Seni tato terkadang masih dianggap tabu oleh masyarakat Indonesia. Padahal, di Bali banyak sekali seniman tato yang berbakat dan jadi langganan warga mancanegara. Meskipun begitu, 8 artis ini peduli setan dengan anggapan tabu masyarakat Indonesia mengenai tato.

Mereka memiliki tato yang bermakna mendalam dalam tubuhnya. Enggak kalah deh, dari 51 tato yang terukir dalam tubuh Zayn Malik—yang salah satunya bergambar mata Gigi Hadid. Bagaimana kira-kira bentuk tato dan makna yang dimiliki oleh 8 artis Indonesia ini?

Rio Dewanto, gambarkan perjalanan hidupnya di lengan kiri

Tato di pergelangan tangan Rio Dewanto [sumber gambar]
Tak hanya satu tato yang terukir dalam tubuh Rio Dewanto. Meskipun tampak rebel, ia mengakui meminta izin terlebih dahulu, loh, kepada orang tuanya ketika akan menggambar tato pada tubuhnya, saat usianya masih 17 tahun. Tato yang dimiliki Rio pada pergelangan tangan kirinya tampak seperti puzzle, yang diartikannya sebagai perjalanan hidupnya, yang melingkar, tak terduga, dan belum selesai.

Sophia Latjuba, 3 malaikat dan kecintaan terhadap ayah

Tato di punggung dan lengan Sophia Latjuba [sumber gambar]
Tato bertuliskan huruf Arab di lengan kanan Sophia Latjuba sempat menghebohkan publik tahun lalu. Dikutip dari entertainment.kompas.com, ternyata tato tersebut bertuliskan nama 3 malaikat dalam kepercayaannya: Michael, Gabriel, dan Rafael. Selain itu, Sophia juga memiliki tato di punggungnya yang bergambar hati. Ternyata, tato tersebut dipersembahkan untuk sang ayah.

Widy Vierratale, ukir peta Indonesia di bawah dadanya

Tato di tangan dan bawah dada Widy Vierra [sumber gambar]
Semenjak pertama kali berkarier sebagai vokalis Vierra (sekarang Vierratale), Widy telah membuat tato bergambar mic di tangan kirinya. Bertuliskan “widikidiw” dan tergambar mahkota di sana, menceritakan tentang identitas dirinya. Selain itu, di tangan kanannya terdapat tulisan Vierra—band yang membawanya hingga sekarang. Selain itu, yang sempat menjadi kontroversi adalah gambar peta Indonesia di bawah dadanya. Menurutnya, hal tersebut adalah bentuk kecintaannya terhadap tanah air.

Nia Ramadhani, perjuangannya disimbolkan dengan kebebasan di punggungnya

Tato di punggung Nia Ramadhani [sumber gambar]
Belum pernah secara resmi memamerkan tato di punggungnya, ketika menggunakan gaun dengan punggung terbuka, seringkali Nia Ramadhani membuat netizen terkejut. Ternyata, ia memiliki sebuah tato bergambar sayap pada punggungnya. Mirip-mirip dengan milik G-Dragon Bigbang, hanya saja tempatnya berbeda. Ternyata, gambar sayap tersebut melambangkan kebebasannya setelah berjuang di masa muda, terlebih ketika kedua orang tuanya bercerai.

Ganindra Bimo, ada naga hingga Dewa Kesuburan

Tato Ganindra Bimo [sumber gambar]
Tidak secara gamblang Ganindra Bimo menjelaskan arti tato pada tubuhnya. Cukup banyak dan rumit ukiran yang terdapat di sana, suami dari Andrea Dian ini mengungkapkan bahwa tato adalah seni. Ia juga menekankan bahwa tato yang tergambar dalam tubuhnya tak ada negativism sama sekali. “Di badan gue ini enggak ada tato setan atau negativity, jadi lebih ke arah positivity. Let’s say, Dewa Kesuburan atau apapun yang ambience-nya positif buat gue,” ungkapnya, dikutip dari quibicle.id.

Wulan Guritno, tentang jati dirinya

Tato di punggung Wulan Guritno [sumber gambar]
Pada tahun 2017 lalu, Wulan Guritno secara resmi “memamerkan” tato di punggungnya. Tato tersebut bergambar bendera Indonesia dan Inggris. Wulan yang anti banget ke rumah sakit dan merasakan jarum suntik rela menahan sakit ditato dua bendera tersebut. Ia mengungkapkan bahwa tato tersebut adalah tato persaudaraan yang dimilikinya dan adik-adiknya. Juga tato tersebut adalah jati dirinya yang merupakan blasteran Indonesia-Inggris.

Tora Sudiro, kebanyakan mengenai cinta dan keluarga

Tato di tangan Tora Sudiro [sumber gambar]
Sama seperti Zayn Malik, tato yang dimiliki Tora Sudiro sudah mencapai puluhan sampai tak bisa dihitung. Namun uniknya, beberapa tato yang berarti untuknya adalah yang menggambarkan rasa cinta kepada keluarga. Tora dan Mieke Amalia menikah tidak pakai cincin kawin atau wedding ring, tapi wedding ink—alias tato yang bergambarkan wajah keduanya di masing-masing tangan. Selain itu, Tora juga memiliki tato bertuliskan “cinta istri” “Jenaka” dan “La Que Ranaka,” alias Nabila, Queena, Keira, Nayara, dan Jenaka, nama lima buah hatinya.

Fandy Christian, bentuk sebuah ambigram

Tato ‘Dahlia’ Fandy Christian [sumber gambar]
Tak jauh berbeda dari Tora Sudiro, Fandy Christian juga mengukir nama istri dalam tangannya. Namun, tato miliknya sungguh unik. Ia mendapatkan tato tersebut sebelum menikahi Dahlia Poland. Bagaimana ia bisa nekat dan yakin bahwa ia akan sehidup semati dengan Dahlia? Jika dilihat sekilas, tato tersebut bertuliskan nama Fandy, namun jika dibalik, akan terbaca Dahlia. Teknik ini dinamakan ambigram dalam seni tato.

BACA JUGA: Artis Juga Manusia, Inilah 20 Wajah Asli Public Figure yang Ngagetin Saat Nggak Pakai Make Up

Bagi sebagian masyarakat Indonesia, tato memang terkesan sebagai simbol anak kurang baik. Namun, bagi 7 artis di atas tato adalah media ungkapan kasih atau “curhatan” mereka.