Categories: Tips

5 Orang ini Pernah Mengaku Sebagai Messiah Alias Juru Selamat Akhir Zaman

Meskipun berbeda dalam segala sesuatunya, namun ada persamaan yang kuat antara Kristen dan Islam. Hal itu adalah kepercayaan jika suatu saat Yesus atau Isa Bin Maryam pasti turun ke Bumi untuk membuat dunia ini lebih baik. Namun proses turunnya sendiri hingga bagaimana ketika hidup di dunia, masing-masing punya versinya sendiri. Hingga saat ini yang jelas sosok Yesus belum benar-benar turun.

Baca Juga : 5 Orang Ini Mengaku Punya ‘Mukjizat’, Tapi Malah Berakibat Fatal

Meskipun begitu, cukup banyak orang yang mengaku reinkarnasi sang juru selamat yang ditunggu-tunggu itu. Tentu saja banyak orang yang menyangkalnya meskipun tak sedikit pula yang percaya. Uniknya, orang-orang yang mengaku Yesus ini datang dari latar belakang yang berbeda. Bagaimana kisahnya? Simak ulasan menarik berikut.

1. David Shayler

David merupakan mantan anggota dari badan intelijen Inggris bernama MI5. Organisasi ini tergolong sangat rahasia dan kadang dikaitkan dengan berbagai skandal kelas berat. Shayler sendiri mengaku kalau organisasi tersebut ternyata mendanai organisasi Islam radikal dengan tujuan khusus. Setelah pernyataan kontroversial ini akhirnya pria tengah baya tersebut diberhentikan dari MI5. Lalu tak lama setelah itu Shayler mengaku dirinya mendapatkan wahyu.

Mengaku mendapat wahyu, mantan agen ini mengaku sebagai reinkarnasi Yesus [Image Source]
Entah apa hubungannya dengan pekerjaan lamanya, namun dalam wahyu tersebut Shayler mengaku jika dirinya adalah reinkarnasi terakhir dari Yesus. Untuk meyakinkan banyak orang, ia pun membeberkan silsilah panjang Yesus yang berakhir di namanya sendiri.

Seperti yang tertulis di Alkitab, Shayler mengaku kalau dirinya lah yang nantinya akan menyelamatkan dunia. Tentu saja tak banyak orang mempercayainya meskipun ada pula yang mengikuti pria ini. Meskipun rata-rata pengikutnya adalah orang-orang dengan masalah berat dan juga pengguna aktif obat-obatan terlarang.

2. Jones Very

Kembali ke beberapa dekade lalu, ternyata sudah ada yang pernah mengaku sebagai sang Messiah. Pelakunya adalah seorang seorang guru bernama Jones Very. Menurut cerita, Very berasal dari keluarga miskin. Namun berkat kecerdasannya, ia akhirnya mampu menempuh pendidikan di Harvard dan lulus tahun 1836 dengan predikat nomer dua terbaik.

Lepas dari rumah sakit jiwa, pria ini makin menggila dengan kembali meyakinkan banyak orang jika dirinya Yesus [Image Source]
Akhirnya Jones menjadi seorang guru dan mengajar di Yunani. Karena perangainya yang baik ia pun mulai disukai banyak orang. Ketika makin banyak orang yang menyukainya, pria ini pun akhirnya mengaku jika dirinya adalah Yesus yang dijanjikan. Orang-orang pun jelas tak percaya dengan hal ini. Hingga akhirnya Very pun dijebloskan ke sebuah rumah sakit jiwa. Lantaran dokter gagal menyembuhkannya, akhirnya pihak rumah sakit melepaskan pria ini.

Dua tahun setelah peristiwa ini tepatnya di 1838, kelakuan Jones makin menggila. Ia mengaku telah benar-benar dipercaya Tuhan untuk turun sebagai Yesus dan telah menyiapkan gerbangnya kedatangannya sendiri. Jones pun akhirnya berhenti hidup sebagai manusia lalu mulai menulis puisi dan prosa yang jumlahnya banyak sekali. 40 tahun setelah kejadian ini sang Yesus palsu pun meninggal dunia.

3. John Thom

Hampir satu masa dengan Jones Very, ada lagi seseorang yang mengaku sebagai Yesus. Ia adalah John Thom yang sering disebut juga dengan Sir William Courtenay. Pria ini awalnya adalah anggota militer Inggris, namun entah bagaimana jadinya hingga akhirnya ia mengaku sebagai reinkarnasi sang juru selamat.

Meskipun sudah mati, para pengikut John Thom yakin jika sang Messiah akan kembali lagi [Image Source]
Ya, tentu saja Thom dianggap gila hingga akhirnya ia dibawa ke sebuah pusat rehabilitasi mental di sebuah kota terpencil di Inggris. Sama seperti Jones Very, pria ini tak menunjukkan tanda-tanda kesembuhan. Namun karena dinilai tidak membahayakan Thom pun dilepaskan. Semenjak itu Thom makin gencar memberikan kabar kepada semua orang jika dirinya lah sang juru selamat.

Baca Juga : 6 Surga di Ujung Dunia

Meskipun menyandang status sebagai mantan pasien rumah sakit jiwa, namun hal tersebut tak menghalanginya untuk mendapatkan pengikut. Tercatat, pria ini memiliki sekitar 18 orang pengikut setia yang dijanjikan Thom harta dan kedudukan duniawi. Thom terus mengajarkan ajakannya tersebut hingga suatu ketika ia terlibat dalam pertikaian. Peristiwa itu membuat Thom dipenjara gara-gara membunuh hingga tak lama ia pun meninggal. Para pengikutnya sendiri masih percaya jika sang juru selamat akan kembali lagi suatu saat.

4. Sergey Anatolyevitch Torop

Tak semua orang percaya dengan serta merta ketika seseorang mengaku sebagai Yesus yang turun ke Bumi. Namun untuk kasus Sergey Anatolyevitch Torop hal tersebut benar-benar berbeda. Percaya atau tidak, pria ini sudah mempunyai pengikut sebanyak 10 ribu orang dan makin bertambah tiap tahunnya. Sergey sendiri menetap di sebuah wilayah terpencil di Siberia.

Dari sekian orang di daftar ini, mungkin hanya Torof yang punya perawakan paling mirip dengan Yesus [Image Source]
Kenapa Sergey bisa begitu meyakinkan para pengikutnya? Jawabannya ternyata cukup banyak. Misalnya saja perawakan yang memang mirip dengan representasi Yesus yang sering digambarkan, nilai-nilai serta cara penyampaiannya sangat kuat menurut para pengikutnya, serta ia sering memberikan tips bagaimana hidup yang baik salah satunya dengan menjadi vegetarian.

Salah satu hal unik dalam materi yang disampaikan Sergey adalah kepercayaan terhadap alien. Para pengikutnya benar-benar percaya bahkan mengatakan kalau alien memang eksis. Hanya saja menurut mereka makhluk luar angkasa tersebut tak memiliki jiwa.

5. William Davies

Tidak seperti deretan kisah di daftar ini, pria bernama William Davies ini tidak mengaku diri sebagai Yesus, melainkan arwah suci. Gelar sang juru selamat sendiri ia berikan kepada sang anak, Arthur Davies. Ya, bisa dibilang jika keluarganya adalah family of god alias keluarga Tuhan, tentu dalam persepsi William sendiri.

Kesal dengan salah satu pendeta, William Davies pun bikin aliran sendiri dan lumayan sukses [Image Source]
Kejadian ini diawali ketika ia pindah dari Wales ke Amerika Serikat pada tahun 1854. Di tempat baru tersebut William yang menganut Mormonism mencari gereja yang menaungi aliran ini. Akhirnya ia menemukan salah satunya dan saat itu dipimpin oleh seorang pria bernama James Morris. Namun William mengaku kecewa dan akhirnya ia memutuskan untuk membentuk sebuah komunitas sendiri.

Meskipun terkesan sebagai tempat pelarian dari ketidakpuasan, siapa sangka komunitas yang dibangunnya mampu menyedot banyak pengikut. Para loyalis mempercayai jika apa yang dikatakan William adalah sabda Tuhan termasuk mempercayai jika Arthur Davies adalah reinkarnasi Yesus.

Sepintas lalu komunitas ini akan makin berkembang, namun yang terjadi justru sebaliknya. Pada tahun 1880, organisasi ini akhirnya buyar ketika sang reinkarnasi Yesus tersebut meninggal karena suatu penyakit. Para pengikut pun akhirnya beramai-ramai keluar dari sekte yang dibuat oleh William. Tak lama setelahnya pria ini pun hidup normal dan menikah lagi pada tahun 1881. Uniknya, di titik seperti itu William masih ngeyel dengan mengatakan jika sang istri baru ini merupakan reinkarnasi sang istri pertama.

Baca Juga : 7 Oase Menakjubkan Ini Bagai Keajaiban di Gurun Pasir yang Panas!

Terlepas dari kepercayaan yang dianut masing-masing orang, deretan kisah di atas sama sekali tak masuk akal. Bagaimana bisa mereka tiba-tiba mengaku Yesus dan mengatakan akan menyelamatkan dunia. Lebih anehnya lagi, banyak pula orang-orang yang mengikuti. Namun, pada akhirnya semua pilihan kembali ke masing-masing orang. Mau percaya terhadap hal-hal seperti ini, atau berpegang teguh kepada pendirian awal.

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Sebulan Kenal Langsung Lamaran, Ini Fakta Pertunangan Ayu Ting Ting dan Muhammad Fardhana

Kabar mengejutkan sekaligus membahagiakan datang dari penyanyi dan pembawa acara Ayu Ting Ting. Setelah berpisah…

2 months ago

Pakai Foto Nyeleneh sampai Tak Diusung Partai, Ini Alasan Komeng Maju Nyaleg DPD Jawa Barat

Ada kejadian menghebohkan saat penyelenggaraan Pemilu 2024 yang diadakan serentak pada 14 Februari 2024 lalu.…

2 months ago

Kronologi Dante Anak Tamara Tyasmara Tewas Diduga di Tangan Pacar Ibunya

Artis Tamara Tyasmara tengah berduka setelah kepergian anak semata wayangnya bersama sang mantan suami, Angger…

2 months ago

Raja Charles III Menderita Kanker Ketika Menjalani Perawatan Masalah Prostat

Kabar tak mengenakkan datang dari keluarga Kerajaan Inggris. Baru beberapa bulan menjalani perannya sebagai Raja…

3 months ago

Diduga Terlibat Pencucian Uang Ratusan Miliar, Raffi Ahmad Beri Klarifikasi

Raffi Ahmad bukan hanya dikenal sebagai artis, tapi juga pengusaha. Kekayaan yang dimilikinya tak main-main,…

3 months ago

Curhat 10 Tahun Menikah Diselingkuhi Suami dengan Adik Ipar, Mamah Dedeh Peluk Ibu Ini

Ustazah Dedeh Rosidah, atau akrab disapa Mamah Dedeh, menjadi salah satu penceramah yang begitu disukai…

3 months ago