Tips

Roti Bakar Bisa Sebabkan Kanker, Mitos atau Fakta?

Sahabat Boombastis pernah mendengar enggak tentang roti bakar yang disebut-sebut bisa mengakibatkan kanker? Ya, banyak orang bilang kalau itu adalah fakta lantaran makanan yang dibakar berpotensi untuk menimbulkan penyakit berbahaya di dunia tersebut. Tapi ada juga yang berpendapat jika teori tersebut cukup tidak masuk di akal.

Hal inipun sampai sekarang masih menimbulkan perdebatan di khalayak umum. Ya jelas karena roti bakar adalah makanan favorit hampir semua orang. Kalau menimbulkan kanker beneran, niscaya mereka akan berpikiran yang tidak-tidak tentang kesehatannya. Jadi mana nih yang benar, roti bakar bisa timbulkan kanker atau tidak?

Roti bakar bisa sebabkan kanker [Sumber Gambar]
Menurut Buzz Online, makanan yang tinggi kandungan patinya seperti roti jika dimasak dalam suhu tinggi, bisa melepaskan suatu nyawa bernama akrilamida. Nah, akrilamida ini dapat meningkatkan aktivitas sel kanker pada tubuh seseorang. Mengapa begitu? Dilansir dari laman Times of India kalau akrilamida ini digunakan sebagai bahan kimia. Biasanya pembuatan kertas dan plastik lah yang melibatkan senyawa akrilamida. Jadi sangat tidak cocok kalau senyawa tersebut berada di tubuh manusia.

Roti bakar menghasilkan zat akrilamida lebih banyak [Sumber Gambar]
Hampir senada dengan yang diucapkan dari Buzz Online. Chief Scientist of Food Standards Australia and New Zealand, Dr Paul Brent berpendapat jika zat akrilamida selalu ditemukan pada makanan bertepung seperti roti dan kentang. Ditambah lagi dengan penelitian yang dilakukan oleh Badan Pengawas Makanan Australia dan Selandia Baru (FSANZ) pada 2004. Jika kadar dari akrilamida ini bisa semakin tinggi kalau suhu memasak ditingkatkan.

Bakar roti sampai warna kuning [Sumber Gambar]
Tapi Sahabat Boombastis, kadar akrilamida dengan risiko penyebab kanker ternyata masih belum jelas. Sebab, sebuah studi di Belanda menyimpulkan bahwa zat tersebut masih tidak terbukti bisa menimbulkan kanker hingga saat ini. Dari penelitian tersebut menghasilkan sebuah fakta jika hewan yang bisa terpapar kanker akibat zat akrilamida.

BACA JUGA : Merendam Teh Celup Bisa Berbahaya Bagi Tubuh, Mitos atau Fakta?

Namun para ahli menuturkan kalau kita sebaiknya berjaga-jaga saja terlebih dahulu. Badan Pengawasan Makanan Inggris menyebutkan jika ingin memanggang roti lebih baik sampai warna kekuningan saja. Hindari roti sampai berwarna cokelat atau bahkan hitam. Sebab kita tidak akan pernah tahu apa efek terburuknya jika roti bakar dikonsumsi terlalu sering.

Share
Published by
Firdha

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

17 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago