidak dalam waktu yang lama. Mereka memilih untuk mencari tempat lain seperti ke Australia. Nah, para penduduk Afrika yang mendiami Negeri Kanguru ini sekarang dikenal dengan sebutan Suku Aborigin.

Sundaland tenggelam dan akhirnya membentuk pulau-pulau cantik di Indonesia

Sundaland tenggelam dan akhirnya membentuk pulau-pulau cantik di Indonesia

Sebelum Sundaland tenggelam, ada beberapa bencana alam yang terjadi di sana. Menurut buku berjudul Eden in The East, fenomena alam yang dimaksud adalah letusan gunung berapi, gempa bumi dan juga banjir.

Setelah tenggelam terbentuklah Indonesia [Sumber Gambar]
Singkat cerita, banyaknya bencana alam tadi diakhiri dengan kenaikan air laut yang menenggelamkan Sundaland. Sehingga, tinggallah Sumatera, Kalimantan, Jawa dan pulau-pulau kecil di sekitarnya yang tersisa hingga saat ini.

Lalu, mengapa Sundaland disebut-sebut terdapat jejak Atlantis?

Sundaland yang telah tenggelam beribu tahun lalu dianggap terdapat jejak atlantis bukan hanya ocehan belaka. Menurut Stephen Oppenheimer, Sundaland merupakan cikal bakal peradaban kuno atau dalam bahasa agama sebagai Taman Eden.

Disebut-sebut sebagai Atlantis [Sumber Gambar]
Istilah ini diserap dari kata dalam Bahasa Ibrani Gan Eden. Nah, di dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai Taman Firdaus. Ini semua dilihat dari beberapa ilmuwan yang telah menemukan jejak sungai purba di sekitaran Sundaland.

BACA JUGA : 7 Teori Unik Seputar Atlantis, Kota yang Hilang

Itulah segelintir informasi mengenai Sundaland. Tapi tentang apakah Sundaland merupakan bentuk peradaban dari Atlantis, sepertinya belum ada yang bisa menjawab. Sebab, masih belum ada bukti otentik tentang peninggalan Atlantis yang ditemukan di sekitaran Sundaland. Namun apa kalian percaya dengan adanya Atlantis di Indonesia?

Share
Published by
Firdha

Recent Posts

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

1 week ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

3 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

1 month ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

1 month ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago