in

Ternyata Seperti Ini Lho Tradisi Membangunkan Sahur di Masa Rasulullah

Suasana membangunkan sahur di Arab [image: source]

Meski bukan sesuatu yang wajib, Rasulullah menghimbau agar umatnya melakukan maka sahur di bulan Ramadan. Rasulullah pun memberitahukan dalam sebuah hadist yang berbunyi, “Bersahurlah, sesungguhnya dalam sahur itu penuh dengan barakah” (HR. Ahmad). Karena teramat pentingnya sahur, Rasulullah pun memerintahkan umatnya untuk tak pernah meninggalkan hal ini meski hanya dengan meminum seteguk air.

Dan ternyata sejak masa Nabi akhir zaman itu telah ada upaya membangunkan warga Muslim untuk menunaikan makan sahur. Caranya pun terbilang unik dan tidak sama seperti yang dilakukan orang-orang saat ini. Lalu, seperti apakah caranya? Simak ulasan menariknya berikut.

Azan Bilal bin Rabah Membangunkan Sahur Zaman Rasulullah

Ilustrasi makan sahur [image: source]
Pada zaman Rasulullah belum ada pengeras suara atau alat lain yang memadai untuk membangunkan makan sahur seperti saat ini. Karena itu, upaya membangunkan Muslim untuk makan sahur dilakukan dengan cara terpusat. Dan cara yang digunakan adalah penanda lewat azan. Kala itu, Rasulullah SAW meminta Bilal bin Rabah untuk berazan guna membangunkan masyarakat Muslim untuk bersantap sahur. Azan ini juga berfungsi sebagai tanda diperbolehkannya memulai sahur.

Azan Abdullah bin Ummi Maktum Penanda Usainya Waktu Sahur

Ilustrasi azan [image: source]
Jika masuknya waktu bersantap sahur ditandai oleh azan Bilal bin Rabah, maka berbeda halnya dengan tanda selesainya waktu sahur. Meski sama-sama dilakukan dengan cara azan, mengakhiri usainya waktu sahur dikumandangkan oleh Abdullah bin Ummi Maktum. Azan Abdullah ini juga manandakan telah masuknya waktu subuh. Dan perlu diketahui, di zaman itu tidak ada istilah imsak seperti yang kita temui saat ini.

Hadist Rasulullah Berkaitan dengan Waktu Sahur

Tradisi membangunkan sahur di Indonesia [image: source]
Tentang masuknya waktu sahur di bulan Ramadhan dijelaskan dalam Hadist. Kala itu Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Bilal azan pada waktu malam, maka makan dan minumlah kalian sampai terdengan azan Ibnu Ummi Maktum.” Hadist tersebut diriwayatkan oleh Bukhari. Dan saat bersahur, kebiasaan umat di masa Rasulullah adalah menyantap hidangan berupa roti, daging, ataupun kurma.

Membangunkan Sahur Ala Bangsa Arab Masa Kini

Suasana membangunkan sahur di Arab [image: source]
Jika bangsa Arab di masa lalu membangunkan umat Muslim bersahur hanya dengan azan, maka berbeda dengan cara yang dilakukan di masa kini. Ternyata, penduduk islam di sekitaran Makkah memiliki kelompok-kelompok yang bertugas membangunkan orang-orang untuk bersahur. Kelompok-kelompok ini ditugaskan untuk keliling-keliling kampung dengan membawa fanus (lentera khas Arab). Tak ketinggalan, mereka juga menabuh duf al-bafaz atau sejenis alat seperti gendang dengan berirama. Selain itu, mereka juga meneriakkan semacam yel-yel untuk memecahkan keheningan sepanjang jalan yang dilalui. Maka hal ini kurang lebih sama dengan cara membangunkan sahur yang dilakukan di tanah air.

Membangunkan sahur di masa Rasulullah hanya dengan azan, meski begitu semua orang semangat untuk menunaikan sunnah tersebut. Maka hal ini perlu kita jadikan pelajaran agar lebih bersemangat saat sahur, sebab kita beruntung di zaman sekarang penuh dengan berupa-rupa hal yang memungkinkan untuk lebih mudah bangun untuk makan sahur.

Written by Aini Boom

Leave a Reply

Menengok Betapa Mewahnya Fasilitas Para Anggota Dewan yang Bikin Rakyat Meringis Kecut

Menguak Asal Usul Khong Guan, Biskuit Legendaris yang Fenomenal dari Isi Hingga Gambar Kalengnya