Categories: Tips

5 Senjata Gila yang Dipakai Para Prajurit Eropa di Abad Pertengahan

Sebuah riwayat mengatakan jika nanti pada akhir zaman akan ada perang pemungkasan atau istilah kerennya Armageddon. Perang ini diperkirakan akan diikuti oleh seluruh umat manusia dan pemenangnya akan jadi penguasa Bumi. Nah, uniknya tidak ada persenjataan berat yang akan digunakan. Senapan-senapan, bom-bom nuklir, dan sebagainya akan disimpan rapi.

Penyebabnya sendiri, menjelang kiamat nanti Bumi akan mengeluarkan semacam radiasi magnet yang membuat deretan peralatan perang canggih tidak dipakai. Alhasil, perang akhir zaman tersebut akan kembali menggunakan metode tradisional. Yakni memakai pedang dan juga kuda. Apakah hal-hal ini akan benar-benar terjadi? Ya, kita tunggu saja walaupun sebenarnya tentu kita semua tidak berharap perang apa pun akan terjadi.

Baca Juga: Senjata Canggih Paling Mematikan di Masa Depan

Nah, hal unik tersebut juga seakan kembali mengingatkan akan peperangan di abad pertengahan dulu. Zaman dimana perang masih sangat tradisional dengan menggunakan peralatan seadanya yang dikemas sedemikian rupa. Nah, senjata apa saja sih yang dulu dikenal mematikan dan sukses membunuh banyak musuh? Berikut ulasannya.

1. War Hammer, Palu Perang yang Mampu Berikan Kerusakan Besar

Kalau dilihat dari tampilannya, War Hammer memang terlihat biasa dan tak ubahnya seperti palu pada umumnya. Namun ketika dilihat detailnya, War Hammer punya karakteristik yang unik terutama di bagian handle dan juga mata palunya. Senjata ini sebenarnya bukan prioritas saat perang dan hanya dijadikan cadangan saja saat pedang terlucuti.

Meskipun bentuknya begitu sederhana, War Hammer adalah salah satu senjata yang paling ditakuti di abad pertengahan [Image Source]
Meskipun hanya sebagai senjata cadangan, namun War Hammer bisa digunakan juga bersamaan dengan pedang. Bahkan kadang lebih sering melukai gara-gara senjata ini tidak pernah bisa diantisipasi dengan baik. Soal tingkat kerusakan, senjata ini juga terkenal gara-gara sering memberikan dampak besar bagi musuh. Bahkan pasukan yang dilengkapi dengan baju zirah juga sangat berhati-hati dengan benda satu ini.

2. Boiling Oil, Senjata Pembunuh Efisien Jarak Dekat

Dulu di abad pertengahan, peperangan sering dilakukan di kastil-kastil. Nah, di tempat seperti ini ada satu senjata yang paling mematikan selain ketapel batu atau panah. Yup, boiling oil atau si minyak mendidih. Seperti namanya, minyak mendidih ini memang berisi minyak panas luar biasa dengan cara penggunaannya dilempar ke arah musuh.

Senjata ini bisa dibuat kapan pun dalam waktu cepat, namun dampaknya luar biasa besar [Image Source]
Namanya juga minyak panas, maka ketika terkena cairan ini korban biasanya akan langsung mati atau kalau tidak mereka akan terluka serius. Boiling oil ini umum digunakan dengan cara melemparkannya dari sebuah wadah yang diletakkan di tembok-tembok kastil yang tinggi. Kadang tak cuma minyak panas, boiling sand atau water juga sama efektifnya.

3. Arbalest, Modifikasi Panah yang Jauh Lebih Mematikan

Arbalest mirip Crossbow namun dengan ukuran yang agak lebih besar dengan busur yang lebih panjang lagi. Dikatakan dalam sejarah, Arbalest bisa menembakkan panah hingga jarak 500 meter dengan akurasi yang presisi. Berbeda dengan panah, Arbalest bisa sekalian menembakkan dua atau tiga anak panah sekaligus.

Butuh bertahun-tahun bagi seorang prajurit untuk mahir menggunakan senjata ini [Image Source]
Uniknya, senjata ini tak serta merta bisa digunakan oleh siapa pun khususnya pemanah biasa. Arbalest bukan seperti panah yang bisa dipelajari satu atau dua malam. Ya, para prajurit yang dipercayai untuk memakai senjata ini harus mempelajari Arbalest setidaknya selama bertahun-tahun. Nah, kalau sudah benar-benar mahir mereka pun akan mendapatkan kehormatan sebagai Arbalester alias si pengendali Arbales.

 4. Mace, Senjata Unik yang Bisa Menghancurkan Besi dan Baja

Mace sebenarnya banyak sekali variannya, namun senjata ini dikenal dengan bentuk bulat dan bergeriginya. Mace biasanya digunakan dengan rantai atau bisa disambungkan dengan pegangan dari kayu. Meskipun bentuknya cukup aneh untuk disebut senjata, namun Mace memberikan dampak kerusakan yang luar biasa.

Tinggal diayunkan maka musuh pun kocar kacir dibuatnya [Image Source]
Dilihat dari desainnya baik yang menggunakan rantai atau pegangan kayu, cara menggunakan Mace adalah dengan dihantamkan. Nah, khusus untuk Mace yang bentuknya bulat bergerigi, senjata ini tidak perlu diayunkan kuat-kuat karena dengan tenaga biasa saja sudah cukup untuk menembus baju zirah atau helm besi. Mace juga tak hanya digunakan para prajurit yang berjalan kaki, para penunggang kuda juga kerap memakainya dan menjadikan senjata ini lebih mematikan lagi.

5. Halberd, Kapak Mematikan yang Jadi Mimpi Buruk Para Penunggang Kuda

Hallberd berbentuk seperti kapak, namun bedanya dari versi biasa ia menggunakan pegangan kayu yang panjang serta mata kapak yang tajam tak hanya di bagian depan tapi juga atas. Senjata ini tergolong berat namun memberikan dampak yang luar biasa. Dengan Halbert si pemegangnya tak perlu mengayunkan kapaknya ini berkali-kali seperti pedang. Pasalnya sekali tebas saja sudah lebih dari cukup.

Ada banyak senjata untuk menghadapi para penunggang kuda, tapi Halberd lah yang terbaik [Image Source]
Senjata berat ini tak hanya ditakuti oleh prajurit biasa saja, tapi juga para penunggang kuda. Dalam sejarahnya, sudah tidak terhitung berapa kali Halberd menumbangkan para penunggang kuda. Senjata ini sendiri masih ada sampai sekarang di beberapa tempat. Tentu saja bukan untuk perang tapi, hanya pelengkap upacara seremonial saja.

Baca Juga: Awas, Orang-Orang Ini Punya Teknik Bela Diri Mematikan

Nah, jika dihubungkan dengan riwayat di bagian pembuka tadi, maka kemungkinan besar senjata-senjata di atas bakal dipergunakan lagi. Jika demikian, maka perang yang terjadi akan benar-benar adil pasalnya antara satu dan lainnya tidak ada perbedaan level persenjataan. Perang akhir zaman sendiri sering dibicarakan banyak orang dan kemungkinan terjadi memang ada. Pemicunya sendiri cukup banyak, salah satunya adalah konflik agama serta kepentingan politis lain.

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

3 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

1 day ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

3 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

5 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago