in

Tanaman Penghasil Emas Ternyata Tumbuh Subur di Indonesia

Memetik uang dari pohon memang hanya omong kosong belaka. Tapi ternyata ada tumbuhan yang benar-benar bisa menghasilkan emas. Baru-baru ini sebuah penelitian mengungkapkan bahwa terdapat tanaman penghasil emas. Kerennya lagi, tanaman itu tumbuh di Indonesia lho! Bagaimana ya cara tanaman tersebut menghasilkan emas? Apakah berbuah emas kemudian bisa dipetik? Daripada penasaran, yuk simak ulasan berikut!

Ada tanaman yang bisa menghasilkan emas

Ada beberapa jenis tanaman yang mampu menghasilkan emas dan mereka tumbuh di Indonesia. Meski tidak bisa langsung menghasilkan emas yang bisa dipetik, tapi tumbuhan ini bisa menyerap logam berat yang ada di tanah sekitar mereka hidup. Logam mulia juga termasuk logam berat yang bisa diserap oleh tumbuhan-tumbuhan itu. Seperti platina, nikel perak, talium, bahkan emas.

Ilustrasi emas [sumber gambar]
Tumbuhan yang dapat menyerap logam berat itu biasa disebut tanaman hiperakumulator. Menurut Pakar Biologi Tumbuhan Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Hamim yang dilansir dari Detik, tanaman hiperakumulator dapat menyerap logam berat melalui rantai makanan. Sehingga logam yang bisa tertimbun hingga ratusan tahun di dalam tahan, dapat perlahan-lahan terserap.

Penggunaan belum maksimal

Kegiatan tanaman yang menyerap logam itu dinamakan fitomining. Tanaman hiperakumulator tak hanya bisa menguntungkan dengan menyerap logam mulia. Mereka juga bisa membersihkan lingkungan sekitar mereka ditanam karena daya serap yang tinggi.

Prof. Hamim [sumber gambar]
Meski bisa sangat menguntungkan, sayangnya penggunaan tanaman hiperakumulator belum maksimal. Banyak hal yang harus diperhatikan agar potensi luar biasa tumbuhan ini bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Jenis tanaman yang bisa menghasilkan emas

Written by H

6 Tahun Terlilit Ban, Buaya Ini Akhirnya Bisa Diselamatkan Warga dengan Modal Pribadi

Viral Mobil Boks Dilempari Lumpur dan Pelaku Kabur, 5 Bocah SD Diamankan Polisi