Categories: Lucu

Sudut-Sudut Mistis di Ancol yang Bikin Bulu Kuduk Merinding

Taman Impian Jaya Ancol sudah sangat terkenal sebagai tempat wisata yang seru untuk menghabiskan waktu liburan di Jakarta. Banyaknya wahana bermain menjadi salah satu faktor pendukung dijadikannya Ancol sebagai tujuan favorit liburan para turis lokal maupun mancanegara. Beberapa wahana terkenal di taman yang dibangun pada tahun 1966 ini antara lain pantai, taman, dunia fantasi hingga gelanggang samudra.

Baca Juga :Ingin Tahu Tanda-Tanda Rumah Berhantu? Kenali 5 Hal Ganjil Ini!

Namun tahukah Anda jika dibalik kemegahan bangunan Ancol dan kemeriahan para pengunjung yang datang terselip cerita misteri yang membuat bulu kuduk merinding? Konon beberapa tempat yang ada di Ancol memiliki kisah mistis. Bahkan banyak warga DKI yang percaya akan cerita-cerita mistis yang beredar di sana. Berikut sudut-sudut mistis yang ada di Ancol.

1. Pasar Seni – Rumah Si Manis Jembatan Ancol

Masih ingat dengan film horor Si Manis Jembatan Ancol yang sempat booming di tahun 90 an? Siapa sangka jika ide cerita itu terinspirasi dari cerita mistis di kawasan Pasar Seni Ancol ini, makanya nama figur hantu cantik itu bernama Si Manis Jembatan Ancol. Suasana mistis sudah nampak di luar pasar, dimana pasar-pasar lazimnya ramai dengan pengunjung yang berbelanja namun di pasar Seni ini tidak nampak keramaian pengunjung.

Pasar Seni Ancol (c) 1.bp.blogspot.com

Pasar terkesan sangat sepi, usut punya usut sepinya suasana pasar mulai terjadi pada tahun 2006. Hal ini disebabkan oleh sebuah kejadian yang terjadi pada tahun itu dimana ada seorang kakek yang berprofesi sebagai pelukis tiba-tiba menghilang setelah melukis wajah gadis cantik dengan sebutan Si Manis Jembata Ancol. Hingga kini keberadaan si kakek tidak pernah diketahui seolah-olah hilang ditelan bumi.

Selanjutnya : 2. Wahana Arung Jeram – Konon Ada Kepala Kerbau Ditanam Tiap Tahun

2. Wahana Arung Jeram – Konon Ada Kepala Kerbau Ditanam Tiap Tahun

Wahana Arung Jeram yang ada di Ancol ini memang dapat dimanfaatkan sebagai sarana latihan ataupun simulasi berarung jeram sebelum merasakan sensasi yang sesungguhnya di sungai yang asli. Wahana ini menawarkan sensasi yang sama dengan olahraga arung jeram sungguhan. Untuk dapat menikmati wahana ini para pengunjung musti melewati alat ukur tinggi badan, karena demi keamanan para pengunjung yang tidak memenuhi syarat tinggi badan minimal tidak diizinkan menikmati wahana ini.

Wahana Arung Jeram (c) ancol.com

Hal yang mungkin jarang orang ketahui adalah bahwa wahana arung jeram di Dufan merupakan salah satu tempat yang angker di kawasan wisata itu. Disamping wahana arung jeram terdapat sebuah danau kecil yang konon dijadikan tempat menanam kepala kerbau tiap tahunnya. Ritual ini dilakukan bukan tanpa alasan, beberapa tahun silam terjadi tragedi dua pengunjung tenggelam dan jasadnya tidak ditemukan padahal kolam sudah dikuras. Sejak saat itulah dilakukan ritual penanaman kepala kerbau agar kejadian serupa tidak terulang.

Selanjutnya : 3. Kuburan Belanda – Banyak Penampakan Monyet Liar

3. Kuburan Belanda – Banyak Penampakan Monyet Liar

Sudah barang tentu jika sebuah kuburan pasti menyimpan kisah mistis yang menyeramkan. Sebuah kuburan Belanda Ereveld yang berada di sisi barat Ancol dan berdampingan dengan pantai Karnaval adalah salah satunya. Menurut cerita penjaga pantai Karnaval, sering terlihat penampakan monyet yang berkeliaran di sekitar kuburan.

Kuburan Belanda Ancol (c) purehazel.files.wordpress.com

Karena seringnya kejadian ini berlangsung maka setiap motor dan mobil yang melewati jalan di sekitar kuburan itu pada saat malam hingga menjelang subuh tidak pernah pelan, mereka selalu tancap gas ketika melintasi jalan tersebut. Meski sangat menyeramkan di malam hari namun sebenarnya pemandangan di kuburan saat siang hari tidak begitu menakutkan karena kuburan-kuburan itu berjajar rapi dengan batu nisan putih bersih.

Selanjutnya : 4. Ecopark – Ada Sesosok Wanita yang Suka Menjerit

4. Ecopark – Ada Sesosok Wanita yang Suka Menjerit

Ecopark menjadi salah satu sudut mistis di Ancol berikutnya. Dahulu tempat ini merupakan lapangan golf dan di tempat ini pula sering terdengar sosok wanita yang menjerit. Para pengunjung juga mengatakan jika mereka sering mengalami kejadian aneh di taman ini bahkan hampir semua pengunjung dapat merasakan suasana ganjil di tempat ini.

Ecopark Ancol (c) jakartacitylife.com

Kini pengunjung tempat ini dapat bernafas sedikit lega, setelah pihak pengelola mengubah nama lapangan golf menjadi Ecopark, suara-suara jeritan berangsur-angsur mulai hilang dan jarang sekali didengar. Dengan begitu para pengunjung dapat mendatangi tempat ini dengan perasaan aman.

Selanjutnya : 5. Pantai Marina – Bekas Kuburan Belanda yang Angker

5. Pantai Marina – Bekas Kuburan Belanda yang Angker

Pantai Marina termasuk di dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol yang menjadi pusat dermaga wisata bahari menuju Pulau Seribu. Selayaknya sebuah pantai, Marina memiliki pasir putih yang bersih yang menjadi tempat asik untuk bermain pasir. Namun dibalik indahnya pemandangan pantai ini ternyata tak luput dari kisah mistisnya.

Pantai Marina (c) jakarta.panduanwisata.com

Ada suatu kisah yang menjadikan pantai Marina begitu angker yaitu bukan pantainya yang sering meminta korban namun letak mistisnya berada pada bangunan hotel yang berjajar di pinggir pantai tersebut. Konon hotel-hotel yang di bangun di kawasan pantai Marina dahulunya adalah empang dan kuburan Belanda.

Baca Juga :6 Rumah Bawah Tanah Yang Menakjubkan

Bagi orang awam pasti memilih untuk menghindari sudut-sudut Ancol yang menyimpan cerita misteri. Namun untuk para komunitas pecinta wisata mistis, lokasi-lokasi seperti inilah yang dijadikan tujuan utama wisata mereka. Namun apapun cerita yang beredar, sebagai pengunjung tempat wisata sebaiknya kita menyikapinya dengan bijak dengan tidak memakan mentah-mentah setiap info yang ada namun juga tidak sembrono ketika berada di tempat yang terindikasi angker.

 

Share
Published by
Alfry

Recent Posts

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago