Categories: Tips

Gunung Raung Terus Bergemuruh, Warga Siap Mengungsi

Gunung Raung via viva

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis bahwa aktivitas tremor vulkanik Gunung Raung di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur terus terjadi. Bahkan, teramati asap putih kelabu tebal dengan tinggi 100-400 meter ke tenggara, Minggu (5/7). Gunung Raung juga mengeluarkan suara gemuruh lemah hingga sedang.

“Terdengar suara gemuruh lemah hingga sedang. Suara gemuruh disebabkan letusan yang terjadi terus-menerus. Kerasnya suara gemuruh disebabkan kawahnya yang dalam dan luas, sehingga menggema. Sempat terlihat cahaya api di puncak kawah,” ungkap Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Minggu (5/7).

Sutopo menjelaskan saat ini Gunung Raung sedang meletus dengan tipe strombolian. “Tipe strombolian adalah gunungapi yang letusannya mengeluarkan lava yang cair tipis, tekanan gas yang sedang, dan letusannya mengeluarkan material padat, gas, serta cairan. Umumnya letusan ini tidak terlalu kuat, tapi bersifat terus menerus, dan berlangsung lama,” imbuhnya.

Status Gunung Raung saat ini adalah Siaga (Level III). PVMBG merekomendasikan agar tidak ada aktivitas masyarakat di radius 3 kilometer dari puncak gunung. Akan tetapi sejauh ini, masyarakat belum perlu mengungsi. Diharap masyarakat untuk tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa.

“Sebab di dalam radius 3 kilometer berpotensi terkena material letusan. Masyarakat belum perlu mengungsi. Diharap tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa. BNPB, BPBD Jawa Timur, Banyuwangi, Bondowoso, Jember dan Situbondo pun terus melakukan langkah antisipasi,” imbaunya.

Sementara itu, hujan abu tipis terjadi di sekitar Bandara Blimbingsari Kecamatan Songgon dan Sempu, Kabupaten Banyuwangi. Meski terjadi hujan abu, aktivitas penerbangan masih normal. BPBD Jawa Timur sendiri telah menyerahkan 120.000 masker kepada BPBD. BPBD Bondowoso juga telah mendirikan posko di Desa Sumber Wringin dengan menyiapkan 100 personel dari berbagai unsur.

Share
Published by
Adys Disty

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

1 day ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago