Categories: Lucu

4 Barang Umum Ditemui di Indonesia Tapi Bikin Tajir Bila Dijual di Korut

Kalau menyebut nama Korea Utara, mungkin yang terpikir di benak sang pemimpin agung Kim Jong Un  dan aturan ketat yang kalau dilanggar bisa merenggut nyawa. Alhasil banyak orang jadi ngeri sendiri jika mau datang ke sana. Lha mau bagaimana lagi, jangankan orang asing, kerabat dekatnya saja pernah dipenggal oleh Jong Un karena melanggar perintah.

Masih soal Korut dan aturan tegasnya, siapa sangka di balik itu semua ada beberapa pihak yang diuntungkan. Ya, pasalnya beberapa komoditas di sana penjualannya benar-benar dibatasi, jadi harganya melambung tinggi. Namun uniknya, barang-barang tersebut mungkin di luar negeri termasuk di Indonesia, sering ditemui. Lalu barang apa saja itu?

Alat kontrasepsi adalah barang yang bikin tajir di Korea Utara

Kondom, mungkin sangat umum ditemui di Indonesia. Hampir di setiap supermarket dan apotek terdekat kita bisa membelinya. Namun ternyata di Korea Utara, alat kontrasepsi yang satu ini menjadi sebuah komoditas yang langkah. Ya, pasalnya kondom tidak diproduksi di sana karena dilarang oleh sang pemimpin agung.

Jualan kondom [image source]
Di sisi lain, banyaknya anak membuat banyak keluarga di Korea Utara jadi terkena masalah ekonomi sehingga banyak yang butuh alat kontrasepsi.  Seandainya ada pun, biasanya kondom yang ada berasal dari para pengusaha yang melakukan lawatan bisnis ke luar negeri dan memborongnya dari sana. Dan resiko bila ketahuan pihak bea cukai Korut pun sangat besar, namun sebanding dengan keuntungan.

Boneka Teddy Bear ternyata bikin untung para pengusaha asing di sana

Dilansir dari liputan6, ternyata barang nyeleneh lain yang digemari oleh warga Korea Utara adalah boneka beruang yang sering kita sebut Teddy Bear. Menurut Qian Jiang, seorang warga China pemilik toko di mal populer Dandong, barang yang satu ini selalu diburu oleh para perempuan di sana.

Boneka teddy bear [image source]
Awalnya mereka hanya melihat-lihat saja namun merasa tertarik dengan boneka itu dan langsung memborongnya. Kemungkinan para perempuan ini pertama kali melihat boneka macam itu, mengingat beberapa hal di Korea Utara memang sangat dibatasi.

Kartu SD dan Flashdisk puluhan ribu, bisa dihargai berkali-kali lipat

Menurut Reference News, salah satu barang yang paling laku di pasar gelap Korea Utara adalah memori SD Card dan alat penyimpan lainnya. Aneh memang, tapi pemerintah di sana ternyata melarang hal-hal semacam itu di sana karena dikhawatirkan banyak rakyatnya menonton tontonan yang tidak sesuai dengan doktrin yang selama ini ada.

SD card [image source]
Belum lagi ditakutkan ada orang yang membocorkan rahasia negara melalui barang ini. Oleh sebab itu, barang ini di sana bisa dihargai berkali-kali lipat. Dan ternyata benar, kebanyakan orang-orang yang memberi barang itu biasanya digunakan untuk menonton film atau tontonan lain yang berasal dari luar negeri.

Cendol dan sate jadi masakan impian rakyat hingga petinggi Korea Utara

Hal terakhir yang ternyata juga bikin tajir jika dijual di Korea Utara adalah makanan khas Indonesia berupa Cendol dan Sate. Dan jangan khawatir karena yang ini tidak ilegal seperti barang-barang sebelumnya. Ya tepatnya dalam acara Spring Charity Bazaar yang diikuti oleh KBRI Pyongyang, Indonesia ternyata menyuguhkan masakan andalannya berupa sate dan cendol.

sate cendol

Namun siapa sangka di negara yang dikenal ketat dan diktator itu rupanya banyak warga yang doyan dengan kuliner Indonesia. Buktinya semua dagangan ludes dibeli oleh orang asli sana. Bayangkan ya kalau bisa dapat izin menjual makanan ini di sana, mungkin bakal tajir juga nantinya, asal berani saja sih.

BACA JUGA: F-15 EX dan Dassault Rafale, 2 Pesawat Tempur yang Dilirik Prabowo untuk Perkuat Indonesia

Nah, itulah beberapa barang yang sering kita temui namun bisa bikin tajir kalau di jual di Korea Utara. Ya mau bagaimana lagi, memang negara itu sangat ketat dengan aturan-aturannya, jadi jangan kaget kalau hal yang umum bisa jadi sangat berharga di sana. Kita mesti bersyukur pula hidup di Indonesia karena tidak terlalu dibatasi.

Share
Published by
Arief

Recent Posts

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago