Lucu

Nostalgia, 4 Mainan Mobil-mobilan Legend Anak 90-an yang Sering Bikin Lupa Waktu

Tak bisa dipungkiri kalau zaman dulu yang namanya main di luar rumah itu senengnya bukan main. Selain belum ada yang kecanduan gadget atau console, anak 90-an juga lebih suka mainan penuh kreativitas. Bahkan tak jarang yang memanfaatkan alam sekitar, mulai dari baik bunga, batang pohon, daun dan yang lainnya untuk dibuat mainan.

Bicara soal keseruan zaman dulu, kamu pasti ingat kalau banyak mainan mobil-mobilan hasil tangan sendiri. Ya, mulai dari yang terbuat dari bambu hingga kaleng-kaleng bekas. Yang jelas selain seru banget waktu bikin, kalau digunakan bermain asyik gak karuan. Yuk bernostalgia dengan mainan-mainan jadul itu.

Mobil dari kulit jeruk yang selalu jadi idaman

Bagi kalian yang sempat merasakan masa kecil tahun 90-an, pasti sangat tidak asing dengan mainan yang satu ini. Ya, pasalnya selain gampang untuk dibuat juga asyik pula untuk dimainkan. Apalagi kalau mobil dari kulit jeruk yang selalu jadi idola anak zaman dulu.

mobil jeruk [sumber gambar]
Gak perlu repot harus keluar uang banyak atau bingung cari bahannya, tinggal cari kulit jeruk, lidi atau kayu dan tali pun mobil-mobilan sudah jadi. Tinggal kulit dipotong sesuai keinginan agar menyerupai mobil, kemudian ditusuk dengan lidi, akhirnya jadi deh. Meskipun seru, namun sayang mainan ini tak tahan lama, mau bagaimana lagi yang penting seru.

Mainan mobil dari kaleng dan botol yang tak pernah ketinggalan zaman

Nah, kalau mainan yang satu ini dijamin lebih awet ketimbang si kulit jeruk, sama-sama murah lagi. Memang kalau mobil-mobilan dari kaleng atau pun botol minuman ini sempat jadi favorit anak-anak zaman dulu. Selain bikinnya gampang, bisa tanah lama, juga jalannya pun lebih halus ketimbang si kulit jeruk.

mobil kaleng dan botol

Kalau yang kaleng biasanya diberikan sedikit kerikil supaya suaranya lebih jos, sedangkan yang botol plastik biasanya bannya diganti dengan sandal jepit agar lebih kenceng jalannya. Kelemahan dari mainan-mainan ini hanya satu, kadang saking serunya biasanya ban lepas atau rusak saat ditarik tali. Tapi gak apa-apa, soalnya bisa diperbaiki lagi.

Butuh skil lebih, mainan bambu jadi pilihan utama

Kalau mainan yang satu ini bikinnya lebih sulit ketimbang yang lain. Pasalnya bahan yang digunakan adalah bambu yang harus dipotong sedemikian rupa sehingga bisa dibentuk menjadi mobil-mobilan. Namun kalau masalah keasyikan, gak akan kalah dengan yang lainnya.

Mobil dari bambu [sumber gambar]
Biasanya bambu dipotong sepanjang  30 cm sebanyak 10 buah, kemudian disusun agar membentuk persegi. Kemudian di bagian bawahnya bisa diberi kayu atau bambu yang agak besar. Dan jangan lupa memotong beberapa sandal dengan bentuk bulat agar bisa jadi bannya. Kalau sudah jadi, siap deh meluncur di jalan kayak Tamiya Magnum dan Sonic.

Gak cuma jadi mainan biasa, tapi bisa angkut orang

Kalau yang satu ini memang wajib diakui sebagai yang paling simpel, bagaimana tidak hanya modal pelepah pisang saja. Jadi daun serta batang pisang yang masih bagus wajib dipilih. Kemudian tinggal teman atau adik deh yang suruh naik di atasnya. Nah tugas kita untuk menarik pelapah pisang ini layaknya sopir yang mengendalikan kendaraannya.

main pelepah pisang

Mau cepat mau lambat, tergantung dari tenaga yang kita miliki. Pun demikian kalo sudah merasa capek, juga bisa gantian dengan orang yang tadi ditarik. Masalahnya hanya satu, kalau kecepetan bisa-bisa yang ditarik malah jatuh gak karuan. Namun ada pula pelepah pisang yang dibentuk seperti mobil dan bisa dimainkan, seru banget deh.

Nah, itulah beberapa mainan mobil-mobilan jadul yang sempat mewarnai masa kecil kita. Mungkin sih sekarang permainan seperti ini sudah hampir tak ditemui lagi. Mau bagaimana lagi, memang bukti kemajuan zaman. Namun demikian, mobil-mobilan ini adalah bukti kreativitas anak-anak jadul.

Share
Published by
Arief

Recent Posts

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

12 hours ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

2 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

5 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

2 weeks ago

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago