Gunung Raung Terus Bergemuruh, Warga Siap Mengungsi

oleh Adys Disty
06:31 AM on Jul 6, 2015
Gunung Raung via viva
Gunung Raung via viva

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis bahwa aktivitas tremor vulkanik Gunung Raung di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur terus terjadi. Bahkan, teramati asap putih kelabu tebal dengan tinggi 100-400 meter ke tenggara, Minggu (5/7). Gunung Raung juga mengeluarkan suara gemuruh lemah hingga sedang.

“Terdengar suara gemuruh lemah hingga sedang. Suara gemuruh disebabkan letusan yang terjadi terus-menerus. Kerasnya suara gemuruh disebabkan kawahnya yang dalam dan luas, sehingga menggema. Sempat terlihat cahaya api di puncak kawah,” ungkap Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Minggu (5/7).

Baca Juga
Inilah 5 Fakta Makam Keramat di Purwokerto yang Tak Dipindah Meski Ganggu Lalu Lintas
10 Potret Cantiknya Lucinta Luna, Pedangdut ‘Duo Bunga’ yang Diisukan Transgender

Sutopo menjelaskan saat ini Gunung Raung sedang meletus dengan tipe strombolian. “Tipe strombolian adalah gunungapi yang letusannya mengeluarkan lava yang cair tipis, tekanan gas yang sedang, dan letusannya mengeluarkan material padat, gas, serta cairan. Umumnya letusan ini tidak terlalu kuat, tapi bersifat terus menerus, dan berlangsung lama,” imbuhnya.

Status Gunung Raung saat ini adalah Siaga (Level III). PVMBG merekomendasikan agar tidak ada aktivitas masyarakat di radius 3 kilometer dari puncak gunung. Akan tetapi sejauh ini, masyarakat belum perlu mengungsi. Diharap masyarakat untuk tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa.

“Sebab di dalam radius 3 kilometer berpotensi terkena material letusan. Masyarakat belum perlu mengungsi. Diharap tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa. BNPB, BPBD Jawa Timur, Banyuwangi, Bondowoso, Jember dan Situbondo pun terus melakukan langkah antisipasi,” imbaunya.

Sementara itu, hujan abu tipis terjadi di sekitar Bandara Blimbingsari Kecamatan Songgon dan Sempu, Kabupaten Banyuwangi. Meski terjadi hujan abu, aktivitas penerbangan masih normal. BPBD Jawa Timur sendiri telah menyerahkan 120.000 masker kepada BPBD. BPBD Bondowoso juga telah mendirikan posko di Desa Sumber Wringin dengan menyiapkan 100 personel dari berbagai unsur.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara 7 Bangunan Paling Membingungkan, Tapi Keren! Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa
BACA JUGA