Unik Aneh

Buang Bantuan sampai Kabur, Perilaku Pengungsi Rohingya yang Membuat Warga Indonesia Geram

Rohingya merupakan kelompok etnis minoritas muslim yang ada di Myanmar. Sayangnya, di negaranya sendiri mereka tak diakui pemerintah secara resmi. Mereka tak mendapatkan akses untuk layanan yang seharusnya mereka dapat. Seperti kesehatan, pendidikan, hingga kesempatan kerja.

Satu juta warga Rohingya mengungsi ke Bangladesh hingga Indonesia. Di Indonesia, mereka masuk melalui Aceh. Warga Indonesia menerima kedatangan mereka karena kemausiaan. Namun, setelah mendapatkan tempat pengungsian di Indonesia, mereka justru menunjukkan dan melakukan hal yang membuat warga Indonesia geram.

Kabur dari Pengungsian

Eks Kantor Imigrasi Lhokseumawe, Kecamatan Blang Mangat, menjadi salah satu kamp pengungsian etnis Rohingya. Namun, puluhan dari mereka kabur. Polisi pun melakukan penyelidikan dan berhasil mencegah kaburnya beberapa warga Rohingya. Pada malam hari pukul 23:00 WIB, mereka melompat pagar di belakang pengungsian dan melewati persawahan.

Pengungsi Rohingya mendarat di Aceh [Sumber Gambar]
Ada 3 orang warga Kota Lhokseumawe yang juga ditahan karena diduga membantu kelancaran proses kabur. Mereka berperan dalam menjemput para pengungsi dengan menerima upah Rp300.000 per warga Rohingya yang kabur. Nantinya, mereka akan dibawa ke belakang GOR Unimal Desa Uteunkot dan diberangkatkan ke Sumatra Utara dengan Bus PMTOH.

Membuang Bantuan Sembako

Warga Jangka kehadiran para pengungsi Rohingya dengan menggunakan kapal yang akan berlabuh di Pantai Kuala Pawon. Namun, warga menolak kehadiran pengungsi. Mereka diperbolehkan mendarat, namun diminta untuk langsung dibawa ke luar Jangka. Meski menolak menampung warga Rohingya, warga Jangka masih mengedepankan kemanusiaan.

Para pengungsi Rohingya [Sumber Gambar]
Warga Jangka memberikan bantuan berupa sembako dan mie instan. Mereka mengantarkan bantuan tersebut menggunakan perahu ke kapal para pengungsi. Namun, sesampainya di kapal, bantuan justru dibuang ke laut. Warga Jangka pun mengambil bantuan yang telah basah itu. Mereka tetap bersikukuh menolak pengungsi Rohingya.

Membuang Nasi Bungkus

Warga Kota Sabang juga menolak kehadiran para pengungsi Rohingya yang datang dari pantai Kota Sabang. Para pengungsi pun mendirikan tenda untuk berteduh dan tinggal sementara di tepi pantai. Meski menolak, warga Sabang tetap memberikan bantuan makanan karena kemanusiaan.

Warga Rohingya mendirikan tenda di tepi pantai [Sumber Gambar]
Sayangnya, sama seperti kasus bantuan sembako, bantuan makanan pun dibuang. Kejadian ini terekam salah satu warga Kota Sabang yang berada di pengungsian di tepi pantai tersebut. Videonya pun tersebar di media sosial. Dalam video tersebut, terlihat bungkusan nasi yang masih utuh dengan lauknya dibuang di antara dedaunan kering. Bukan hanya warga Sabang, netizen pun geram dibuatnya.

BACA JUGA: Mirip Rohingya, Inilah 4 Suku Etnis Indonesia yang Belum Memiliki Kewarganegaraan

Mengungsi untuk mendapatkan perlindungan, namun beberapa kelakuan warga Rohingya justru membuat geram warga Indonesia. Padahal, meski ada penolakan, warga Indonesia tetap memberikan bantuan demi kemanusiaan.

Share
Published by
H

Recent Posts

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

2 weeks ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

2 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

2 weeks ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

3 weeks ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

3 weeks ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

4 weeks ago