Lucu

Engklek, Permainan Lawas yang Tak Hanya Eksis di Tanah Air Tapi Juga Luar Negeri

Sebelum dunia bermain anak tergantikan oleh gadget, mereka dulu bebas bermain di luar rumah dengan teman sebaya. Ada banyak sekali permainan yang mungkin Sahabat Boombastis semua pernah memainkannya. Bedanya, sekarang permainan tersebut tinggal nama saja, anak-anak lebih memilih bermain di dunia maya, dengan teman yang kadang juga tidak mereka kenal.

Salah satu permainan yang dulunya eksis dan menjadi primadona adalah Engklek. Permainan tradisional ini juga dikenal dengan nama lain Sunda Manda. Jika dilihat dari sejarahnya, Engklek mempunyai nama asli ‘Zondag Maandag’ yang merupakan bahasa Belanda. Secara tidak langsung, permainan yang biasanya dimainkan di halaman ini dikenalkan oleh para kolonial saat menjajah Indonesia.

Melansir laman merahputih.com, di Nusantara sendiri, nama permainan ini juga beragam. Bukan hanya beragamnya pola, melainkan sebutannya pun beragam. Engklek sebutan di Sumatera Utara, Jambi, dan Jawa. Tengge-tengge sebutan di Gorontalo. Baju-baju di Sumatera Selatan. Asinan sebutan di Kalimantan. Dengkleng sebutan di Bali serta Tepok gunung sebutan di Jawa Barat.

Permainan Engklek [Sumber gambar]
Dari zaman dahulu, Engklek identik dengan anak perempuan, dan jarang sekali dimainkan oleh bocah laki-laki. Engklek ini bisa dimainkan perseorangan, bisa juga beregu (yang terdiri dari beberapa orang anak). Permainan Engklek hanya bisa dilakukan secara outdoor, di lapangan atau di halaman rumah.

Untuk memainkannya, diperlukan sebuah tanah pekarangan yang datar dengan ukuran kurang lebih 3 – 4 m2. Nantinya, tanah tersebut kotak-kotak atau persegi panjang berbagai macam bentuk. Dalam membuat kotak tersebut anak perempuan bisa menggunakan arang, pecahan genting, kapur, atau alat gambar lain.

Engklek yang dimainkan anak perempuan [Sumber gambar]
Aturan mainnya sangat sederhana. Setiap anak/kelompok memiliki satu pecahan genting atau gacuk untuk dilemparkan ke dalam kotak yang sudah dibuat. Mereka akan bermain bergantian dengan melempar gacuk ke kotak pertama sebelum akhirnya melompati kotak satu per satu. Kotak yang disinggahi gacuk tidak boleh diinjak (harus dilewati). Pemain juga tidak boleh menyentuh garis-garis yang sudah dibuat. Jika ternyata peraturan itu dilanggar maka permainan akan berakhir.

Jika semua kotak sudah terlewati, tahap akhir adalah ‘Pilih Rumah’, di mana pemain akan berdiri membelakangi kotak dan melempar gacuk-nya. Jika kemudian tepat sasaran atau masuk kotak (tidak menyentuh garis), maka itulah rumah terpilih. Pihak musuh tidak boleh menginjak kotak tersebut saat mereka bermain.

Engklek ternyata tak hanya dimainkan di Indonesia saja loh, Sahabat. Di luar negeri permainan serupa juga bisa ditemui. Di Eropa, permainan ini dinamakan Hopscotch –yang diduga sudah berusia sangat tua dan dimulai sejak kekaisaran romawi. Aturan bermainnya juga kurang lebih sama seperti Englek yang kita kenal ada di Indonesia.

BACA JUGA: Mengenal Kampoeng Hompimpa, Terobosan Lestarikan Permainan Jadul di Tengah Candu Gadget

Ada di belahan dunia manapun, Englek ini sebenarnya punya filosofi. Engklek merupakan simbol dari kerja solid dalam kelompok, usaha manusia untuk membangun rumahnya sendiri dan mendapatkan kekuasaan. Namun, dalam mencapai hal tersebut ada aturan dan norma yang tidak boleh dilanggar. Semuanya harus selaras dan sesuai dengan tata aturan yang sudah dibuat dan disepakati bersama. Kalau sekarang, ada enggak ya adik-adik yang masih bermain Engklek?

Share
Published by
Ayu

Recent Posts

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

4 days ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

7 days ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 week ago

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

2 weeks ago

Putra Raja Thailand Kembali Setelah 27 Tahun Diasingkan, Jadi Penerus Takhta Selanjutnya?

Kembalinya Vacharaesorn Vivacharawongse, putra tertua kedua Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, ke Thailand pada awal bulan…

2 weeks ago

Terungkap Situs Jual Beli Sertifikat Gelar Habib, Penipu Raup 18 Juta

Belakangan ramai perihal terungkapnya kasus penipuan lisensi gelar “habib”, di mana seorang pemuda memperjualbelikannya dengan…

2 weeks ago