Categories: Tips

5 Perusahaan Peninggalan Bob Sadino, Pengusaha Sukses Asal Indonesia

Baru saja kita mendengar berita duka dari Bob Sadino pada tanggal 19 Januari 2015 pada pukul 17.55 kemarin. Ia yang tercatat sebagai orang sukses di dunia telah menjadi banyak inspirasi pemuda terutama dalam bidang bisnis. Pengusaha asal Indonesia ini dikenal dengan gayanya yang santai dengan mengenakan kaos dan celana dilengkapi dengan topi koboy. Ia sukses dengan merintis beberapa perusahaan dan sukses menjalankan bisnisnya di perusahaan tersebut. Pastinya Anda bertanya-tanya, perusahaan apa saja yang ia jalankan? Di bidang apa saja? Setelah berpulangnya pengusaha sukses yang kerap di panggil om Bob ini, meninggalkan beberapa perusahaan rintisannya. Berikut 5 perusahaan milik om Bob.

 1. Kemang Food Industries (PT Kemfood)

Perusahaan PT. Kemang Food Industries atau yang lebih dikenal dengan PT Kemfood merupakan perusahaan rintisan dari Bambang Mustari Sadino atau yang lebih dikenal dengan Bob Sadino. Perusahaan ini merupakan perusahaan pertama yang menjadi pelopr bisnis yang berkembang dengan daging olahan di Indonesia.  Perusahaan ini mulai didirikan di kawasan Pulo Gadung, Jakarta pada tahun 1978 dengan teknologi yang sudah modern.

PT. Kemang Food Industries (PT Kemfood)

Kini PT. Kemfood  memproduksi berbagai olahan daging seperti Sosis, Burger, Baso, dan Delicatessen. Selain itu, perusahaan ini juga memproduksi produk special seperti Kebab, Daging kering, Mayonnaise, dan Thousand Island. Produk yang dihasilkan dari PT. Kemfood ini diproduksi dengan kualitas dan stardar mutu yang tinggi. Produk-produk yang dihasilkan juga menyesuaikan dengan standar halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan bersertifikasi BPOM.

Selanjutnya: Kem Farm Indonesia

 2. PT. Kem Farm Indonesia

Om Bob yang memang terinspirasi dari kekayaan lokal mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang ekspor sayuran dan buah-buahan. Sebagin besar produk PT Kem Farm Indonesia ini di ekspor ke pasar Jepang. Perusahaan milik om Bob ini berpusat di Semarang, Jawa Tengah. Ia mulai merintis perusahaan bidang eksportir ini pada tahun 1980.

PT Kem Farm Indonesia

Produk andalan kemfarm yaitu terung, lobak dan ubi manis. Produk-produk pertanian yang dihasilkan di perusahaan ini bersaing dengan produk pertanian dari Cina. Permintaan terbesar atas produk kemfarm berasal dari Jepang. Produk yang diekspor tiap bulannya mencapai 10.000 ton per bulan. Permintaan produk pertanian Kemfarm dari jepang justru meningkat 10 hingga 20 persen setelah Jepang mengalami musibah Tsunami. Dapat disimpulkan bahwa produk pertanian Kemfarm merupakan produk yang memiliki kualitas yang baik.

Baca Juga: 5 Wanita Muslimah Cantik Terkaya di Dunia

 3. PT Boga Catur Rata (Kem Chicks)

Perusahaan yang satu ini berkembang pada bidang pasar modern. Pasar modern yang dibuat oleh Bob Sadino ini terletak di Jl. Kemang Raya No. 3-5. Kem Chicks adalah supermarket yang berada di kota metropolitan. Supermarket ini tak hanya menyediakan makanan mentah, tapi juga makanan siap saji serta produk makanan lokal lainnya seperti buah tropis, Kopi Luwak dan sebagainya.

PT Boga Catur Rata (Kem Chicks)

Kem Chicks Supermarket ini merupakan pasar modern yang dibentuk dari PT Boga Catur Rata yang juga milik Bob Sadino. Semua produk dari Kem Chicks dipasok dari perusahaan ini.

 4. The Mansion

Lahan milik Bob ini akhirnya dikembangkan untuk dijadikan bisnis yang menjanjikan di kota metropolitan. Bisnis apartemen yang bernama The Mansion ini dimulai dengan menggandeng pengembang properti Grup Agung Sedayu (GAS). Apartemen yang berdiri di kawasan Kem Chicks miliknya ini bisa meningkatkan omset keduanya. Tak hanya dari The Mansion tapi juga dari Kem Chicks.

The Mansion

Meski bisnis apartemen ini tak sepenuhnya milik Bob, namun lahan yang di pakai untuk apartemen ini 100% milik Bob sadino. Apartemen dengan 180 unit kamar ini mempunyai letak yang strategis. Sehingga per unit kamar bisa meraih harga yang tinggi. Harga jual tiap unit apartemen yang berukuran 90-an m2 dengan satu kamar tidur adalah Rp 1,7 miliaran. Sedangkan untuk ukuran 150-170 m2 dengan dua kamar tidur bisa mencapai Rp 3 miliar. Untuk apartemen dengan ukuran 272-an m2 dengan tiga kamar tidur bisa didapat dengan harga yang fantatis yaitu sekitar Rp 4 miliaran.

 5. Kem Travel (Kemang Nusantara Travel)

Satu lagi, bisnis yang menjanjikan yang dibentuk oleh Bob Sadino yaitu bisnis tour and travel. Kemang Nusantara Travelatau Kem Travel merupakan jasa biro perjalana yang terletak di Jakarta. Kem Travel memberikan jasa biro perjalan untuk loka dan internasional.

PT. Kem Travel (Kemang Nusantara Travel)

Kem Travel ini dipimpin oleh Bapak Sjarman Syarif, seorang yang ahli dalam biro perjalanan selama lebih dari 20 tahun. Kem Travel memang awalnya bukan milik om Bob. Namun, beberapa waktu kemudian om Bob menjalin bisnis dengan Kem travel yang akhirnya sukses.

Masih banyak lagi perusahaan dan bisnis yang dimiliki om Bob. Ingin seperti om Bob? Belajarlah bahwa untuk menjalani bisnis diperlukan kesabaran. Seperti kata om Bob, bahwa dunia bisnis itu seperti gigi gergaji. Kita pastinya akan mengalami pasang surut saat menekuni bisnis. Namun, hal itulah tantangan bagi orang yang ingin sukses. Ia juga menegaskan bahwa tak ada ilmu manajemen yang canggih saat ia merintis perusahaanya, yang ia lakukan hanya melakukan tindakan nekat dan bodoh. Sebenarnya yang kita perlukan saat menekuni suatu pekerjaan selain sabar adalah tindakan nekat, karena dengan ragu-ragu maka kita tak akan maju. Jangan pernah patah semangat ya.

Baca Juga: Aga, ABG Yang Bunuh Diri Karena Orangtua Bercerai

Share
Published by
Vyra Sofia

Recent Posts

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago