Tips

Minum Jus Jeruk Setelah Makan Udang Bisa Sebabkan Keracunan Hingga Kematian, Mitos atau Fakta?

Bagi Sahabat Boombastis yang jadi pecinta makanan, pasti tahu dengan kabar satu ini. Adalah haramnya minum es atau jus jeruk setelah mengonsumsi udang. Menurut kabar yang berhembus, kalau dengan sengaja minum jus dari buah segar ini setelah makan udang, niscaya kematian akan datang menghampiri. Maka dari itu, banyak orang-orang yang percaya dan bahkan setiap kali setelah makan seafood apapun, pasti menghindari minum jeruk.

Padahal, konsumsi jus jeruk setelah makan seafood itu menyegarkan. Apalagi, jus jeruk dipercaya bisa membakar kalori dalam tubuh. Sehingga meskipun kita makan apapun, kalau minumnya es jeruk, sudah pasti tubuh enggak akan bertambah gemuk. Tapi, kembali lagi ke masalah tadi, apakah minum jus jeruk setelah makan udang bisa membahayakan kesehatan atau bahkan nyawa?

Kombinasi makanan dan minuman yang dianggap berbahaya [Sumber Gambar]
Berita inipun ditanggapi dr Titi Sekarindah, MS, SpGK selaku pakar gizi dari Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta. Ia menuturkan kalau ada orang yang keracunan karena mengonsumsi dua kombinasi makanan dan minuman tersebut, berarti terdapat dua kemungkinan Sahabat Boombastis. Pertama, kemungkinan udang yang dimakan sudah tidak dalam keadaan segar lagi. Atau bisa juga udang mengandung bahan berbahaya seperti arsenik misalnya. Lalu faktor kedua adalah udang dan jus jeruk yang dikonsumsi terlalu banyak. Ini biasanya terjadi pada orang yang memiliki riwayat penyakit lambung.

Udang memiliki kandungan arsenik aman [Sumber Gambar]
Lalu, pendapat lain pun juga disampaikan oleh organisasi kesehatan dunia alias World Health Organization (WHO) dan juga Dr Rita Ramayulis, DCN, M.Kes selaku Nutrisionis Persagi. Menurutnya, konsumsi udang dengan vitamin C secara bersamaan tidak akan menimbulkan keracunan arsenik dan kematian. Nah, udang memang memiliki kandungan arsenik seperti yang dikatakan orang banyak. Namun untuk udang, arsenik yang dimiliki tidak berbahaya dikarenakan kandungan tersebut alami dari tubuhnya. Bahkan, sebagian besar arsenik yang terkandung di dalam udang merupakan organik yang sifatnya stabil, dan jika terkandung anorganik pun jumlahnya kurang dari 4% atau sekitar 0.5 mg.

Oleh karena itu, Sahabat Boombastis tidak perlu takut lagi deh dengan kabar yang beredar. Jadi minum jeruk setelah makan udang itu diperbolehkan saja. Asalkan udang dalam keadaan segar dan dimasak dengan benar. Lalu, hindari juga untuk mengonsumsi udang dan jus jeruk terlalu banyak karena dikhawatirkan bisa membuat asam lambung menjadi naik.

Share
Published by
Firdha

Recent Posts

Profil Raymond Chin, Rangkul Anak Muda Bijak Finansial dan Cinta Tanah Air

Nama Raymond Chin pasti tidak asing di telinga bagi mereka yang sering scroll media sosial…

1 week ago

Kim Jong Un Eksekusi Mati Puluhan Pejabatnya karena Gagal Cegah Dampak Banjir Bandang

Sudah bukan rahasia umum lagi jika Korea Utara punya cara-cara yang berbeda dalam mengurus negaranya.…

2 weeks ago

Perempuan Ini Pura-Pura Lumpuh Selama 20 Tahun Demi Menghindari Pekerjaan Rumah

Seorang gadis dari Provinsi Hebei, China, diketahui telah berpura-pura lumpuh selama lebih dari 20 tahun.…

2 weeks ago

4 Teladan Kesederhanaan Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia, Ingatkan Perdamaian dan Kebhinnekaan

Pemimpin umat Katolik sedunia, Paus Fransiskus sudah sampai di Indonesia. Kedatangannya juga menjadi penanda dari…

2 weeks ago

Kisah Reza Nurhilman Pengusaha Maicih, Dulu Keliling Pakai Mobil Kini Punya Omzet 7 Miliar

Pilihan terjun ke dunia bisnis bukan hal yang akan diambil oleh sembarang orang. Hanya mereka…

2 weeks ago

Belum Genap 2 Bulan, Keponakan Ayu Ting Ting Meninggal Dunia Setelah Muntah dan Diare

Kabar duka datang dari keluarga besar Ayu Ting Ting atas meninggalnya keponakan penyanyi sekaligus presenter…

3 weeks ago