Tips

Terlihat Mirip, Ban Depan dan Belakang Motor Ternyata Bahaya Apabila Ditukar

Bagi orang awam, ban motor depan dan belakang itu seperti tidak ada bedanya. Keduanya memiliki bentuk dan ukuran yang sama pula. Sehingga banyak dari kita berpikiran kalau ban motor depan dan belakang jika ditukar tidak akan ada masalah apapun yang timbul.

Tapi, hal ini berbeda dengan pendapat para ahli otomotif Sahabat Boombastis. Sebab, menurut mereka ban motor bagian depan dan belakang itu tidak sama. Ada fungsi masing-masing yang tidak dapat digantikan oleh ban sebaliknya. Meski terlihat serupa, namun ternyata kedua roda ini tidak sama lho.

Bentuk detail ban depan [Sumber Gambar]
Menurut Technical Manager Motorcycle PT Gajah Tunggal bernama Yulfachmi, jika ban motor depan dan belakang itu tidak sama fungsinya. Sehingga tidak disarankan untuk menukarnya. Ban depan ternyata mempunyai ukuran lebih kecil dibandingkan dengan yang belakang. Ini karena fungsinya untuk pengendalian dan juga memudahkan pemotor saat bermanuver di jalan. Sedangkan ban belakang berguna untuk menanggung bobot yang lebih berat. Maka dari itu ban belakang memiliki ukuran yang lebih besar Sahabat Boombastis.

Ban belakang motor [Sumber Gambar]
Selain itu, ban depan mempunyai alur di bagian tengahnya. Hal ini berfungsi untuk memecah air ketika pengendara berada di jalan yang basah. Nah, hal ini membuat air terbuang lebih cepat sehingga daya cengkeram motor lebih maksimal. Kalau ban belakang tidak ada alur tengah sepeti roda pada bagian depan nih Sahabat Boombastis. Alasannya karena untuk memperbesar gaya gesek roda dengan aspal. Jika ada alur tengahnya, kemungkinan besar motor tidak nyaman untuk dikendarai.

Sehingga jika kalian ingin menukar ban depan dan belakang, lebih baik tidak perlu dilakukan. Sebab, keduanya memiliki fungsi masing-masing yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan. Mungkin kalau pemakaian standar, ini tidak akan berpengaruh kepada pengendara. Tapi, jika pengemudi mengendarai motor dengan kecepatan tinggi atau ingin bermanuver, itu jadi masalah besar. Motor yang dikendarai akan menjadi tidak stabil dan rawan terjadi kecelakaan.

Share
Published by
Firdha

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

13 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago