in

Minum Jus Jeruk Setelah Makan Udang Bisa Sebabkan Keracunan Hingga Kematian, Mitos atau Fakta?

Bagi Sahabat Boombastis yang jadi pecinta makanan, pasti tahu dengan kabar satu ini. Adalah haramnya minum es atau jus jeruk setelah mengonsumsi udang. Menurut kabar yang berhembus, kalau dengan sengaja minum jus dari buah segar ini setelah makan udang, niscaya kematian akan datang menghampiri. Maka dari itu, banyak orang-orang yang percaya dan bahkan setiap kali setelah makan seafood apapun, pasti menghindari minum jeruk.

Padahal, konsumsi jus jeruk setelah makan seafood itu menyegarkan. Apalagi, jus jeruk dipercaya bisa membakar kalori dalam tubuh. Sehingga meskipun kita makan apapun, kalau minumnya es jeruk, sudah pasti tubuh enggak akan bertambah gemuk. Tapi, kembali lagi ke masalah tadi, apakah minum jus jeruk setelah makan udang bisa membahayakan kesehatan atau bahkan nyawa?

Kombinasi makanan dan minuman yang dianggap berbahaya [Sumber Gambar]
Berita inipun ditanggapi dr Titi Sekarindah, MS, SpGK selaku pakar gizi dari Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta. Ia menuturkan kalau ada orang yang keracunan karena mengonsumsi dua kombinasi makanan dan minuman tersebut, berarti terdapat dua kemungkinan Sahabat Boombastis. Pertama, kemungkinan udang yang dimakan sudah tidak dalam keadaan segar lagi. Atau bisa juga udang mengandung bahan berbahaya seperti arsenik misalnya. Lalu faktor kedua adalah udang dan jus jeruk yang dikonsumsi terlalu banyak. Ini biasanya terjadi pada orang yang memiliki riwayat penyakit lambung.

Udang memiliki kandungan arsenik aman [Sumber Gambar]

Lalu, pendapat lain pun juga disampaikan oleh organisasi kesehatan dunia alias World Health Organization (WHO) dan juga Dr Rita Ramayulis, DCN, M.Kes selaku Nutrisionis Persagi. Menurutnya, konsumsi udang dengan vitamin C secara bersamaan tidak akan menimbulkan keracunan arsenik dan kematian. Nah, udang memang memiliki kandungan arsenik seperti yang dikatakan orang banyak. Namun untuk udang, arsenik yang dimiliki tidak berbahaya dikarenakan kandungan tersebut alami dari tubuhnya. Bahkan, sebagian besar arsenik yang terkandung di dalam udang merupakan organik yang sifatnya stabil, dan jika terkandung anorganik pun jumlahnya kurang dari 4% atau sekitar 0.5 mg.

Oleh karena itu, Sahabat Boombastis tidak perlu takut lagi deh dengan kabar yang beredar. Jadi minum jeruk setelah makan udang itu diperbolehkan saja. Asalkan udang dalam keadaan segar dan dimasak dengan benar. Lalu, hindari juga untuk mengonsumsi udang dan jus jeruk terlalu banyak karena dikhawatirkan bisa membuat asam lambung menjadi naik.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Patut Dicontoh, Beginilah Cara Arema dan Madura United Sebar Virus Perdamaian Suporter

4 Cara yang Dipercaya Bisa Menangkal Hujan, Nomor #2 Bikin Tepok Jidat!