Mengenal 4 Fakta Menakjubkan dari Satelit Militer Pengintai Indonesia yang Siap Mengudara

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Jul 1, 2016

Di era modern seperti sekarang, memiliki pasukan yang banyak dan alat tempur canggih belumlah cukup untuk menjaga wilayah suatu negara. Satuan militer dari suatu negara juga harus memiliki sebuah satelit militer yang digunakan untuk peninjauan, pengamatan medan, dan komponen lain yang digunakan untuk pengambil keputusan dalam bidang militer.

Sebagai negara kepulauan yang sangat luas, Indonesia sudah seharusnya memiliki satelit militer yang melengkapi komponen pertahanan. Dengan memiliki satelit ini, Indonesia akan mampu bersaing di kancah internasional dan tidak dianggap lagi sebagai negara “cupu” dalam hal kemiliteran.

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

Baca Juga :5 Fakta Kekuatan Militer Tiongkok Ini Harus Diwaspadai Indonesia

Untuk mewujudkan hal ini, TNI mulai mencanangkan rencana untuk menerbangkan satelit militer. Dari informasi yang beredar, satelit ini akan mengorbit di tahun 2019. Berikut fakta-fakta menakjubkan dari satelit militer milik Indonesia.

1. Dibuat Untuk Mengimbangi Militer Negara Tetangga

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, Indonesia memiliki lokasi yang luas, pun kontur wilayahnya juga beraneka ragam. Untuk mampu memantau semua lokasi ini TNI butuh dukungan satelit yang memang ditujukan untuk keperluan militer. Dalam beberapa tahun ke belakang, TNI menggunakan transponder dari Satelit Palapa B4 dan juga baru-baru ini menggunakan Sistem Komunikasi Satelit di BRIsat yang baru diluncurkan bulan ini di India.

Satelit militer [image source]
Satelit militer [image source]
Sebagai salah satu negara dengan kekuatan militer kuat di Asia Tenggara. Indonesia tidak mau dianggap remeh oleh negara tetangganya. Singapura dan Malaysia yang notabene masih di bawah Indonesia sudah mampu mengorbitkan satelit militer yang sangat canggih itu. Jika Indonesia tidak segera meluncurkan satelit maka kedaulatan negeri ini bisa saja dipertaruhkan.

2. Fungsi dari Satelit Militer Indonesia

Satelit yang kemungkinan mengorbit di tahun 2019 silam memiliki banyak sekali keuntungan. Keuntungan pertama yang didapatkan oleh TNI adalah untuk tulang punggung jaringan komunikasi antar matra. TNI AD, TNI AL, dan TNI AU akan menggunakan satelit untuk pengambilan keputusan dalam hal Komando dan Pengendalian.

fungsi satelit [image source]
fungsi satelit [image source]
Selanjutnya satelit juga bisa digunakan untuk memonitor visual radar militer dan radar sipil yang mengorbit di angkasa. Satelit militer juga akan melaporkan posisi-posisi kapal atau pesawat musuh yang tidak bisa ditangkap radar. Terpenting dari semua, satelit akan melindungi data penting yang bisa dicuri saat menyewa satelit milik negara lain.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA