in

Terlihat Mirip, Ban Depan dan Belakang Motor Ternyata Bahaya Apabila Ditukar

Bagi orang awam, ban motor depan dan belakang itu seperti tidak ada bedanya. Keduanya memiliki bentuk dan ukuran yang sama pula. Sehingga banyak dari kita berpikiran kalau ban motor depan dan belakang jika ditukar tidak akan ada masalah apapun yang timbul.

Tapi, hal ini berbeda dengan pendapat para ahli otomotif Sahabat Boombastis. Sebab, menurut mereka ban motor bagian depan dan belakang itu tidak sama. Ada fungsi masing-masing yang tidak dapat digantikan oleh ban sebaliknya. Meski terlihat serupa, namun ternyata kedua roda ini tidak sama lho.

Bentuk detail ban depan [Sumber Gambar]
Menurut Technical Manager Motorcycle PT Gajah Tunggal bernama Yulfachmi, jika ban motor depan dan belakang itu tidak sama fungsinya. Sehingga tidak disarankan untuk menukarnya. Ban depan ternyata mempunyai ukuran lebih kecil dibandingkan dengan yang belakang. Ini karena fungsinya untuk pengendalian dan juga memudahkan pemotor saat bermanuver di jalan. Sedangkan ban belakang berguna untuk menanggung bobot yang lebih berat. Maka dari itu ban belakang memiliki ukuran yang lebih besar Sahabat Boombastis.

Ban belakang motor [Sumber Gambar]
Selain itu, ban depan mempunyai alur di bagian tengahnya. Hal ini berfungsi untuk memecah air ketika pengendara berada di jalan yang basah. Nah, hal ini membuat air terbuang lebih cepat sehingga daya cengkeram motor lebih maksimal. Kalau ban belakang tidak ada alur tengah sepeti roda pada bagian depan nih Sahabat Boombastis. Alasannya karena untuk memperbesar gaya gesek roda dengan aspal. Jika ada alur tengahnya, kemungkinan besar motor tidak nyaman untuk dikendarai.

Sehingga jika kalian ingin menukar ban depan dan belakang, lebih baik tidak perlu dilakukan. Sebab, keduanya memiliki fungsi masing-masing yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan. Mungkin kalau pemakaian standar, ini tidak akan berpengaruh kepada pengendara. Tapi, jika pengemudi mengendarai motor dengan kecepatan tinggi atau ingin bermanuver, itu jadi masalah besar. Motor yang dikendarai akan menjadi tidak stabil dan rawan terjadi kecelakaan.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Tenar Pada Tahun 90-an, Beginilah Kehidupan 5 Penyanyi Wanita Lawas Ini Sekarang

Melihat Perjalanan Bersejarah Uang Indonesia Hingga yang Jarang Terungkap