in

Akhirnya Bisa Difoto dari Dekat, Begini Penampakan Jelas Matahari yang Bikin Takjub

Matahari adalah salah satu dari miliaran bintang yang ada di dalam tatanan tata surya. Bentuknya yang berbeda dengan bintang lainnya, membuat banyak orang penasaran seperti apa penampakannya jika dilihat dari jarak dekat. Apalagi matahari termasuk objek astronomi yang memiliki bentuk sangat indah untuk diabadikan.

Namun, terdapat sebuah pemandangan yang sangat menakjubkan yang berhasil diabadikan pada 8 Desember 2020 lalu. Sebuah teleskop bernama Daniel K. Inouye Solar Telescope yang dioperasikan oleh National Science Foundation (NSF), telah berhasil mengambil gambar bintik matahari. Seperti apa sih penampakan matahari kalau dari dekat? Biar nggak penasaran, simak ulasan berikut!

Meski belum sempurna, tapi hasilnya tetap indah

Penampakan matahari berapi-api [sumber gambar]
Meski foto bintik matahari yang diambil belum sepenuhnya selesai, namun keindahannya telah nampak dan bisa disaksikan oleh manusia. Seorang ilmuwan bernama Thomas Rimmele mengatakan, jika foto bintik matahari tersebut telah mencapai resolusi 2,5 kali lebih tinggi dari tangkapan sebelumnya. Ia juga menambahkan, jika ukuran bumi sedikit lebih kecil dibanding bintik matahari.

Foto matahari ini jauh lebih detail

Penampakan permukaan matahari dari dekat [sumber gambar]

Teknologi yang semakin mutakhir, memungkinkan manusia untuk mengabadikan matahari secara lebih detail lagi. Seperti yang dilakukan oleh seorang pensiunan dosen, yang kini berprofesi sebagai fotografer, telah berhasil memotret permukaan matahari dengan lebih jelas lagi. Fotografer bernama Paul Andrew ini menggunakan teleskop Lund 152.

Written by Hendra Digital

1.000 Tahun Terkubur, 425 Koin Emas Masa Kekhalifahan Abbasiyah Ditemukan Remaja Israel

Bisa sampai 12 Juta, Masinis Kereta Dulu Disepelekan Kini Gajinya Enggak Kalah dengan Pilot