Categories: Trending

Inilah 5 Pejuang Revolusi Terhebat yang Mampu Mengubah Dunia dengan Tangannya

Keadaan suatu masyarakat tidak akan berubah tanpa adanya revolusi. Dengan revolusi yang berapi-api dan menggebrak semua aturan yang mengikat, hak hidup semua orang akan terpenuhi. Penindasan demi penindasan yang membuat warga menderita akan lenyap dan berganti menjadi pemerintahan baru yang jauh lebih adil dan bijaksana.

Dalam sejarah dunia, kita mengenal banyak sekali nama yang berjuang mati-matian tanpa kenal lelah untuk negerinya. Mereka melakukan apa saja termasuk mempertaruhkan jiwa dan juga raga agar revolusi yang dilakukan bisa berjalan dengan lancar. Berikut lima pejuang revolusi yang mampu mengubah dunia dengan tangannya.

1. Mahatma Gandhi

Tidak bisa diragukan lagi kalau Mahatma Gandhi adalah salah satu pejuang revolusi paling berpengaruh di dunia. Dia berjuang dengan sekuat tenaga selama bertahun-tahun agar India bisa lepas dari genggaman Inggris yang telah berpuluh-puluh tahun membuat koloni di India hingga penduduk tidak memiliki banyak kebebasan untuk berkembang.

Mahatma Gandhi [image source]
Apa yang dilakukan oleh Mahatma Gandhi menginspirasi banyak tokoh dunia agar bisa lepas dari penjajahan. Mahatma Gandhi adalah simbol perlawanan kepada penjajah yang dikagumi meski akhirnya akhirnya dia meninggal dunia karena dibunuh.

2. Soekarno

Kita tidak boleh melupakan perjuangan Soekarno dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Presiden pertama kita itu memberikan segalanya untuk negeri ini dan membuat sebuah revolusi besar agar bebas dari genggaman Belanda yang melakukan kolonialiasi selama lebih dari 3,5 abad lamanya.

Soekarno [image source]
Melalui tangan Soekarno, Indonesia bisa bangkit dan akhirnya menjadi sebuah negara yang berdaulat. Melalui ide-ide brilian dari Soekarno pula muncul organisasi besar dunia seperti gerakan non blok yang sangat dihormati. Soekarno adalah pejuang revolusi yang namanya sudah layak disejajarkan dengan Mahatma Gandhi hingga Nelson Mandela.

3. Nelson Mandela

Perjuangan revolusi tak hanya dilakukan di kawasan Asia dan Amerika saja. Negara-negara di Afrika khususnya Afrika Selatan juga melakukannya. Salah satu tokoh yang sangat terkenal dalam gerakan ini adalah Nelson Mandela. Dia memperjuangkan hak masyarakat kulit hitam agar lebih diperlakukan adil dan praktik apartheid bisa dihapuskan dari Afrika Selatan.

Nelson Mandela [image source]
Perjuangan yang dilakukan oleh Nelson Mandela tentu saja tidak mudah. Dia berkali-kali mendapatkan tentangan dari pemerintah. Bahkan, dia sempat dipenjara karena aksinya yang dianggap sangat mengganggu pemerintahan. Akhirnya, perjuangan hebat dari Nelson Amndela tercapai hingga dia menjadi presiden dari Afrika Selatan.

4. Emilio Aguinaldo

Nama Emilio Agunaldo barangkali masih sangat asing di telinga kita semua. Namun, dia adalah salah satu pejuang hebat revolusi yang membuat Filipina jadi merdeka. Tak ubahnya seperti Soekarno, Emilio juga berjuang mati-matian agar negerinya bisa bebas dari belenggu penjajahan tentara Spanyol.

Emilio Aguinaldo [image source]
Selain berjuang untuk pembebasan Filipina dari Spanyol. Emilio yang juga dikenal sebagai presiden pertama Filipina ini juga melawan perang antara Filipina dan Amerika berpuluh tahun yang lalu. Emilio berjuang dengan sekuat tenaga hingga akhirnya meninggal dunia pada tahun 1964 pada usia 95 tahun.

5. Fidel Castro

Tidak bisa dimungkiri lagi kalau Fidel Castro adalah salah satu tokoh paling berpengaruh dalam hal revolusi. Bahkan, perjuangan yang dilakukan oleh Fidel Castro membuat banyak negara di Amerika Latin, Asia, dan Afrika melakukan teknik yang sama untuk membuat revolusi mereka berhasil dengan sempurna.

Fidel castro [image source]
Fidel Castro mampu mampau menyatukan semua kekuatan masyarakat. Dia membangun sebuah tatanan masyarakat yang kompleks hingga mampu menggulingkan dinasti yang sedang berkuasa di Cuba kala itu.

BACA JUGA: Mengenal 4 Fakta Menakjubkan Dari Satelit Militer Pengintai Indonesia Yang Siap Mengudara

Inilah lima pejuang revolusi terhebat yang mampu mengubah dunia degan tangannya. Tanpa pejuang ini, dunia mungkin masih dipenuhi ketertindasan hingga ketentraman yang sangat didambakan tidak akan pernah terjadi.

Share
Published by
Adi Nugroho

Recent Posts

Sempat Dihentikan Polisi, Kiki Amalia Melahirkan di Usia 42 Tahun dengan Pengalaman Unik

Ada kabar baik dan membahagiakan dari aktris Andi Kiki Rizky Amalia, atau akrab disapa Kiki…

2 months ago

Rumah Dinas Menteri di Ibu Kota Negara Nusantara Disorot karena Mewah dan Megah

Perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten…

2 months ago

Santri di Ponpes Kediri Meninggal Secara Tragis, Dianiaya 4 Seniornya

Berniat ingin menimba ilmu di kota orang, tapi justru nasib nahas menimpa seorang santri di…

2 months ago

Harga Beras Melambung Tinggi, Berdampak ke Ekonomi hingga Sosial di Masyarakat

Masyarakat Indonesia sedang dihebohkan dengan kenaikan harga beras yang tengah terjadi. Melambungnya harga beras jadi…

2 months ago

Kasus Perundungan di Binus School Serpong, Seret Anak Vincent Rompies

Kasus perundungan beberapa kali mencuat ke publik setelah video viral yang beredar di dunia maya.…

2 months ago

Keguguran Calon Anak Kedua, Nikita Willy Ungkapkan Rasa Bersalah dan Hancur

Menikah dengan pengusaha muda, Indra Priawan Djokosoetono, pada tahun 2020 lalu, aktris cantik Nikita Willy,…

2 months ago