Lucu

Sering Culik Anak Berpasangan, Benarkah Memang Ada Hantu Banyu di Sungai Musi?

Selain terkenal dengan kuliner Pempek, Tekwan, serta Laksannya yang enak, Palembang juga terkenal dengan Sungai Musinya. Sungai ini merupakan satu dari banyak sungai panjang di Indonesia. Sungai ini sendiri sebenarnya menyimpan banyak sekali cerita, dua di antaranya adalah Hantu Air (Hantu Banyu) serta ikan yang menyerupai naga.

Percaya atau tidak, mitos mengenai Hantu Banyu ini disebut warga memang ada. Mengenai tempat tinggal, bentuk, serta korban yang diincar, jawaban warga juga hampir serupa. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan di bawah ini!

Asal-usul Hantu Banyu

Zaman dahulu ada seorang anak raja yang menderita penyakit gatal-gatal hingga membuat tubuhnya berbau amis. Untuk bisa sembuh, dia harus menikah dengan perempuan yang ketika lahir masih terbungkus ari-ari. Kabar sayembara ini terdengar oleh raja dari kerajaan lain, yang ternyata putrinya lahir dengan kondisi terbungkus ari-ari. Sang raja ini akhirnya meminta putrinya untuk menikahi anak raja seberang yang sakit.

Ilustrasi Hantu Banyu [Sumber gambar]
Sayang, niat raja tersebut tidak baik, dengan menikahi anak perempuannya, ia bermaksud memperluas kekuasaan. Pernikahan tetap dilangsungkan meskipun sang perempuan tidak setuju. Setelahnya, sang perempuan akan dibawa ke kerajaan lelaki menggunakan tandu. Namun, di tengah perjalanan karena tidak tahan dengan bau amis sang suami, ia menceburkan diri ke Sungai Musi. Sejak saat itu, muncul Antu Banyu yang disebut sebagai jelmaan dari anak perempuan raja tersebut.

Bentuk dan rupa Hantu Banyu

Di Sumatera Selatan, Hantu Banyu ini dilukiskan sebagai sosok perempuan berambut panjang dan berlendir. Wajahnya sama seperti manusia dan setengah siamang/monyet kecil. Ia mencelakai manusia dengan rambutnya dan juga lendir yang ada. Biasanya, hantu banyu ini akan meninggalkan lendirnya di rakit-rakitan yang biasa digunakan mandi oleh warga agar mereka terpeleset.

Hantu Banyu berambut panjang [Sumber gambar]
Saat seseorang terpeleset, sang Hantu Banyu sebenarnya sudah menunggu di bawah rakit. Ia juga kerap menunjukkan dirinya kepada manusia ketika malam hari. Konon, jika Hantu Banyu sudah menampakkan diri pasti ada korban yang akan ia ambil.

Kematian misterius di Sungai Musi

Kejadian seperti ini sudah sering sekali terjadi di Sungai Musi. Ada saja orang yang tenggelam, terpeleset ataupun hanyut saat berenang dan memancing. Adapun ciri korban yang meninggal karena diculik oleh Hantu Banyu ini adalah ia akan mengambang satu atau dua hari setelah ia tenggelam.

Korban yang diambil oleh Hantu Banyu [Sumber gambar]
Mayat ini akan ditemukan duduk menunduk melipat kaki ke depan dengan posisi tangan memeluk kaki. Bagian kepala juga biasanya ditemukan berlubang yang diyakini masyarakat kalau korban sudah dihisap darah dan otaknya oleh si Hantu Banyu.

Anak yang hilang berpasangan

Bagi anak-anak yang hidup di Sumatera Selatan dan sering mandi di Sungai, cerita tentang Hantu Banyu biasanya menjadi momok tersendiri. Cerita ini akan disebarkan oleh orangtua agar anak mereka tidak berlama-lama mandi di sungai, jangan pula sendirian, karena bisa jadi menjadi mangsa empuk si hantu.

Anak-anak yang diincar Hantu Banyu [Sumber gambar]
Untuk anak-anak, biasanya Hantu Banyu akan mengambil mereka sebagai pengantin. Dalam arti, jika ada kabar tentang anak lelaki yang meninggal karena tenggelam, maka akan ada anak perempuan (dari desa lain) yang akan meninggal dan menjadi pasangan dia yang meninggal sebelumnya. Walaupun hal ini hanya mitos, namun nyatanya cukup sering terjadi loh, Sobat.

BACA JUGA: 5 Sungai Paling Angker di Indonesia ini Suka Meminta Tumbal Manusia

Nah, meskipun hanya sebatas mitos dan legenda, mungkin memang ada tujuannya cerita ini dibuat. Salah satunya adalah agar anak-anak tidak berlama-lama mandi di sungai, karena hal tersebut juga bisa mendatangakan penyakit. Semoga bisa menjadi pelajaran untuk kita semua, Indonesia itu kaya –apalagi cerita mistisnya, hehe~

Share
Published by
Ayu

Recent Posts

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

22 hours ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

3 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

5 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago