Lucu

Kampung Indonesia di Inggris yang Bikin Bule Makin Cinta Tanah Air

Ada banyak faktor yang membuat tanah air kita dikenal hingga mancanegara. Selain makanan seperti rendang, nasi goreng, hingga indomie goreng, budaya Indonesia juga terkenal unik dan kaya. Contohnya saja, tarian saman yang pernah meraih rekor muri, atau gamelan dan tarian tradisional lain.

Nah, pada tahun 2018 ini, para pelajar Indonesia yang tergabung dalam Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) mempersiapkan instalasi pameran “Kampung Indonesia” yang dipamerkan dalam Cowley Road Festival 2018 di Oxford. Pameran budaya ini memang menjadi hal yang rutin terselenggara setiap tahun, karena Oxford memang kota pendidikan tertua di Inggris.

Kampung Indonesia di Oxford [Sumber gambar]
Kegiatan yang sudah dipersiapkan dan terlaksana pada awal Juli ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia. setidaknya ada ribuan pengunjung yang mendatangi stand-stand yang menjajakan makanan di sana. Dengan adanya pesta jalanan tahunan ini, secara tidak langsung mereka sudah mengenalkan tanah air kepada dunia luar.

Selain stand makanan, ada sejumlah tarian daerah yang dipentaskan, wayang, belajar bahasa Indonesia, serta alunan gamelan yang menambah riuh suasana. Ada seorang pengunjung dari Kota Reading bernama Oliver yang terkesan dan sangat menikmati irama dari suara alat musik pukul tersebut. Ia sengaja datang meskipun rumahnya berjarak 50 Km dari pusat pameran.

Berlatih main gamelan [Sumber gambar]
Seperti yang dilansir dari Liputan6.com, Wakil Duta Besar RI untuk Inggris Adam M. Tugio memberikan dukungan penuh atas partisipasi Indonesia dalam ajang pameran ini. Ia sangat bangga karena banyaknya hal unik yang bisa dipamerkan dan membuat para bule ikut jatuh cinta dengan tanah air. Ya, harapannya semoga kita terus bisa meningkatkan partisipasi dan memberi penampilan terbaik di setiap Cowley Road Festival yang akan terselenggara ke depan.

Banar memang jika Indonesia sangat kaya, mulai dari kuliner, keindahan alam, serta budaya yang melekat dalam masyarakatnya. Mengikuti ajang skala internasional di atas tidak hanya mengenalkan kita kepada dunia luar tetapi juga menjaga kearifan lokal agar mereka terus dicintai hingga tidak hilang tergerus zaman.

Share
Published by
Ayu

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

16 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago