Categories: Lucu

10 Fakta Unik Yang Hanya Ada di Australia

Australia merupakan negara persemakmuran Inggris. Australia adalah salah satu negara yang penuh dengan keunikan. Salah satu yang unik di negara ini adalah ternyata penduduk negara ini awalnya adalah suku Aborigin yang berasal dari Irian Jaya. Tidak heran banyak kesamaan antara penduduk asli Australia dan papua.

Baca Juga :10 Peraturan Aneh Bin Ajaib Yang Hanya Ada di Amerika Serikat

Meski negara persemakmuran, bukan berarti Australia negara kecil. Dengan menempati wilayah seluas 7.686.850 km2 maka Australia adalah salah satu negara yang paling luas nomor 6 didunia setelah Brasil.

Banyak hal unik yang hanya ada di australia dan jarang diketahui. Apa saja itu? simak ulasan berikut ini :

1. Di Victoria, Hanya Tukang Listrik Yang Boleh Mengganti Bola Lampu

Ada suatu peraturan aneh yang masih diterapkan di Australia. Hanya untuk mengganti bola lampu, di Victoria, harus dilakukan oleh tukang listrik berlisensi atau memiliki izin dari pemerintah. Tidak hanya untuk gedung-gedung umum tetapi juga berlaku bagi rumah milik pribadi.

Victoria (c) news24.com

Hukuman jika melanggar peraturan diatas yaitu dikenakan denda $20. Peraturan yang aneh ini masih berlaku hingga sekarang. Pasalnya Australia memiliki standard listrik yang telah di tetapkan dan karena alasan keselamatan.

2. Australia mengekspor unta ke Saudi Arabia

Negara yang selama ini terkenal dengan kota unta ternyata masih membutuhkan import unta dari negeri tetangga. Yup, Saudi Arabia. Unta asal Australia, diberangkatkan dari kota pelabuhan Australia, Darwin dengan tujuan tiba di Saudi Arabia yang jumlahnya mencapai ribuan unta.

Unta Australia

Saudi Arabia membutuhkan kiriman unta dari Australia untuk dikonsumsi, karena Saudi Arabia fokus pada pengembang biakan domestik dan untuk adu kecepatan unta.

3. Keanehan Danau Merah Muda

Sangat mengejutkan, ada danau berwarna merah muda dipulau kecil Australia bagian Barat yang dikelilingi bukit pasir dan hutan lebat dengan ukuran mencapai 600 meter. Warna pink danau ini bukanlah rekayasa cahaya namun benar-benar nyata.

Danau Merah Muda (c) pixobub.net

Suatu hipotesis mengatakan bahwa hal yang mempengaruhi perubahan warna air ini ialah kandungan kadar garam yang membuat alga dan archaea untuk memuculkan corak air merah muda yang permanent pada air. Hal ini dapat dibuktikan dengan mengambil air dari danau ini secara langsung. fakta menunjukkan bahwa kadar garam didanau pink ini mencapai sepuluh kali lipat kadar garam laut.

4. Kota “batmania”

Salah satu kota sibuk di Australia yang kini bernama resmi Melbourne, dahulu memiliki julukan kota ‘batmania’. Kata batman ini juga dijadikan salah satu nama jalan dan taman di Melbourne untuk menghormati pendahulunya yang bernama John Batman.

kelalawar

Selain memang berjuluk batmania, Australia juga merupakan surga bagi kelalawar karena di Australia hidup jutaan kelalawar dengan status dilindungi dan kita bisa melihatnya pada pohon-pohon disepanjang jalan.

5. Emu bird, Maju Pantang Mundur

Burung yang satu ini merupakan jenis burung besar ke-2 di dunia setelah burung Ostrich. Banyak keunikan pada burung yang tidak dapat terbang ini. Salah satu keunikan burung ini ialah arah jalan yang selalu berjalan maju alias tidak pernah bisa berjalan mundur.

Emubird (c) taxateca.com

Tidak heran jika burung Emu dijadikan simbol Negara Australia selain kangguru yang dijumpai di emblem-emblem kenegaraan. Burung yang beratnya dapat mencapai 55 kilogram ini memiliki makna filosofis tersendiri, yakni agar Negara Australia selalu maju dan pantang mundur.

6. “never never river” di Australia

Danau yang terletak di perbatasan bagian utara tengah New South Wales, Australia, ini memiliki panjang hingga 9 kilometer dengan kedalaman 210 kaki dengan genangan air yang tenang dengan pemandangan yang indah, sejuh nan sepoi-sepoi.

Danau “never never river” (c) hannah-grace.net

Konon, danau ini dianggap sebagai tempat gaib yang dapat memunculkan segala kemungkinan, dan siapa saja yang berkunjung ke tempat ini akan merasakan seperti segala hal dapat saja terjadi. Ingin buktikan?? Berkunjunglah, dan tempat ini akan menjadi tempat yang takkan pernah terlupakan.

7. 75% Spesies yang hidup di Australia tidak diketahui oleh manusia

Kepiting

Ada berbagai macam makhluk hidup yang singgah dan tinggal di benua multiculture yang unik ini. Diketahui masih sekian makhluk hidup yang telah diketahui dan diklasifikasikan dalam kelompok burung, mamalia, reptile, dan lain sebagainya.

Menurut Horwitz et al. (1999) menyatakan bahwa lebih dari sepuluh juta species yang telah diketahui ada di Benua Australia. Namun ternyata masih 75% nya lagi belum diketahui!! Alias masih dalam penelitian para ahli. WOW, bagi para pecinta hewan, peneliti species makhluk hidup, dan yang menyukai tantangan, ini ladang yang bagus untuk dijelajahi guys. Semoga menyenangkan.

8. Gunung kekecewaan (Mt. Disappointment)

Gunung yang satu ini merupakan salah satu jenis gunung yang menyerupai bukit-bukit berpuncak. Gunung ini terletak di hutan daerah Victoria Selatan. Puncak gunung yang mencapai ketinggian hingga 800 meter atau 2600 kaki ini berjarak 60 kilometer dari Melbourne, Victoria, Australia.

Mt. Disappointment (c) mtisappointment50k.com

Sejak 1885, gunung ini dilindungi sebagai bagian dari Kinglake National Park. Gunung ini yang biasa dijuluki gunung kekecewaan atau dalam bahasa inggris mereka menyebutnya dengan Mt. Disappointment.

9. “Hungry Jack’s” brand vs Burger King di Australia

Jika kalian datang ke Australia dan ingin menikmati hidangan Burger, kalian tidak akan menjumpai ‘burger king’, brand yang biasa kita kenal. Karena sejak pertama kali burger king memutuskan untuk mengembangkan sayapnya ke Australia, ternyata telah ada nama yang sejenis, tepatnya di Adelaine.

“Hungry Jack’s” brand vs Burger King (c) adelainenow.com.au

Hal ini memaksa untuk membuat brand baru, jadilah brand hungry jack’s. nama brand ini diambil dari nama pengusaha yang mengembangkan bisnis ini ke Australia, Jack Cowin. kini, telah ada lebih dari 300 hungry jack’s di Australia. Jadi, jika kalian cari burger di Australia, jangan cari burger king, tapi carilah hungry jack’s.

10. Kota Docker River

Unta-unta liar yang kehausan menyerbu kota untuk mencari air, bahkan memasuki rumah para warga. Yang menakjubkan ialah jumlahnya yang tidaklah sedikit, kurang lebih 6000 ekor unta dengan tinggi mencapai 7 kaki dan berat hingga 900 kilogram ini tidak hanya mencari air.

Docker River (c) EPA.jpg

Kawanan unta liar ini juga mengamuk dijalan dan merusak apapun yang dilewatinya, termasuk unta dalam kawanan itu juga tidak jarang ada yang mati terinjak-injak oleh komunitasnya sendiri. Kejadian ini terjadi di suatu daerah pedalaman Australia yang dihuni kurang lebih 350 orang, Docker River.

Share
Published by
Admin

Recent Posts

Natasha Rizky Datang Dukung Desta Tanding Tenis, Netizen yang Baper

Kabar perpisahan pasangan artis Desta Mahendra dan Natasha Rizky sempat membuat khalayak heboh. Banyak yang…

4 months ago

Kasus Pencurian di Rosalia Indah, Setidaknya Ada 50 Kasus Kehilangan dengan Modus yang Sama

Belakangan viral kasus pencurian barang-barang berharga di armada perusahaan otobus (PO) Rosalia Indah. Berawal dari…

4 months ago

Riwayat Istri Habib Rizieq Meninggal Dunia Setelah Melawan Penyakit Komplikasi

Kabar duka datang dari Habib Rizieq Shihab. Sang istri tercinta menghembuskan napas terakhirnya dan meninggalkan…

4 months ago

Anak Perempuan Attila Syach Berhasil Kabur Setelah Diculik 3 Hari, Begini Kronologinya

Kabar tak mengenakkan datang dari keluarga Attila Syach. Anak dari mantan suami Wulan Guritno itu…

4 months ago

Buang Bantuan sampai Kabur, Perilaku Pengungsi Rohingya yang Membuat Warga Indonesia Geram

Rohingya merupakan kelompok etnis minoritas muslim yang ada di Myanmar. Sayangnya, di negaranya sendiri mereka…

4 months ago

Perempuan Ini Datang ke Pernikahan Bukan untuk Kondangan, tapi Mau Nagih Utang

Pernikahan seharusnya menjadi sebuah momen yang membahagiakan karena diharapkan dilakukan sekali seumur hidup dengan orang…

5 months ago