Inspirasi

4 Tanaman Penghasil Emas, Ada yang Berasal dari Indonesia

Emas merupakan logam mulia yang tidak lekang dimakan waktu. Sudah sejak lama, emas dijadikan sebagai investasi bagi orang Indonesia. Pembeli emas akan mendapatkan sertifikat atau penanda besaran karat. Bentuk emas pun beragam, ada yang batangan maupun sudah diolah menjadi perhiasan. Emas memang logam mulia yang lunak dan mudah ditempa. Indonesia adalah salah satu negara penghasil emas terbanyak di dunia. Dari Sabang sampai Merauke, terdapat daerah yang tanahnya banyak mengandung emas.

Serpihan atau bongkahan emas biasanya terkandung di dalam tanah, aliran sungai, atau batu. Rupanya, bukan hanya berada di dalam tanah, ada juga tanaman yang mengandung emas. Pohon yang mengandung emas tersebut layaknya pompa. Membawa air melalui akar yang kemudian mendistribusikannya ke seluruh bagian pohon. Apakah tanaman itu? Simak ulasannya di bawah ini.

Pohon kayu putih mengandung emas

Siapa sangka pohon kayu putih mengandung partikel emas. Hal tersebut telah dibuktikan oleh peneliti dari Australia. Dalam jurnal yang mereka publikasikan, menyebutkan bahwa partikel emas di pohon kayu putih banyak terdapat pada daun. Partikel emas juga terkandung pada ranting dan pohon kayu putih.

Ilustrasi pohon kayu putih. [Sumber Gambar]
Namun, jangan membayangkan jumlah emas pada pohon kayu putih banyak. Menurut para peneliti, dibutuhkan setidaknya 500 pohon kayu putih untuk menghasilkan cincin emas. Menariknya, pohon kayu putih yang mengandung partikel emas tersebut menunjukkan bahwa ada kandungan emas di tanah sekitarnya dengan kedalaman lebih dari 30 meter.

Tumbuhan yang mengandung emas di Indonesia

Bukan cuma peneliti dari Australia yang menemukan adanya pohon mengandung emas. Peneliti dari Institut Pertanian Bogor (IPB University) pun membuktikan bahwa ada pohon emas yang tumbuh di Indonesia. Pohon tersebut terutama tumbuh di daerah yang tanahnya mengandung logam tinggi. Tanaman yang menyerap logam tersebut disebut hiperakumulator. Pohon tersebut sebenarnya bukan hanya dapat menyerap emas, melainkan logam mulia lain seperti perak, nikel, dan platinum.

Daun dan bunga jarak pagar, yang disebut mengandung emas. [Sumber Gambar]
Beberapa pohon emas di Indonesia adalah jarak pagar, jarak kastor, mindi, dan kemiri sunan. Pohon tersebut merupakan penghasil minyak yang bukan untuk konsumsi. Apakah kamu tahu minyak atsiri yang biasa digunakan sebagai essential oil? Rupanya ada pohon penghasil minyak atsiri yang berpotensi mengandung emas, misalnya vetiveria zizanioides, bentuknya seperti daun pandan.

Jamur merah muda mengandung emas

Ilustrasi jamur berwarna merah muda. [Sumber Gambar]
Serupa dengan pohon minyak kayu putih, ada jamur merah muda yang juga mengandung partikel emas. Jamur merah muda tersebut ditemukan di Australia Barat dan sudah diteliti oleh peneliti dari sana. Ukuran jamur merah muda cenderung lebih besar karena berinteraksi dengan emas di tanah. Dapat dikatakan, jamur merah muda tersebut merupakan penanda adanya kandungan emas pada tanah yang ia tumbuhi.

Daun pandan penunjuk adanya berlian di tanah

Ada pohon yang mengandung emas dan menandakan adanya kandungan emas di tanah sekitarnya. Ternyata ada juga tumbuhan yang menjadi penanda berlian di tanah yang ditumbuhinya. Namun, bukan semua jenis pandan melainkan pandanus candelabrum, atau lebih dikenal sebagai pandan lilin. Pandan lilin berbeda dengan pandan yang banyak tumbuh di Indonesia. Pasalnya, pandan lilin banyak tumbuh di daerah gurun, tepatnya di Afrika.

Ilustrasi pandan lilin, tanaman penunjuk berlian di dalam tanah. [Sumber Gambar]
Peneliti dari Florida International University Stephen Haggerty membuktikan bahwa terdapat berlian di dalam tanah yang ditumbuhi pandan lilin. Tumbuhan ini biasanya hanya tumbuh di tanah yang mengandung kimberlite, salah satu jenis batu.

BACA JUGA: Tanaman Penghasil Emas Ternyata Tumbuh Subur di Indonesia

Pohon yang mengandung emas tersebut dapat memudahkan penambangan emas. Tentunya harus dibarengi dengan alat penunjuk emas yang lebih canggih. Apakah ada tumbuhan serupa di daerah kalian?

Share
Published by
H

Recent Posts

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

2 weeks ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

3 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

3 weeks ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

4 weeks ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

4 weeks ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago