7 Teori Unik Seputar Atlantis, Kota yang Hilang

oleh Tetalogi
15:28 PM on Mar 19, 2016

Sejak Plato, seorang filsuf Yunani menulis tentang kota Atlantis 2000 tahun yang lalu, para cendekiawan terjebak dalam perdebatan tiada akhir tentang kebenaran adanya kota tersebut. Meski ada beberapa orang yang menganggap serius ucapan Plato, kebanyakan orang menganggap hal tersebut cuma isapan jempol belaka. Pasalnya tidak mungkin peradaban yang sangat maju seperti itu bisa hilang tanpa jejak.

Belum ada yang bisa menjawab dengan pasti apakah Atlantis benar pernah ada atau di mana lokasi keberadaannya. Meski begitu, ada banyak teori yang muncul seputar kota yang hilang tersebut dan bahkan bisa dibilang cukup masuk akal.

Baca Juga
Tak Peduli Konflik, Inilah Potret Kehidupan Anak Orang Kaya Israel yang Bakal Membuatmu Melongo
Dari Orok Sudah Akrab dengan Cobra, Inilah 4 Fakta Desa Pawang Ular di India

1. Atlantis Hanyalah Kisah Fiktif

Beberapa sejarawan dan ahli sejarah berpendapat bahwa Atlantis adalah kisah fiksi yang tujuannya murni untuk menghibur dan memberi pencerahan kepada para pembacanya agar tidak berpaling dari dewa-dewa. Jadi sejak awal niatnya memang tidak untuk diinterpretasikan sebagai tempat atau kejadian yang nyata.

Ilustrasi Atlantis [Image Source]
Ilustrasi Atlantis [Image Source]
Bukti dari teori ini adalah karena Plato mengatakan bahwa pulau tersebut diberikan kepada dewa Yunani, Poseidon yang jatuh cinta pada putri raja pertama Atlantis. Ia juga menceritakan bagaiman penduduk Atlantis dikalahkan oleh penduduk Yunani dan Mediterania Timur sekitar 12 ribu tahun sebelumnya, ribuan tahun bahkan sebelum peradaban paling awal ada di daerah tersebut sehingga cerita Atlantis tidak mungkin terjadi.

2. Tempatnya Fiktif, Banjir Besarnya Nyata

Plato menyebutkan beberapa referensi tentang banjir besar yang pernah muncul ribuan tahun lalu dan menghancurkan hampir seluruh dunia, menyisakan sedikit manusia untuk kembali membangun kembali peradaban. Kisah tentang Atlantis, meski merupakan imajinasi Plato semata, kemungkinan terinspirasi dari kejadian nyata sebuah banjir besar yang terjadi 10 ribu tahun sebelum ia lahir.

Ilustrasi zaman es [Image Source]
Ilustrasi zaman es [Image Source]
Mungkin saja ini adalah menggambarkan peristiwa zaman es terakhir ketika tinggi permukaan air meningkat drastis beberapa meter sehingga menenggelamkan daratan. Atau bisa juda banjir tersebut terjadi karena sesuatu hal lain seperti jatuhnya meteor yang membuat dunia mengalami bencana selama beberapa waktu.

3. Plato Sebenarnya Menceritakan Tentang Minoan

Teori lain yang berkembang populer adalah bahwa Plato sebenarnya membicarakan tentang sebuah pulau di Yunani yang disebut Minoan. Pulau ini tersapu oleh lautan ketika gunung berapi di pulau Thera (sekarang dikenal dengan Santorini) meletus pada tahun 1600 SM sehingga menyebabkan tsunami yang sangat besar dan menghancurkan kota pesisir tersebut.

Kota Akrotiri Peradaban Minoan di Selatan Pulau Thera [Image Source]
Kota Akrotiri Peradaban Minoan di Selatan Pulau Thera [Image Source]
Bencana sebesar itu akan diingat dalam sejarah dan akhirnya menjadi mitos yang sampai ke telinga Plato ribuan tahun kemudian. Kemungkinan, Plato kemudian menceritakan bencana tersebut dalam bentuk yang dimodifikasi. Ia menjelaskan Atlantis sebagai kota yang sangat kaya dengan kekuatan yang besar dan dilebih-lebihkan.

4. Mitos yang Menceritakan Banjir Laut Hitam

Teori lain yang berkembang adalah kisah Atlantis yang diceritakan Plato sebenarnya adalah versi mitos dari kejadian bersejarah yang pernah terjadi ribuan tahun sebelum Plato lahir. Saat itu selat Bosporus dipenuhi oleh air dari Laut Mediterania sehingga membanjiri Laut Hitam pada tahun 5.600 SM. Menurut teorinya, peradaban telah muncul dan berkembang di pantai Laut Hitam yang saat itu masih berupa danau air tawar dengan luas setengah dari ukurannya sekarang.

Laut Hitam [Image Source]
Laut Hitam [Image Source]
Peradaban tersebut tenggelam hingga ratusan meter di bawah laut dalam waktu yang singkat (mungkin kurang dari satu tahun). Peristiwa tersebut tentu akan sangat traumatis bagi masyarakat di wilayah tersebut yang kemudian menceritakannya kepada orang-orang di tempat tinggal mereka yang baru. Masing-masing membawa versi ceritanya sendiri di darah baru yang ditinggali, maka lahirlah legenda Atlantis seperti yang sekarang banyak dikenal.

5. Atlantis Menceritakan Benua Kuno, Lemuria

Lemuria adalah nama sebuah benua yang konon dulu pernah ada di Samudra Hindia. Ide keberadaan pulau atau benua besar tersebut dikemukakan oleh ahli zoologi Philip Sclater pada abad ke-19. Menurutnya, Madagaskan dan India dulunya mungkin adalah bagian dari benua yang lebih besar yaitu Lemuria.

Gambaran Lemuria di Samudra Pasifik [Image Source]
Gambaran Lemuria di Samudra Pasifik [Image Source]
Teori ini sudah dibantah oleh pengetahuan tektonik modern. Meskipun benua yang tenggalam memang ada, contohnya dataran Kerguelen di Samudera Hindia. Namun belum pernah diketahui ada bentukan geologi di bawah Samudera Hindia yang sesuai dengan teori adanya Lemuria.

6. Atlantis Ada di Indonesia

Pada zaman es, ketinggian permukaan air laut masih ratusan meter lebih rendah dari yang ada sekarang ini karena masih banyak lapisan es yang menutupi sebagian besar Amerika Utara dan Eropa. Karena itulah, negara kepulauan seperti Indonesia saat itu masih berupa daratan benua yang sangat besar membentang dari Australia hingga sub-benua India dan masih terus memanjang ke arah lautan.

Indonesia dipercaya sebagai Atlantis [Image Source]
Indonesia dipercaya sebagai Atlantis [Image Source]
Kondisinya yang hangat, beriklim tropis dan sub-tropis, serta berukuran sangat besar menjadikan dataran ini tempat yang sempurna untuk peradaban yang sedang tumbuh atau bahkan yang sudah sangat maju secara teknologi seperti yang ada sekarang ini. Mungkinkah peradaban global yang sangat maju pernah ada tapi kemudian hancur oleh teknologinya sendiri dan segala bukti yang ada tenggelam karena semakin meluasnya lautan?

7. Atlantis ada di Kepulauan Bahama, Bermuda, Azore, Canary Island

Cerita tentang Atlantis tidak begitu saja dilupakan. Jadi hampir semua deretan kepulauan yang ada di lautan lepas seringkali diperkirakan sebagai sisa dataran Atlantis. Sayangnya, tidak ada satupun dari pulau ini yang cukup menakjubkan dalam segi ukuran atau tidak satupun dari kepulauan tersebut yang menunjukkan bahwa dulunya pernah memiliki peradaban yang sangat maju.

Ilustrasi Atlantis [Image Source]
Ilustrasi Atlantis [Image Source]
Kepulauan Bahama yang terlihat seperti dinding pelabuhan buatan manusia sering disebut sebagai bukti keberadaan Atlantis. Tapi para ilmuwan mengungkapkan bahwa bentukan batu pantai tersebut memang terlihat seperti buatan manusia, tapi sebenarnya murni bentukan alami.

Hingga saat ini, keberadaan Atlantis masih belum ditemukan dan kita tidak bisa tahu dengan pasti teori manakah yang benar. Bisa saja Atlantis benar-benar ada, atau hal tersebut hanyalah karangan Plato semata mengingat kurangnya bukti yang ditemukan. Bagaimana denganmu? Apakah menurutmu Atlantis sungguh pernah ada?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA