Categories: Tips

Alih-Alih Bikin Kamu Langsing, 7 Diet Ini Malah Bisa Membuat Nyawa Melayang

Kebanyakan orang pasti ingin memiliki tubuh proporsional yang enak dilihat. Apalagi di tahun 2018 ini, tren mencapai ‘body goals’ lagi gencar-gencarnya dilakukan masyarakat. Kalau dulu yang mati-matian diet dan olahraga hanya selebriti, saat ini masyarakat pun nggak mau ketinggalan.

Sayangnya untuk mencapai tubuh indah banyak orang yang sembarangan memilih diet. Padahal, nggak semua diet cocok dengan kondisi fisik seseorang. Bukannya berat badan turun, beberapa jenis diet malah membuat fisikmu lemah dan kesehatan menurun. Dan bahkan, para ahli gizi sepakat melabeli beberapa diet sebagai cara berbahaya untuk menurunkan berat badan. Nah, berikut ini deretan diet berbahaya yang sebaiknya kamu hindari.

Diet Golongan Darah

Dikembangkan oleh Dr. Peter D’Adamo, diet ini menjadi salah satu yang pernah paling populer di Indonesia. Diet ini didasari keyakinan bahwa makanan yang kita konsumsi bereaksi atau memiliki hubungan yang kuat dengan golongan darah. Karena itu, seseorang yang sedang melalui diet ini memiliki pantangan makanan berbeda-beda sesuai golongan darahnya. Misal kamu bergolongan darah B, maka kamu tidak boleh makan jagung, ayam, tomat, gandum, biji wijen, bahkan kacang tanah.

Diet Golongan Darah [image: source]
Saat menjalani diet ini, seseorang berpotensi mengalami kekurangan nutrisi sebab menghindari makanan tertentu secara terus-menerus. Padahal, beberapa makanan yang dihindari memiliki fungsi vital untuk mendukung kinerja oragan tubuh agar tetap sehat. Selain itu, WebDM juga menyatakan bahwa tidak ada bukti nyata jika konsumsi makanan sesuai golongan darah akan berhasil menurunkan berat badan.

Diet Cacing Pita

Meski terbilang menjijikkan, diet ini banyak digandrungi orang-orang yang ingin cara instan untuk menurunkan berat badannya. Caranya dengan mengonsumsi pil cacing pita yang kemudian akan tumbuh dalam usus. Cacing inilah yang kemudian memakan makanan yang ada dalam usus. Dengan cara ini, berat badan kamu akan turun. Jika penurunan sudah sampai angka yang kamu inginkan, maka kamu harus menelan pil antiparasit untuk mematikan cacing tersebut.

Diet cacing pita [image: source]
Cara ini memang terbukti cepat untuk menurunkan berat badan secara drastis, bahkan kabarnya model-model Victoria Steet juga melakukannya. Sayangnya, cacing pita yang hidup dalam usus tidak bisa sepenuhnya dikendalikan dan bisa sangat beresiko. Cacing ini bisa tumbuh sangat besar dan dapat menyebabkan penyait diare, kram perut, pusing kepala, epilepsi, bahkan kematian. Saking berbahayanya, organisasi Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat bahkan melarang adanya diet cacing.

Diet Makanan Bayi

Seperti namanya, diet ini mengharusnya pelakunya untuk mengkonsumsi makanan bayi. Makanan yang dimaksud tepatnya adalah bubur, pelaku diet ini diwajibkan mengganti makan pagi dan makan siang dengan 14 botol makanan bayi yang mengandung 25-75 kalori tiap botolnya. Baru dalam malam hari, kamu diperbolehkan melahap makanan seperti biasa dengan kalori rendah.

Diet Makanan Bayi [image: source]
Meski tergolong efektif untuk menurunkan berat badan, namun The National Fiber Council menegaskan bahwa kebutuhan serat 25 gram per hari jadi tak terpenuhi. Akibatnya, resiko kekurangan serat, lemak, dan protein membuat tubuh lemas dan pencernaan pun terganggu. Apalagi perlu diingat, kebutuhan bayi dan orang dewasa  sangat berbeda.

Diet Lemon atau Master Cleanse

Diciptakan oleh ahli bernama Stanley Burroughs pada tahun 1941, diet ini bukan hanya untuk menurunkan berat badan tapi juga detoksifikasi.  Ada tiga tahapan yang harus dilakukan dalam angka waktu 3-10 hari. Pertama, tahap ease in dengan makan sayur dan buah selama tiga hari. Kedua, tahap diet lemon yang mengharuskan kamu hanya mengonsumsi perasan lemon, sirup maple, lada cayenne, dan air.  Ketiga, tahap ease out yang sama dengan tahap pertama.

Master Cleanse [image: source]
Diet ini memiliki efek samping kelelahan, pusing, dan dehidrasi. Sebab kalori yang masuk ke dalam tubuh sangat minim jumlahnya. Tidak hanya itu, kamu juga bisa kehilangan massa otot dan juga menurunkan metabolisme tubuh.

Diet Keto

Prinsip diet satu ini adalah dengan memperbanyak asupan lemak dan melupakan konsumsi karbohidrat. Karenanya, kamu dianjurkan memakan ayam di bagian yang banyak lemak seperti paha dan kulit ayam, salmon, bacon, dan daging sapi. Meski begitu, kamu nggak perlu khawatir sebab tubuh akan membakar lemak menjadi energi. Tapi karbohidrat justru harus ditekan seminim mungkin, sedangkan sayur yang tidak diperbolehkan adalah jenis seperti kentang dan wortel.

Diet Keto [image: source]
Diet ini sangat tidak dianjurkan oleh ahli kesehatan. Sebab selain asupan nutrisi yang minim, diet ini beresiko buruk bagi pemilik gangguan ginjal dan hati. Selain itu, potensi diet ini tidak seimbang dengan efek masalah kesehatan yang ditimbulkan.

Diet Hormon

Ilustrasi diet hormon [image: source]
Diet ini merupakan satu dari sekian diet yang kontroversial sebab harus didahului dengan menghindari sumber-sumber kafein, gula, produk susu, jagung, kentang, minyak, kacang-kacangan, jeruk, dan anggur. Hal ini dimaksudkan untuk membersihkan tubuh dari kelebihan hormon. Proses selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi protein dan sayur-sayuran. Diet ini juga tidak dianjurkan sebab meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Paleolitik Diet

Ilustrasi diet [image: source]
Dikenal dengan pola makan jaman batu, diet ini hanya memperbolehkan konsumsi makanan alami dan menghindari makanan olahan. Selain itu, pelaku diet ini hanya dibatasi makan tidak lebih dari 800 kalori per hari. Meski terdengar menyehatkan, namun tubuh beresiko tinggi kehilangan nutrisi. Khususnya nutrisi dari susu dan produk olahan yang benar-benar tidak diizinkan untuk dikonsumsi.

Diet-diet di atas memang memberikan hasil penurunan berat badan yang signifikan dalam waktu singkat. Tapi seperti hal-hal instan lainnya, diet-diet ini pun mempunyai resiko tinggi bagi kesehatan. Bukannya berat badan turun, salah-salah nyawa jadi taruhan. Jadi, hati-hati ya boombers.

Share
Published by
Aini Boom

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

18 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago