Sejak zaman dulu hingga hari ini, banyak penyakit baru bermunculan. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, beberapa di antaranya adalah polusi, penipisan atmosfer, lingkungan yang makin kotor, virus yang terus bermutasi dan masih banyak lagi. Tidak heran jika di atas tahun 50, bayi yang baru lahir harus divaksinasi macam-macam mulai dari hepatitis hingga polio.

Baca Juga :5 Manusia Dengan Hidup Paling Aneh di Dunia

Bersyukurlah Anda jika sehat selalu dan tidak mengidap suatu penyakit. Ternyata, di dunia ini ada 10 penyakit paling langka dan sulit bahkan tidak mungkin untuk disembuhkan. Salah satunya adalah, bayi lahir dengan wajah seperti orang tua seperti film Benjamin Button. Penasaran dengan penyakit langka lainnya? Ini dia:

Artikel Lainnya
Mengenal Delusion of Grandeur, Penyakit Langka yang Menyerang Ratu Kerajaan Ubur-ubur
Ganas di Lapangan, Pemain Ini Juga Tidak Lupakan Amalan Saat Hari Raya Idhul Adha

1. Kuru, Penyakit Yang Timbul Akibat Kanibalisme Makan Otak Manusia

Kanibalisme mungkin hanya sebuah ‘mitos’ bagi kita yang hidup di lingkungan modern. Tapi di Papua Nugini tepatnya pada suku Fore, ternyata mereka benar-benar melakukan kanibalisme alias memakan daging manusia lho! Mereka hidup di dataran tinggi dan melakukan ritual untuk makan bagian tubuh manusia terutama bagian otaknya.5309030_20131120053149

Nah karena kanibalisme inilah muncul penyakit kuru, yang membuat penderitanya tidak bisa makan, lumpuh serta mati dalam keadaan koma dalam jangka waktu 6-12 bulan, dilansir dari toptenz. Namun sekarang, penyakit kuru ini sudah banyak berkurang karena pemerintah Papua Nugini sudah mengintervensi suku-suku yang melakukan kanibalisme agar menghentikan kegiatan ini.

Selanjutnya :2. Smallpox, Cacar Merusak Kulit Sampai Seluruh Tubuh

2. Smallpox, Cacar Merusak Kulit Sampai Seluruh Tubuh

Tidak perlu berkecil hati jika kulit Anda tidak seputih artis Korea atau ras Arya di Eropa. Syukurilah jika kulit Anda sehat walaupun warnanya coklat atau hitam. Ada beberapa orang yang kondisi kulitnya tidak bisa kembali ke semua setelah terkena cacar. Kulitnya menjadi belang dan terluka, sulit sekali untuk disembuhkan.

Smallpox
Smallpox

Di abada 20 ini, hampir semua orang terkena cacar namun tidak semuanya kondisi kulitnya membaik. Dari jutaan orang yang terkena cacar, beberapa di antaranya menderita penyakit kulit seperti di atas. Kasihan sekali ya? Ini disebabkan oleh kondisi kulit yang tidak bisa memperbaiki teksturnya sehingga rusak dan tidak regenerasi.

Selanjutnya : 3. Morgellons, Gatal Yang berujung Lumpuh Dan Kematian

3. Morgellons, Gatal Yang berujung Lumpuh Dan Kematian

2000 orang di Amerika mengaku terkena penyakit ini dan berakhir lumpuh. Sebenarnya, apa sih Morgellons ini? Awalnya, hanya akan terlihat di kulit seperti tergigit nyamuk dan terluka bekas digaruk. Namun lama kelamaan, menyebar di seluruh tubuh, terasa panas dan menyerang saraf serta tulang. Tidak butuh waktu lama bagi penyakit ini untuk membuat lumpuh penderitanya.

Morgellons
Morgellons

Hingga hari ini, Morgellons belum ada obatnya. Tanda-tandanyapun sangat umum seperti sakit gatal sehingga harus diwaspadai. Anehnya, penyakit satu ini belum diketahui berasal dari mana, menular atau tidak dan bagaimana bisa masuk ke dalam tubuh.

Selanjutnya : 4. Von Hippel-Lindau (VHL), Penyakit Tumor di Seluruh Bagian Tubuh

4. Von Hippel-Lindau (VHL), Penyakit Tumor di Seluruh Bagian Tubuh

VHL bisa dibilang sebagai salah satu penyakit paling langka, berbahaya serta dilematis di dunia ini. Penyakit ini menurut penelitian terakhir menyerang 1 dari 35 ribu orang. VHL adalah kondisi genetik yang menyedihkan, di mana tumor akan tumbuh di sistem saraf pusat dan pembuluh darah. Tidak hanya itu, hampir seluruh bagian tubuh juga akan diserang oleh tumor dan tidak akan bisa diobati atau dikendalikan. Kenapa?

Von-Hippel-Lindau-syndrome
Von-Hippel-Lindau-syndrome

Ternyata, Von Hippel-Lindau (VHL) ini jika tidak segera diobati akan mnyebabkan stroke dan serangan jantung. Namun masalahnya, pengobatannya juga rumit karena tidak hanya menyerang saraf dan pembuluh darah tapi juga hingga otak dan sumsum tulang belakang. Mengerikan sekali!

Selanjutnya : 5. Fibrodysplasia Ossificans Progressiva (FOP), Tubuh Jadi Tidak Berbentuk Dan Bungkuk

5. Fibrodysplasia Ossificans Progressiva (FOP), Tubuh Jadi Tidak Berbentuk Dan Bungkuk

Selama ditemukan penyakit ini, ternyata Fibrodysplasia ossificans progressiva (FOP) ini adalah penyakit genetik yang bisa menurun dari keluarga (tidak harus ayah dan ibu tapi bisa juga dari kakek dan nenek yang darahnya mengalir dalam tubuh penderita). Dari 7 milyar lebih manusia yang hidup di bumi, FOP menjangkit hanya sekitar 1-2juta orang saja. Namun inilah yang berbahaya. Tulang menjadi rusak, tulang tumbuh di dalam otot dan berat badan tidak bisa naik.Fibrodysplasia-Ossificans-Progressiva

Jari-jari tangan dan kaki panjangnya jadi tidak beraturan, bagian punggung tulangnya saling menonjol. Cara menyembuhkannya hanya dengan operasi membuang tulang-tulang tumbuh di dalam otot dan juga terapi untuk menguatkan tulang akan tidak bengkok.

Selanjutnya : 6. Hutchinson-Gilford Progeria, Bayi Lahir Dengan Wajah Seperti Kakek-Kakek

6. Hutchinson-Gilford Progeria, Bayi Lahir Dengan Wajah Seperti Kakek-Kakek

Melihat film Curious Case of Benjamin Button membuat kita tidak percaya bahwa ada bayi yang lahir dalam keadaan wajah seperti orang tua. Ternyata, film ini terinspirasi dari penyakit Hutchinson-Gilford Progeria. Kondisi ini membuat bayi yang lahir kulitnya keriput, wajahnya terlihat tua dan juga tidak bisa hidup lebih dari usia 20 tahun.

Hutchinson-Gilford Progeria
Hutchinson-Gilford Progeria

Progeria menyerang 1 di antara 8 juta bayi yang lahir di dunia ini. Penyakit ini tidak menurun secara genetis namun faktor gen dari orang tua (mungkin gen dari kedua orang tua tidak cocok atau faktor lain) bisa jadi penyebabnya. Dokter dan para peneliti sudah mencoba untuk mencari obatnya mulai dari terapi hormon hingga obat anti kanker namun belum ada hasilnya.

Selanjutnya : 7. Field’s, Hanya Menjangkit si Kembar Berakibat Fatal

7. Field’s, Hanya Menjangkit si Kembar Berakibat Fatal

Penyakit ini hanya menyerang anak kembar perempuan di dunia. Awalnya, si anak terkena lumpuh dan kondisi tubuhnya melemah. Lalu di kulitnya muncul bercak-bercak dan tidak melakukan hal-hal berat. Salah satu yang terkena penyakit Fields adalah Cath dan Kristie Fields (nama penyakit ini diambil dari nama keluarga mereka). Lantas seberapa buruk efek dari penyakit ini?fileds-syndrome

 Si kembar tidak bisa lagi bergerak, hanya bisa duduk di kursi roda. Jika berpikir berat, bisa langsung pingsan dan harus dirawat di rumah sakit. Dokter masih belum menemukan alasan pastinya dan apa obatnya.

Selanjutnya :  8. Paraneoplastic pemphigus (PNP), Kulit Melepuh Dan Menyebabkan Kematian

 

8. Paraneoplastic pemphigus (PNP), Kulit Melepuh Dan Menyebabkan Kematian

PNP adalah salah satu penyakit yang muncul dari permasalahan yang terjadi dari darah. Komposisi zat dalam darah yang tidak seimbang, akhirnya membuat kulit merah-merah dan seperti melepuh dan akhirnya meletus, ada cairannya. Penyakit ini akan menyebar di seluruh kulit dan tidak bisa disembuhkan. Tidak hanya itu, kulit juga akan melepuh serta membuat tubuh terasa panas dan tidak nyaman.

Paraneoplastic pemphigus
Paraneoplastic pemphigus

Penyakit ini juga menyebabkan hal fatal. 90% penderita PNP meninggal dunia karena gagal fungsi organ dan juga kanker. Belum dipastikan ada berapa banyak yang menderita penyakit ini namun hanya menjangkit 1 dari beberapa juta orang saja.

Baca Juga :Di China Telur di Rebus Dengan Air Kencing Jadi Makanan Favorit

Begitu banyak penyakit aneh yang ada di dunia ini. Tetap jaga kesehatan dan langsung periksa ke dokter jika merasa ada yang salah dalam kondisi tubuh ya!

Baca Juga :6 Kasus Kehamilan Paling Aneh, Dari Pria Hamil Sampai Usia 5 Tahun Sudah Melahirkan