Categories: Tips

8 Foto Kota Surabaya Tempo Dulu, Bikin Anda Masuk Dalam Lorong Waktu

Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarah bangsanya sendiri, kutipan dari presiden pertama Indonesia ini memang sangat tepat. Sejarah akan memberitahu siapa jati diri kita dan melalui sejarah pula bangsa ini bisa belajar menghargai betapa besarnya jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

Baca Juga :Kisah Cinta Soekarno dan 9 Istrinya

Indonesia memiliki sejarah yang panjang namun minim sekali dokumentasi yang dimiliki sehingga banyak memori sejarah yang terlupakan. Mirisnya lagi Belanda, negara yang pernah menjajah negeri ini selama berabad-abad malah memiliki arsip lengkap tentang Indonesia. Mereka memiliki foto-foto Indonesia tempo dulu dan salah satunya adalah foto-foto kota Surabaya. Diterbitkan oleh KITLV, sebuah media perpustakaan digital Belanda, inilah foto-foto kota Surabaya tempo dulu yang bikin kamu masuk dalam lorong waktu.

1. Kawasan Tunjungan tahun 1930-an

Masih ingat dengan lagu daerah Jawa Timur berjudul “Rek Ayo Rek”? Lagu itu menceritakan sebuah daerah di Surabaya yaitu Tunjungan. Nah bisa dibayangkan jika kawasan Tunjungan itu memang sudah terkenal sejak zaman dahulu bahkan jauh sebelum lagu ini ada. Pengen tahu buktinya, lihat foto Tanjungan di bawah ini.

Foto by KITLV via Facebook

Kawasan di sepanjang jalan Tunjungan memang terkenal sebagai salah satu pusat keramaian di Surabaya. Di salah satu sisinya terdapat Tunjungan Plaza yang menjadi landmark belanja kota pahlawan ini. Foto yang ditempilkan tersebut diambil tahun 1930-an, bahkan pada saat itu kawasan ini sudah sangat ramai. Foto tersebut diambil di pertigaan antara Jalan Tunjungan dengan Jalan Embong Malang.

2. Oranje Hotel Tahun 1920

Mungkin banyak yang bertanya-tanya di mana letak dari Oranje Hotel ini. Sebab jika googling di internet dengan kata kunci Oranje Hotel yang keluar malah Hotel Majapahit. Itu tidak salah, sebab hotel mewah yang ada di Jalan Tunjungan ini memang memiliki sejarah panjang dengan juga berkali-kali ganti nama mulai dari LMS, Oranje Hotel, Hotel Yamato dan juga Hotel Hoteru hingga akhirnya Hotel Majapahit seperti sekarang.

Foto by KITLV via Facebook

Oranje Hotel ini terkenal dengan kisahnya dimana saat hotel ini bernama Hotel Yamato terjadi insiden perobekan warna biru bendera Belanda di hotel tersebut oleh para pejuang Indonesia. Oranje Hotel dibangun tahun 1910 dan direnovasi tahun 1936. Pembukaan hotel dengan tampilan baru setelah renovasi turut dihadiri oleh bintang Hollywood Charlie Chaplin dan Paulette Goddard. Dalam foto tersebut nampak Oranje Hotel yang diambil tahun 1920.

3. PENTIL KECAKOT (Penjaga Tilpun Kecamatan Kota)

Hari ini jika ingin telepon keluarga atau kerabat tinggal cari di kontaknya di memori hape dan langsung melakukan panggilan. Begitu mudahnya akses telekomunikasi saat ini, bayangkan jika Anda hidup di tahun 1900-an, untuk telepon saja Anda haru melalui operator dulu sebelum disambungkan ke nomor tujuan. Seperti foto di bawah ini contohnya.

Foto by KITLV via Facebook

Foto tersebut di ambil di Surabaya tahun 1918. Sekedar informasi dahulu saat telepon baru masuk Surabaya, orang yang menggunakan telepon harus melewati operator dulu baru kemudian disambungkan dengan nomor yang dituju. Untuk mengakomodir hal tersebut maka diperlukan operator telepon yang berjaga. Orang-orang dalam foto tersebut adalah operator telepon yang memiliki sebutan cukup menggelitik yaitu PENTIL KECAKOT singkatan dari Penjaga Tilpun Kecamatan Kota.

4. Jembatan Merah Tahun 1920-an

Siapa yang tak kenal dengan salah satu monumen bersejarah kota Surabaya ini. Adalah Jembatan Merah yang sudah ada sejak zaman VOC hingga kini bentuknya tetap terjaga seperti dahulu hanya ada sedikit perubahan pada pagar pembatasnya saja. Jembatan Merah ini juga sempat dijadikan judul lagu oleh seorang musisi terkenal Gesang. Zaman dahulu keberadaan jembatan ini dianggap sangat penting sebagai sarana menuju Gedung Karesidenan Surabaya melewati Kalimas.

Foto by KITLV via Facebook

Foto yang ditampilakan tersebut menggambarkan suasana di Jembatan Merah Surabaya sekitar tahun 1920-an. Dalam foto tersebut nampak pula tulisan yang menunjukkan letak gedung Algemeene atau sekarang terkenal dengan nama Gedung Singa yang ada di jalan Kalimas. Kalimas sendiri merupakan sebuah sungaipecahan dari Sungai Brantas yang mengalir ke arah timur laut dan bermuara di Surabaya. Dahulu sungai ini menjadi pusat niaga yang sangat ramai.

5. Pegirian Surabaya Tahun 1920

Kali Pegirian berada di Kelurahan Pegirian, Kecamatan Semampir. Ini merupakan sungai vital di Surabaya yang pertama sebelu kanal Kalimas dibuka. Kali Pegirian adalah salah satu anak sungai Kalimas yang membelah kota Surabaya dari utara ke selatan. Di sungai ini dulunya terdapat pelabuhan kuno Surabaya sekaligus menjadi perlintasan perahu dagang dari dan menuju pedalaman Jawa Timur.

Foto by KITLV via Facebook

Melihat kondisi Kali Pegirian saat ini sungguh bertolak belakang dengan kondisinya zaman dahulu. Dalam foto tersebut yang diambil tahun 1920 nampak sungai masih terawat dengan baik bahkan air sungainya dapat digunakan untuk mandi karena masih jernih dan belum tercemar. Buktinya dalam foto tersebut terdapat undak-undakan yaang digunakan untuk mencuci baju dan segala aktivitas warga lainnya.

6. Pemandangan Alun-alun Contong Tahun 1928

Saat mendengar nama alun-alun Contong tak banyak orang yang tahu bahkan orang Surabaya sekalipun belum tentu tahu di mana letak daerah ini. Pasalnya nama Contong sudah sejak lama tidak digunakan lagi kini alun-alun ini dikenal dengan sebutan Baliwerti. Letaknya berada di dekat pertemuan antara Jalan Pahlawan dan Jalan Kramat Gantung, tak jauh dari Tugu Pahlawan.

Foto by KITLV via Facebook

Nama Contong diambil dari betuk alun-alun ini yang berbentuk kerucut. Tempat ini juga menjadi salah satu saksi bisu hebatnya peperangan pada masa revolusi kemerdekaan tahun 1945. Foto yang ditampilkan tersebut diambil tahun 1928 ketika keadaannya masih bagus dan belum rusak. Tugu putih yang ada di tengah alun-alun tersebut dibangun untuk mengenang seorang warga negara Jerman yang berjasa kepada Belanda.

7. Pintu Air Gubeng Tempo Dulu

Di sepanjang aliran Kalimas terdapat tiga pintu air yang salah satunya adalah pintu air Gubeng. Seperti diketahui Kalimas merupakan akses menuju daerah di Jawa Timur pedalaman pada zaman dahulu. Namun demikian saat musim hujan Kalimas sering meluber dan membanjiri kota Surabaya sehingga pemerintah Belanda memutuskan untuk membangun pintu air untuk menjinakkan arus Kalimas, salah satunya dibangunlah pintu air Gubeng ini.

Foto by KITLV via Facebook

Pintu Air Gubeng merupakan sytem canggih dari pengaturan lalu lintas air jaman dahulu. Namun sayang eksistensi pintu air ini tidak bertahan lama, sekarang sudah pada rusak karena kurang perawatan dan kepedulian pemerintah. Bayangkan saja jika ini terawat dengan baik pasti akan sangat keren untuk dijadikan tempat wisata air.

8. Gedung Siola Tempo Dulu

Anda tidak akan mengira jika Gedung Siola yang megah saat ini pernah hancur lebur seperti yang nampak dalam foto di bawah ini. Gedung Siola atau dahulu bernama White Laidlaw merupakan sebuah gedung bersejarah di Surabaya. Kini gedung megah yang ada di kawasan Tunjungan ini berubah menjadi pusat perbelanjaan di Surabaya.

Foto by KITLV via Facebook

Gedung Siola memiliki cerita sejarah yang sarat akan kisah heroik para pahlawan kemerdekaan. Pada saat itu gedung ini pernah digunakan sebagai salah satu pos perlawanan terhadap Sekutu yang datang dari utara. Pertempuran tersebut sangat sengit hingga membumi hanguskan gedung ini. Dalam foto nampak gedung Siola terbakar akibat bom yang dijatuhkan tentara Sekutu.

Itulah beberapa foto kota Surabaya tempo dulu yang akan membuatmu terseret mesin waktu menjelajahi kehidupan kota Surabaya zaman dahulu. Jadi saksi bisu perjuangan hingga jadi modern seperti sekarang.

Share
Published by
Alfry

Recent Posts

Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi, Ribuan Warga Telah Diungsikan

Salah satu gunung berapi di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, baru saja meletus. Mengeluarkan…

3 months ago

Kiky Saputri Umumkan Kehamilan Anak Pertamanya Saat Sedang Liburan di London

Kebahagiaan sedang menyelimuti Kiky Saputri dan suaminya, Muhammad Khairi atau yang akrab disapa Poy. Menikah…

3 months ago

Ibunda Maxime Bouttier Meninggal di Rumah Luna Maya, Sang Kekasih Selalu Mendampingi

Kabar duka tengah menyelimuti aktor Maxime Bouttier. Ibunda tercintanya telah pergi untuk selama-lamanya. Setelah melawan…

3 months ago

Nahas! Gedung Karaoke New Orange di Tegal Kebakaran, 6 Pemandu Lagu Meninggal

Kejadian nahas terjadi di salah satu tempat karaoke di Tegal. Ialah New Orange di Jalan…

3 months ago

Bos Gembong Narkoba Kabur dari Penjara Sebabkan Kekacauan Terjadi di Ekuador AS

Kekacauan terjadi di Ekuador, Amerika Serikat beberapa waktu belakangan. Pembajakan stasiun TV, penyanderaan, sampai penjarahan…

3 months ago

Seorang Warga Sidoarjo Diminta Bayar 11 Juta untuk Pindah Tiang Listrik di Lahannya

Belakangan, ramai mengenai seorang warga diminta membayar sejumlah biaya yang jumlahnya cukup besar untuk memindahkan…

3 months ago