Unik Aneh

Menengok Gunung Olympus di Mars yang Ketinggiannya Takkan Bisa Kita Bayangkan

Bukan tanpa alasan kenapa tak semua orang bisa mendaki Gunung Everest. Selain karena kondisi alamnya yang ekstrem dan luar biasa, gunung ini juga jangkung sekali dengan ketinggian mencapai 8.848 meter. Benar-benar antara hidup dan mati kalau mau mendaki gunung tertinggi di muka Bumi ini. Dan dengan ketinggian macam ini kita pasti berpikir jika Everest pastilah juga jadi gunung tertinggi di Tata Surya. Ya, mungkin kesannya seperti itu, padahal tentu saja tidak.

Everest yang setinggi ini ternyata sama sekali bukan apa-apa kalau dibandingkan dengan deretan gunung lain di Tata Surya. Misalnya saja dengan Gunung Boosaule Montes yang ada di Io, satelit Jupiter. Gunung ini memiliki ketinggian hampir 17ribu meter, atau dua kalinya Everest. Boosaule Montes sendiri pun bukanlah yang tertinggi karena masih ada satu lagi yang paling jangkung. Perkenalkan, inilah Olympus yang memiliki tinggi 25 km!

Dengan ketinggian tak karuan macam begitu, praktis membuat Olympus yang ada di mars ini dijuluki gunung tertinggi di Tata Surya. Dan ngerinya lagi, ternyata Olympus tak hanya punya ketinggian, tapi juga hal-hal mengerikan lainnya. Seperti apa sebenarnya gunung satu ini? Simak ulasannya berikut.

Ketinggian Olympus yang Tak Karuan

Olympus sebelumnya tak pernah dideteksi sebagai sebuah gunung. Dulu citranya hanya nampak seperti daratan biasa saja dari atas. Namun, beberapa waktu kemudian satelit bernama Probe memastikan jika Olympus adalah sebuah gunung, dan yang bikin terkejut lagi gunung ini punya ketinggian yang tak karuan.

Ketinggian Olympus [Image Source]
25 kilometer atau 25.000 meter tentu bukanlah angka yang main-main. Kalau dibandingkan dengan Everest, Olympus kurang lebih berukuran tiga kali lipatnya. Bayangkan, jika puncak Everest saja seolah sudah mencapai atap langit, maka seperti apa ujung Olympus? Sungguh benar-benar tak bisa dibayangkan.

Tak Hanya Sangat Tinggi, tapi Juga Luar Biasa Besar

Olympus tak hanya memiliki ketinggian yang luar biasa, tapi juga punya diameter yang begitu panjang. Menurut data yang ada gunung ini memiliki lingkar tengah kurang lebih sekitar 600 kilometer. Ukuran sepanjang ini sama seperti tiga kali lebar Depok atau dua kali Medan. Benar-benar besar, kan?

Olympus yang luas [Image Source]
Kalau kita bicara coverage area, gunung ini memiliki luas hampir 300 ribu kilometer atau hampir seluas Italia. Sebagai perbandingan, gunung Everest memiliki coverage aera hanya sepertiga atau kurang dari yang dipunyai Olympus. Makin nggak terbayangkan ya betapa gunung ini sangat besar.

Terbesar di Tata Surya dan Masih Aktif

Terbesar di Tata Surya dan Masih Aktif

Dengan ketinggian mencapai 25 kilometer serta luas hampir 600 kilometer, tak heran kalau pada akhirnya gunung ini dijuluki sebagai yang paling tinggi di Tata Surya. Sebelum ditemukan Olympus ada banyak kandidat untuk gelar istimewa itu. Salah satunya adalah gunung Boosaule Montes yang ada di Io, satelit Jupiter, yang punya ketinggian 17 ribu meter.

Everest vs Olympus [Image Source]
Hal yang menarik soal Olympus bukan hanya tentang tinggi atau luasnya saja, tapi juga fakta kalau gunung satu ini ternyata masih aktif. Jadi, sewaktu-waktu ia bisa meledak dan kalau itu terjadi maka mungkin saja akan memengaruhi Mars secara global. Jika krakatau yang tak sebegitu besar saja sukses bikin kacau Bumi, apalagi Olympus yang berkali-kali lipat.

Seandainya Olympus Ada di Bumi

Setelah kita tahu fakta-fakta dari gunung raksasa ini, mari kita berimajinasi seumpama gunung ini ada di Bumi, kira-kira apa ya yang bakal terjadi? Yang jelas Olympus nggak bakal pernah didaki. Alasannya apalagi kalau bukan lantaran ketinggiannya yang gila itu. Pasti butuh usaha yang tak karuan untuk bisa mencapai puncaknya. Naik Everest saja seperti mau mati apalagi Olympus yang setinggi ini.

Gunung Olympus [Image Source]
Hal yang paling ngeri kalau Olympus di Bumi tentu adalah ledakannya. Dengan tinggi dan luas seperti itu, bayangkan apa yang bakal terjadi kalau gunung ini memuntahkan semua isinya. Bisa-bisa Bumi bakal kiamat. Tak hanya bakal menghancurkan daerah di sekelilingnya, abu vulkanisnya pasti bakal bikin Bumi gelap karena atmosfirnya tertutup semua. Matahari tak bisa masuk dan kehidupan pun sirna.

BACA JUGA: Akhirnya Bisa Difoto dari Dekat, Begini Penampakan Jelas Matahari yang Bikin Takjub

Siapa sangka jika Everest yang sudah segila itu, ternyata punya saingan yang nggak kalah edan. Olympus, gunung satu ini sukses menandaskan Everest soal ketinggian dan jadi gunung tertinggi di muka Bumi. Sejauh ini Olympus jadi yang tertinggi, tapi tidak menutup kemungkinan di kemudian hari nanti akan ditemukan gunung-gunung yang lebih gila lagi. Masing sangat mungkin karena Tata Surya ini lebih luas daripada yang bisa kita bayangkan.

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago