Ternyata Seperti Ini Lho Tradisi Membangunkan Sahur di Masa Rasulullah

Cara membangunkan sahur zaman dulu memang sederhana, tapi hikmat

oleh Aini Boom
17:00 PM on Jun 7, 2017

Meski bukan sesuatu yang wajib, Rasulullah menghimbau agar umatnya melakukan maka sahur di bulan Ramadan. Rasulullah pun memberitahukan dalam sebuah hadist yang berbunyi, “Bersahurlah, sesungguhnya dalam sahur itu penuh dengan barakah” (HR. Ahmad). Karena teramat pentingnya sahur, Rasulullah pun memerintahkan umatnya untuk tak pernah meninggalkan hal ini meski hanya dengan meminum seteguk air.

Dan ternyata sejak masa Nabi akhir zaman itu telah ada upaya membangunkan warga Muslim untuk menunaikan makan sahur. Caranya pun terbilang unik dan tidak sama seperti yang dilakukan orang-orang saat ini. Lalu, seperti apakah caranya? Simak ulasan menariknya berikut.

Baca Juga
Inilah 4 Cara Greget BNN dalam Menghukum Para Bandar Narkoba yang Mulai Merajarela
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam

Azan Bilal bin Rabah Membangunkan Sahur Zaman Rasulullah

Ilustrasi makan sahur [image: source]
Pada zaman Rasulullah belum ada pengeras suara atau alat lain yang memadai untuk membangunkan makan sahur seperti saat ini. Karena itu, upaya membangunkan Muslim untuk makan sahur dilakukan dengan cara terpusat. Dan cara yang digunakan adalah penanda lewat azan. Kala itu, Rasulullah SAW meminta Bilal bin Rabah untuk berazan guna membangunkan masyarakat Muslim untuk bersantap sahur. Azan ini juga berfungsi sebagai tanda diperbolehkannya memulai sahur.

Azan Abdullah bin Ummi Maktum Penanda Usainya Waktu Sahur

Ilustrasi azan [image: source]
Jika masuknya waktu bersantap sahur ditandai oleh azan Bilal bin Rabah, maka berbeda halnya dengan tanda selesainya waktu sahur. Meski sama-sama dilakukan dengan cara azan, mengakhiri usainya waktu sahur dikumandangkan oleh Abdullah bin Ummi Maktum. Azan Abdullah ini juga manandakan telah masuknya waktu subuh. Dan perlu diketahui, di zaman itu tidak ada istilah imsak seperti yang kita temui saat ini.

Hadist Rasulullah Berkaitan dengan Waktu Sahur

Tradisi membangunkan sahur di Indonesia [image: source]
Tentang masuknya waktu sahur di bulan Ramadhan dijelaskan dalam Hadist. Kala itu Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Bilal azan pada waktu malam, maka makan dan minumlah kalian sampai terdengan azan Ibnu Ummi Maktum.” Hadist tersebut diriwayatkan oleh Bukhari. Dan saat bersahur, kebiasaan umat di masa Rasulullah adalah menyantap hidangan berupa roti, daging, ataupun kurma.

Membangunkan Sahur Ala Bangsa Arab Masa Kini

Suasana membangunkan sahur di Arab [image: source]
Jika bangsa Arab di masa lalu membangunkan umat Muslim bersahur hanya dengan azan, maka berbeda dengan cara yang dilakukan di masa kini. Ternyata, penduduk islam di sekitaran Makkah memiliki kelompok-kelompok yang bertugas membangunkan orang-orang untuk bersahur. Kelompok-kelompok ini ditugaskan untuk keliling-keliling kampung dengan membawa fanus (lentera khas Arab). Tak ketinggalan, mereka juga menabuh duf al-bafaz atau sejenis alat seperti gendang dengan berirama. Selain itu, mereka juga meneriakkan semacam yel-yel untuk memecahkan keheningan sepanjang jalan yang dilalui. Maka hal ini kurang lebih sama dengan cara membangunkan sahur yang dilakukan di tanah air.

Membangunkan sahur di masa Rasulullah hanya dengan azan, meski begitu semua orang semangat untuk menunaikan sunnah tersebut. Maka hal ini perlu kita jadikan pelajaran agar lebih bersemangat saat sahur, sebab kita beruntung di zaman sekarang penuh dengan berupa-rupa hal yang memungkinkan untuk lebih mudah bangun untuk makan sahur.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo
BACA JUGA