Indonesia tak hanya mempunyai budaya yang beragam, tetapi juga jenis makanan khas yang beragam. Mulai dari Sabang hingga Merauke, mempunyai masakan yang khas dengan rasa yang unik.

Banyak sekali wisatawan asing yang sangat kagum dengan beragamnya makanan khas Indonesia. Berikut makana khas yang sangat populer dilidah para bule.

1. Rendang – Bumbunya Itu Lho, Enak Banget!

Rendang bisa diartikan sebagai kari kering. Rendang adalah hidangan yang benar-benar populer di Indonesia yang terbuat dari daging sapi rebus yang kemudian dimasak hingga kering. Makanan ini merupakan salah satu makanan khas minangkabau (atau juga dikenal sebagai Padang) di Sumatera Barat. Itulah sebabnya seringkali disebut sebagai Rendang Padang atau Rendang Minangkabau.

Rendang (c) indochili.com
Rendang (c) indochili.com

Rendang biasanya yang dipakai sebagai bahan dasarna adalah daging, tetapi kadang-kadang hati, ayam, kambing atau daging lainnya bisa juga digunakan sebagai bahan sebagai masakan rendang. Campuran yang dipakai dalam rendang yaitu santan dan rempah-rempah. Daging yang akan dimasak rendang dicampur dengan santan dan rempah-rempah yang kemudian di masak berjam-jam. Itulah yang membuat rendang mempunyai cita rasa hingga mendunia.

Hingga terdapat berbagai kedai diluar negeri yang sangat digemari oleh orang bule. Rendang tak hanya tersedia dalam kemasan berbumbu basah. Rendang juga ada yang berbentuk dendeng kering, sehingga bagi Anda yang ingin menikmati rendang dikala perjalanan jauh, Anda dapat membawa rendang kering ini sebagai gantinya.

2. Nasi Goreng – Isinya Variatif, Dikasih Tempe pun Nikmat

Nasi goreng sangat terkenal di negara-negara di Asia Tenggara. Di negara-negara tersebut, banyak sekali menu yang mirip sekali dengan nasi goreng. Namun, ternyata nasi goreng Indonesia merupakan salah satu makanan favorit di lidah bule.

Nasi goreng (c) indochili.com
Nasi goreng (c) indochili.com

Baca Juga: 4 Awan Yang Paling Ditakuti Oleh Pilot Saat Menerbangkan Pesawat

Yang membedakan nasi goreng Indonesia dengan nasi goreng di negara lain di negara tetangga, yaitu rempah-rempah yang digunakan. Rempah-rempah yang dipakai yaitu bawang putih, gula, garam, cabai rawit, cabai merah, dan aneka saus. Rempah-rempah inilah yang membuat rasa nasi goreng Indonesia terasa unik. Selain itu, nasi goreng ini biasanya disajikan dengan kerupuk, acar timun dan acar cabai hijau.

3. Gado-gado – Salad Khas Indonesia

Gado-gado merupakan salah satu makanan Indonesia yang maknanya yaitu campur-campur. Hal ini dikarenakan didalam gado-gado ada berbagai sayuran yang dicampur kemudian diberi toping saus kacang. Gado-gado biasa juga dikenal sebagai Lotek. Hidangan ini bisa disebut sebagai saladnya Indonesia.

gado-gado (c) resepmenusehat.com
gado-gado (c) resepmenusehat.com

Baca Juga: 6 Kisah Menyentuh Dibalik Hilangnya Air Asia QZ8501

Hidangan yang satu ini disebut salad karena terbuat dari kombinasi sayuran rebus yang disiram dengan saus kacang saus. Pada dasarnya sayuran yang direbus yaitu kacang panjang, bayam, kentang, jagung, telur dan tauge ditambah dengan mentimun, tahu dan tempe.  Setelah disiram saus, biasanya gado-gado dilengkapi dengan emping dan kerupuk. Terdapat hidangan lainnya juga sama, seperti pecel dan atah atau karedok.

4. Sate – Daging Panggang Ala Indonesia

Sate berbahan dasa daging. Entah daging ayam, kambing atau daging yang lainnya, semuanya akan terasa lezat dengan rempah khas Indonesia yang dilumurkan pada potongan daging yang ditusukkan pada lidi.  Sate tusuk ini sangat lezat setelah dibakar di atas bara yang begitu panas. Setelah dibakar, sate tusuk ini disiram dengan saus kacang dan irisan bawang merah.

sate ayam (c) indochili.com
sate ayam (c) indochili.com

Sate tusuk menjadi makanan khas Indonesia yang favorit bagi lokal maupun wisatawan asing. Terutama sate tusuk yang berasal dari Madura. Sate tusuk ini biasanya lebih enak jika disantap dengan lontong atau ketupat.

5. Rawon – Bumbu Kuahnya Cuma ada di Indonesia

Rawon terlihat seperti sup daging sapi yang berwarna hitam. Masakan ii menjadi populer bagi bule karena rasanya yang unik. Rasa unik ini berasal dari keluak yang dipakai sebagai rempah wajib yang dipakai untuk membuat rawon. Dengan keluak, maka rawon akan memiliki rasa pedas yang kuat dan berwarna hitam pekat.

Rawon (c) indochili.com
Rawon (c) indochili.com

Rawon merupakan makanan khas dari Jawa Timur. Rempah-rempah yang dicampur selain keluak yaitu bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit dan cabai merah untuk membuatnya lebih sedap. Biasanya rawon disajikan dengan nasi yang masih panas, dengan tambahan sambal dan taoge pendek.

6. Gudeg – Manis Legit Gurih Pedas Campur Jadi Satu

Di Yogyakarta, terdapat banyak  sekali jenis makanan khas. Salah satu makanan yang sangat populer di Yogyakarta yaitu Gudeg. Gudeg adalah jenis makanan yang terbuat dari nangka muda yang dicampur degan gula aren, santan, daging, bawang putih, dan rempah-rempah lainnya. Rempah-rempah lainnya dicampur ke dalam campuran tapi daun jatilah memberikan warna coklat pada gudeg tersebut.

Gudeg (c) allindonesiatravel.com
Gudeg (c) allindonesiatravel.com

Gudeg merupakan makanan ciri khas bagi kota kesultanan Yogyakarta.  Nangka manis yang direbus berjam-jam di dalam santan dan gula aren, membuat gudeg terasa begitu lembut dan lembut. Biasanya gudeg disajikan dengan telur, ayam goreng renyah dan nasi hangat.

Berbagai  makanan tersebut merupakan sedikit dari seluruh jenis makanan yanga da di Indonesia. Kita sebagai warga Indonesia sebaiknya menjaga makanan khas yang sudah ada dan beragam ini. Beberapa kedai makanan Indonesia yang terkenal di luar negeri sebagai salah satu bukti bahwa makanan khas Indonesia tidak kalah dengan makanan modern lainnya.

7. Bakso – Makin Banyak Sambelnya Makin Sip

Bakso atau Baso di Indonesia adalah bakso yang terbuat dari daging sapi. Dengan campuran tepung terigu dan tapioka, adonan bakso bisa dibentuk bulat. Cita rasa yang dihasilkan diperoleh dari kaldu dan rempah-rempah.  Bakso bisa terbuat dari daging ayam, daging sapi, babi atau beberapa kombinasi dari berbagai daging.  Bakso biasanya disajikan dengan bihun, tahu goreng, gorengan pangsit, seledri dan bawang goreng dengan disiram kuah bakso.

bakso (c) duniainter.net
bakso (c) duniainter.net

Bakso ini juga merupakan makanan khas Indonesia yang disukai oleh bule. Bakso menjadi lebih tenar ketika Barack Obama, presiden Amerika Serikat, menyatakan bahwa bakso merupakan makanan favoritnya saat ia di Indoensia. Makanan berkuah yang sangat gurih ini sangat populer diantara bule. Sebagian besar bakso dijajakan oleh gerobak berjalan.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Blackbox Airsia QZ8501 Harus Ditemukan