Lucu

Menolak Biasa Saja, Para Prajurit TNI AU Ini Gunakan Pesawat Tempur untuk Bangunkan Sahur

Selain tentang menjalankan puasa, bulan Ramadan di Indonesia juga identik dengan banyak tradisi. Salah satunya yang tidak pernah absen muncul adalah terkait membangunkan sahur. Pada umumnya kegiatan ini dilakukan sekitar jam 2 sampai 3 dinihari, dengan cara berkeliling sambil membawa benda-benda yang bisa mengeluarkan suara. Meski terkadang terlihat gaduh, namun banyak kegiatan ini malah dibalut dengan hal-hal kreatif dan unik.

Contohnya adalah Patrol Canmacanan, kegiatan membangunkan sahur di Situbondo dan Madura yang menggunakan semacam barongsai berbentuk harimau dan dilengkapi musik. Lalu ada Obrog adalah seni tradisional dengan alunan musik dan lirik yang ada di Indramayu dan Cirebon. Masih tentang kebudayaan Ramadan ini, ternyata tidak hanya rakyat sipil saja yang mempunyai cara unik membangunkan orang sahur.

Para TNI AU, juga mempunyai aksi yang tidak kalah kreatif dalam melakukan hal tersebut. Di mana para prajurit Indonesia ini menggunakan pesawat tempur untuk membangunkan orang sayur. Niat tersebut disampaikan lewat kicauan di akun Twitter TNI AU pada Selasa 7 Mei 2019. Mereka berujar kalau jika tidak ada aral melintang di runway, insyaallah akan diadakan lagi tradisi membangunkan sahur pakai pesawat tempur. Wilayah-wilayah yang bakal dilintasi adalah Airmen di Surabaya, Solo, Sragen, Klaten, Jogja, Papringa, Wirobrajan, Gejayan, Tukangan, Maguwo, Kotagede, dan sekitarnya.

Ilustrasi Jet Tempur T-16 [Sumber Gambar]
Sebagai sebuah tradisi, hal tersebut selain bertujuan menyemarakan Ramadan, juga sebagai cara mendekatkan TNI AU kepada masyarakat. Selain itu menurut laporan Okezone.com juga merupakan salah cara menguji kemampuan terbang personel disaat malam hari. Yaa, bisa dibilang merupakan pelaksanaan pepatah “sambil menyelam, minum air”. Kembali tentang aksi membangunkan sahur tersebut, pesawat yang kabarnya digunakan para TNI untuk kegiatan tersebut berjenis F-16 dan T-50.

Pesawat TNI AU [Sumber Gambar]
Sambutan warga tentang rencama tersebut juga bisa dibilang sangat baik. Hal ini dibuktikan unggahan admin Twitter TNI AU tersebut mengundang respon yang cukup banyak dari netizen. Di mana saat ini dari pengamatan penulis pasca Tweet dilepas, sudah ada lebih dari seribu likes, dan retweet yang hampir 1000 jumlahnya. Komentarnya pun kebanyakan menunggu-nunggu aksi unik tersebut.

BACA JUGA: Mengintip Menu Sahur dan Berbuka Ala 6 Artis Ini, Siapa Tahu Lebaran Bisa Secetar Mereka

Apa yang direncanakan oleh TNI AU tersebut, agaknya semakin membuktikan kalau orang Indonesia sangat kreatif-kreatif. Selain juga jadi sedikit bukti kalau para prajurit Indonesia senangtiasa untuk mendekatkan diri pada masyarakat.

Share
Published by
Galih

Recent Posts

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

14 hours ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

3 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

5 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

2 weeks ago

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago