Categories: Tips

5 Salah Kaprah Tentang Nazi Jerman

Nazi adalah sebuah nama yang terdengar sangat menakutkan. Kejahatan yang mereka lakukan sangat kejam sehingga banyak orang yang tidak tertarik untuk mengetahui sejarah mereka. Ada beberapa salah kaprah tentang Nazi yang coba diluruskan oleh Boombastis.

Baca Juga : 10 Perusahaan Terkenal yang Bekerja Sama dengan Nazi

1. Semua Orang Jerman Mendukung Nazi

Pada saat pemilu, hanya sekitar 40% penduduk negara Jerman yang memilih partai ini. Hitler kemudian melakukan konspirasi, pembunuhan, dan ancaman kepada beberapa pihak sehingga akhirnya kekuasaan jatuh ke tangannya.

para anggota gerakan 20 Juli yang berusaha membunuh Hitler [ImageSource]
Ketika Hitler berkuasa pun, banyak usaha yang dilakukan oleh orang Jerman sendiri untuk menjatuhkannya. Tercatat ada 20 lebih upaya pembunuhan atas Hitler. Satu yang paling terkenal adalah gerakan 20 Juli yang dikenal dengan nama ‘Operation Valkyrie’ yang kisahnya sempat difilmkan dan diperankan Tom Cruise.

2. Hanya Nazi yang Menjalankan Pembersihan Ras

Ide untuk melakukan pembersihan ras awalnya bukan datang dari Hitler. Ia malah terinspirasi oleh Amerika Serikat. Di negeri paman Sam ini, ada beberapa usaha untuk menciptakan masyarakat yang sehat, kuat, dan ‘murni’. Caranya dengan membunuh orang-orang cacat dan membiarkan bayi yang lahir cacat untuk mati tanpa dirawat.

Hanya Nazi Yang Menjalankan Pembersihan Ras [ImageSource]
Kegiatan jahat ini didanai oleh Rockefeller Foundation. Sebuah yayasan milik keluarga Rockefeller yang dikenal sebagai salah satu keluarga yang paling kaya dan paling berkuasa di muka bumi ini. Yayasan ini pulalah yang membiayai eksperimen-eksperimen sadis terhadap tubuh manusia yang dilakukan oleh pemerintah Nazi di Jerman.

3. Hitler yang Mendirikan Partai Nazi

Banyak orang mengira Hitler lah yang mendirikan partai ini. Padahal awalnya ia adalah mata-mata yang dikirim pemerintah Jerman untuk mengawasi tindak-tanduk partai ini. Setelah ia mendatangi beberapa pertemuan anggota Nazi, Hitler menjadi tertarik dan justru bergabung dengan partai ini.

Hitler Yang Mendirikan Partai Nazi [ImageSource]
Ia sendiri pun tidak memiliki ambisi untuk menjadi pemimpin Nazi. Awalnya ia hanyalah sebagai juru bicaranya saja. Tetapi kemampuannya berorasi dan kharismanya yang mampu menyihir massa membuat banyak orang mendukungnya sebagai ketua.

4. Hanya Bangsa Arya yang Membela Nazi

Bangsa Jerman di jaman Hitler meyakini mereka adalah keturunan ras Arya. Oleh karena itu banyak orang pula yang mengira bahwa hanya bangsa Arya lah yang boleh bergabung dengan Nazi. Pada kenyataannya ada juga sebagian orang Yahudi yang bergabung dengan ketentaraan Nazi.

Hanya Bangsa Arya yang Membela Nazi [ImageSource]
Ratusan orang Yahudi Finlandia bergabung dengan Nazi saat Finlandia mengikat kerja sama dengan Jerman. Ada juga orang India yang bergabung dengan ketentaraan ini karena mereka ingin mengusir Inggris dari India. Beberapa orang Yahudi dan India bahkan mendapatkan tanda jasa atas keberanian mereka di medan perang.

5. Seluruh Anggota Nazi Adalah Manusia Kejam

Tidak semua anggota partai ini adalah manusia kejam yang mendukung perbuatan Nazi. Ada beberapa orang petinggi partai ini yang berusaha sekuat mungkin untuk menyelamatkan orang-orang Yahudi. Antara lain seperti Oskar Schindler yang menyelamatkan ribuan orang Yahudi dengan cara membuat sebuah pabrik bohongan dan mengirimkan tawanan Yahudi ke sana. Ini untuk menyelamatkan para tawanan Yahudi dari kekejaman di dalam kamp konsentrasi.

Oskar Schindler [ImageSource]
Masih banyak pula petinggi Nazi lain yang dengan segala cara mencoba menyelamatkan para tahanan Yahudi ini. Tentunya dengan cara dan intrik yang bermacam-macam, dan tentu pula dengan mempertaruhkan keselamatan mereka sendiri.

Baca Juga : 9 Fakta Mengejutkan Tentang Adolf Hitler, Sang Diktaktor NAZI

Kekejaman manusia memang amat sangat sukar untuk dibayangkan. Tetapi di balik kekejaman ini, ada beberapa orang yang tampil sebagai pahlawan sesungguhnya. Tetapi nama-nama mereka sering dilupakan sejarah. Karena sejarah lebih sering ditutupi oleh kekuasaan.

Share
Published by
Norman Duarte

Recent Posts

Sempat Dihentikan Polisi, Kiki Amalia Melahirkan di Usia 42 Tahun dengan Pengalaman Unik

Ada kabar baik dan membahagiakan dari aktris Andi Kiki Rizky Amalia, atau akrab disapa Kiki…

2 months ago

Rumah Dinas Menteri di Ibu Kota Negara Nusantara Disorot karena Mewah dan Megah

Perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten…

2 months ago

Santri di Ponpes Kediri Meninggal Secara Tragis, Dianiaya 4 Seniornya

Berniat ingin menimba ilmu di kota orang, tapi justru nasib nahas menimpa seorang santri di…

2 months ago

Harga Beras Melambung Tinggi, Berdampak ke Ekonomi hingga Sosial di Masyarakat

Masyarakat Indonesia sedang dihebohkan dengan kenaikan harga beras yang tengah terjadi. Melambungnya harga beras jadi…

2 months ago

Kasus Perundungan di Binus School Serpong, Seret Anak Vincent Rompies

Kasus perundungan beberapa kali mencuat ke publik setelah video viral yang beredar di dunia maya.…

2 months ago

Keguguran Calon Anak Kedua, Nikita Willy Ungkapkan Rasa Bersalah dan Hancur

Menikah dengan pengusaha muda, Indra Priawan Djokosoetono, pada tahun 2020 lalu, aktris cantik Nikita Willy,…

2 months ago