in

Pencapaian Hebat India yang Harusnya Bikin Bangsa Indonesia Bangkit

Kekuatan militer India luar biasa [Image Source]

Tanpa melihat data, yakin banget mayoritas masyarakat Indonesia akan menganggap India adalah negara yang biasa-biasa saja. Bahkan mungkin akan ada yang menjawab kalau Indonesia jauh lebih unggul di berbagai sisi jika dibandingkan dengan negara satu ini. Nampaknya mungkin seperti itu, tapi pada faktanya Indonesia sangat jauh kalau dibandingkan dengan India.

Indonesia memang pernah unggul dari India, tapi itu terjadi beberapa puluh tahun lalu. Sekarang, India adalah negara super power dunia yang sangat luar biasa. Jujur saja, Indonesia yang sekarang tidaklah selevel dengan India dari berbagai aspek. Entah itu teknologi, kesehatan, lebih-lebih militer. Ya, pencapaian mereka di bidang-bidang tersebut sangat luar biasa jauh kalau dibandingkan dengan kita.

Berbicara harus ada bukti, makanya kali kini kami akan membeberkan banyak pencapaian gila yang sudah diraih oleh negara Hindustan ini. Harapannya, setelah melihat ini kita jadi makin termotivasi untuk bisa melampaui mereka, apalagi dulu negara ini memang nggak ada apa-apanya kalau dibandingkan Indonesia.

India Sudah Meneliti Bulan

Hal yang melejit soal India belakangan adalah pencapaian mereka di bidang astronomi. Salah satunya adalah tentang penelitian mereka terhadap bulan. Penelitian ini bertujuan untuk memeriksa bulan yang katanya ada indikasi menyimpan air di dalam tanahnya. Dalam hal ini India bekerja sama dengan NASA.

India sudah meneliti bulan [Image Source]
India sudah meneliti bulan [Image Source]
Dalam penelitian kolaborasi itu dihasilkan kesimpulan jika bulan memang semacam memiliki kandungan air. Tapi masih butuh untuk ditelusuri lebih dalam lagi, dan saat ini mereka tengah melakukannya. India sudah sampai sejauh ini, Indonesia bagaimana? Negara kita ternyata masih belum sampai ke sana. Tapi lumayanlah kita sudah bisa bikin satelit dan pesawat.

India Menggila dengan Misi Mars Mereka

Nggak hanya sebatas meneliti bulan, India juga melakukan satu lagi gebrakan luar biasa di bidang astronomi. Hal tersebut tak lain adalah tentang misi Mars mereka. Diketahui India sudah bisa meluncurkan satelit mereka ke Mars untuk kemudian meneliti si planet merah seperti yang dilakukan NASA dan badan antariksa lain. Hebat!

Roket Mars India [Image Source]
Roket Mars India [Image Source]
Nggak hanya sukses menerbangkan satelit ke Mars, mereka juga mampu membuat misi ini berjalan sangat mudah. Terutama soal biaya yang ternyata nggak begitu mahal. Bahkan bisa dikatakan misi Marsnya India ini paling murah di antara yang lainnya. Ke depannya, India akan makin banyak melakukan gebrakan di bidang astronomi. Termasuk mungkin mengirimkan manusia-manusia untuk tinggal di planet ini.

Senjata Nuklir India

Soal nuklir sebenarnya Indonesia punya kans lebih baik daripada India. Alasannya nggak lain karena kita punya begitu banyak sumber daya uranium. Tapi, pada kenyataannya India justru menyalip Indonesia dengan sangat jauh.

Instalasi nuklir India [Image Source]
Instalasi nuklir India [Image Source]
Hari ini India sudah begitu berjaya dengan nuklirnya. Nggak hanya untuk energi, mereka juga menggunakan nuklir sebagai hulu ledak misil-misil raksasanya. India mungkin nggak begitu terkenal soal nuklir, tapi ke depannya mereka bakal terus berupaya untuk makin memperbanyak instalasi benda berbahaya ini. Ketika India sudah berbicara ekspansi nuklir, kita masih wacana-wacana saja.

Kemampuan militer yang Sangat Melejit

Dalam hal militer, India bisa dibilang luar biasa. Dulu sekali negara ini benar-benar lemah dan jadi bulan-bulanan bangsa barat. Tapi, sekarang lihatlah mereka. India bertengger di posisi empat dunia mengalahkan begitu banyak negara hebat. Bahkan Inggris sang mantan penjajah.

Kekuatan militer India luar biasa [Image Source]
Kekuatan militer India luar biasa [Image Source]
Ada banyak alasan kenapa militer India sangat hebat. Nggak hanya karena jumlah dan kualitas tentaranya yang luar biasa, tapi juga deretan alutsista mereka yang super keren. Nggak hanya pesawat-pesawat tempur terbaik, mereka juga punya kapal selam kelas berat dan juga kapal induk yang rencananya bakal bertambah lagi ke depannya. Indonesia bolehlah peringkat 10 dunia, tapi kalau head to head dengan mereka, kita masihlah kalah telak.

Pencapaian di Bidang IT yang Mencengangkan

Nggak hanya militer dan astronomi, kehebatan lain India juga terlihat dalam bidang IT. Dulu negara satu ini bukanlah apa-apa dilihat dari pencapaian IT-nya. Tapi kini India jadi salah satu negara basis IT terbesar di dunia.

India basis IT dunia [Image Source]
India basis IT dunia [Image Source]
Contoh paling nyatanya adalah di bidang software. 20 tahun lalu, di India hanya ada sedikit sekali yang namanya software house dan semacamnya. Tapi di tahun sekarang ini jumlahnya sudah nggak karuan. Nggak hanya menghasilkan program-program unggulan, banyak software house di sana juga menghasilkan para jenius di bidang IT yang sudah bekerja di berbagai perusahaan raksasa macam Google, Facebook, dan lain sebagainya.

Indonesia sesungguhnya bisa menjadi seperti India dengan segala hal yang mereka miliki sekarang. Pasalnya, kalau bicara sejarah, negara satu ini dulu jauh kalau dibandingkan dengan Indonesia. Tapi kini India melejit dan melampaui kita. Kalau India bisa, kita yang pernah unggul juga tentu mampu. Hanya tinggal mau atau tidak untuk melakukan itu semua. Kuncinya ada pada diri kita sendiri.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Riyanto, Sosok Pemuda Banser NU yang Jadi Pahlawan Orang-Orang Kristen

Resimen Pelopor, Pasukan Elit Indonesia yang Terlupakan