Categories: Lucu

Lima Hal Kocak yang Hanya Ada di Sekolah-Sekolah Indonesia

Salah satu dari masa-masa terbaik di hidup kita adalah masa-masa dimana kita masih duduk di bangku sekolah. Masa-masa sekolah paling tipikal di Indonesia adalah masa sekolah dimana kita belajar di ruang kelas yang sederhana, dengan teman yang hampir selalu berisik dan guru-guru yang demikian sabar.

Sistem pendidikan di Indonesia memang agak berbeda dengan negara-negara lain. Kita memiliki beberapa peraturan dan kebiasaan yang tidak dimiliki oleh negara lain. Berikut ini adalah beberapa video yang mungkin akan mengingatkan anda akan berharganya masa-masa sekolah yang telah kita lalui.

1. Hukuman Menyanyi Lagu Wajib

Ini adalah salah satu hukuman yang sering diterima anak-anak SD, menghapalkan lagu wajib. Lagu wajib adalah lagu bertema kebangsaan yang harus dihapalkan anak-anak sekolah di Indonesia sebagai perwujudan rasa nasionalisme. Lagu-lagu wajib yang terkenal antara lain Garuda Pancasila, Berkibarlah Benderaku, Maju Tak Gentar dan lain-lain.

Dalam video ini tampak seorang anak SD berusaha keras untuk menyanyikan lagu wajib di depan kelas. Meski sudah membawa contekan berupa buku teks, namun bocah lucu ini masih salah dalam melantunkan nada yang tepat. Teman-teman sekelas mulai menertawainya sementara si guru berusaha mengkoreksi dengan sabar.

Selanjutnya : 2. Razia Potong Rambut

2. Razia Potong Rambut

Di sekolah Indonesia, memiliki rambut panjang bagi siswa laki-laki adalah hal yang melanggar peraturan. Hampir di semua sekolah di Indonesia menerapkan peraturan ini bagi para siswa; jika rambut sudah mulai menutupi kuping, maka harus dipotong. Jika tidak mematuhi peraturan ini, maka sang guru yang akan ambil tindakan dan memotong rambut si siswa.

Potongan rambut yang diberikan sang guru biasanya asal-asalan. Hal ini bertujuan untuk menciptakan rasa malu dan membuat siswa jera. Tidak jarang kita saksikan teman-teman kita berlarian panik jika sudah melihat guru yang datang dengan gunting rambut di tangan.

3. Dikerjai Teman-Teman

Ini adalah salah satu pengalaman tidak terlupakan. Jika kita melakukan suatu kesalahan maka teman-teman kita akan beramai-ramai menertawai atau malah mengerjai kita. Hal ini, meski sifatnya hanya bercanda, terkadang bisa membuat kita menangis dan mengadu pada orang tua.

Dalam video ini tampak seorang anak yang mengantuk di tengah-tengah jam istirahat. Teman-temannyapun mulai mengerubungi dan menertawai, bahkan mengerjai si anak yang gempal itu. Ini tentu mengingatkan kita akan keusilan dan kejahilan teman kita di masa SD dulu.

4. Menghapal Pancasila

Pancasila adalah dasar negara Indonesia yang wajib diingat oleh setiap warganya. Sejak kecil, kita sudah dilatih untuk menghapal lima sila dari dasar negara ini. Biasanya, menghapal Pancasila dimulai ketika kita sedang berada di taman kanak-kanak.

Dalam video ini, seorang anak kecil sedang berusaha menghapalkan sila pertama dari Pancasila. Namun anak ini selalu salah mengucapkan kata “Ketuhanan” dengan “Kehutanan”. Namun, dengan sabar gurunya (yang bernama Pak Unggul) mengulangi terus menerus sehingga ucapan anak tersebut benar.

5. Upacara 17-an

Upacara 17-an adalah satu dari banyak hal ikonik dalam menjalani hari-hari menjadi pelajar di Indonesia. Pada tanggal 17 Agustus semua sekolah di Indonesia serentak memperingati hari kemerdekaan dengan mengadakan upacara bendera. Persiapan upacara telah dilakukan selama berbulan-bulan dengan perencanaan yang matang.

Namun, ada-ada saja yang terjadi pada upacara 17-an. Dalam video ini, tampak tali bendera yang putus ketika hendak dikibarkan, sehingga membuat anggota PASKIBRA menangis histeris. Sementara ada seorang tukang ikan yang dengan santainya lewat di tengah-tengah keheningan upacara.

Meski selalu dikelilingi dengan kesederhanaan, masa sekolah di Indonesia adalah salah satu masa terbaik yang pernah kita lewati. Di tengah-tengah keterbatasan, kita selalu mencoba menjadi orang yang lebih baik dan melewati masa belajar kita dengan ceria. Anak-anak sekolah di Indonesia pasti memiliki cerita menarik di antara masa-masa indah tersebut.

Bagaimana dengan anda? Masa-masa dan perisitiwa apa yang paling anda kenang semasa di sekolah? Semoga kenangan indah itu tetap abadi di hati kita. (HLH)

Share
Published by
Centralismo

Recent Posts

Sebulan Kenal Langsung Lamaran, Ini Fakta Pertunangan Ayu Ting Ting dan Muhammad Fardhana

Kabar mengejutkan sekaligus membahagiakan datang dari penyanyi dan pembawa acara Ayu Ting Ting. Setelah berpisah…

2 months ago

Pakai Foto Nyeleneh sampai Tak Diusung Partai, Ini Alasan Komeng Maju Nyaleg DPD Jawa Barat

Ada kejadian menghebohkan saat penyelenggaraan Pemilu 2024 yang diadakan serentak pada 14 Februari 2024 lalu.…

2 months ago

Kronologi Dante Anak Tamara Tyasmara Tewas Diduga di Tangan Pacar Ibunya

Artis Tamara Tyasmara tengah berduka setelah kepergian anak semata wayangnya bersama sang mantan suami, Angger…

2 months ago

Raja Charles III Menderita Kanker Ketika Menjalani Perawatan Masalah Prostat

Kabar tak mengenakkan datang dari keluarga Kerajaan Inggris. Baru beberapa bulan menjalani perannya sebagai Raja…

3 months ago

Diduga Terlibat Pencucian Uang Ratusan Miliar, Raffi Ahmad Beri Klarifikasi

Raffi Ahmad bukan hanya dikenal sebagai artis, tapi juga pengusaha. Kekayaan yang dimilikinya tak main-main,…

3 months ago

Curhat 10 Tahun Menikah Diselingkuhi Suami dengan Adik Ipar, Mamah Dedeh Peluk Ibu Ini

Ustazah Dedeh Rosidah, atau akrab disapa Mamah Dedeh, menjadi salah satu penceramah yang begitu disukai…

3 months ago