Categories: Tips

3 Polemik Bendera Perancis yang Bikin Kisruh Jagad Media Sosial

Sudah beberapa hari sejak teror Paris berlalu namun kengeriannya masih terasa hingga hari detik ini. Tak mengherankan sih karena kejadian ini merupakan yang paling parah sepanjang sejarah mereka sejak Perang Dunia II. Dukungan pun tak henti-hentinya diberikan pada negara ini. Termasuk aksi netizen yang ramai-ramai bikin profil picture mereka berlatarbelakang bendera Perancis. Tujuan sih sebenarnya baik, namun pada akhirnya aktivitas ini malah jadi polemik tersendiri.

Baca Juga : 5 Peristiwa Mencekam di Belahan Dunia Lain yang Berbarengan dengan Penembakan di Paris

Karena Perancis yang tertimpa musibah, orang-orang langsung memberikan dukungan. Salah satunya ya tadi, mengganti profil picture mereka dengan latar bendera Perancis. Padahal di saat yang sama, bencana dan teror juga terjadi di beberapa negara. Sehingga sebagian netizen pun beranggapan jika memasang profil picture tersebut adalah hal yang sama sekali tidak tepat.

Nah, berikut adalah aksi polemik bendera Perancis yang bikin heboh jagad media sosial.

1. Polemik Pasang Bendera Perancis

Fenomena ini berawal dari Facebook yang pertama kali memperkenalkan fitur ganti profile picture dengan latar bendera Perancis. Lantaran deskripsinya adalah dukungan kepada Perancis, maka banyaklah netizen yang tertarik pakai fitur ini. Hingga akhirnya polemik pun muncul ketika sebagian yang lain menganggap hal ini justru tidak patut untuk dilakukan.

Fitur ini bertujuan untuk memberikan dukungan kepada Perancis [Image Source]
Yup, pihak yang tidak setuju dengan aplikasi fitur ini menganggap jika bukan hanya Perancis saja yang patut didukung seperti itu. Di waktu yang sama, ada sederetan peristiwa nahas lainnya yang terjadi di beberapa negara. Misal bom Beirut dengan korban mencapai 50 orang, serta gempa bumi di Meksiko dan juga Jepang. Foto profil tersebut menurut sebagian orang mengesankan kalau tragedi di Perancis lebih penting dari yang lainnya.

2. Keberpihakan Netizen yang Berbeda-Beda

Banyak netizen menganggap pantas untuk masang profil picture tersebut, namun sebagian menganggap tak layak karena bencana yang terjadi tak hanya di Perancis saja. Demikian pula ada yang menganggap jika semua orang sudah menurut matanya lantaran kejadian di Paris itu tidak ada secuil dari tragedi yang menimpa Timur Tengah.

Berbagai tanggapan netizen soal fitur bendera Perancis tersebut.

Indonesia bahkan juga disangkut pautkan dengan polemik ini lho. Tak sedikit yang menganggap jika Indonesia juga butuh ditolong karena negara ini juga terkena asap yang dampaknya besar. Bahkan bila perlu pasang juga foto profil berlatarkan merah putih.

Masing-masing keukeuh mendukung argumennya sendiri-sendiri. Namun lupa bahwa hal tersebut tidak menghasilkan apa pun pada akhirnya. Netizen lupa bahwa aksi nyata lebih penting dari pada semua atribut dukungan tersebut.

3. Lupa Esensi Kemanusiaan yang Sesungguhnya

Saling klaim kebenaran tentang siapa yang harusnya di dukung, membuat banyak orang lupa jika hal demikian ini bukanlah yang dibutuhkan oleh para korban tak hanya Perancis tapi di seluruh dunia. Alih-alih berdebat, kenapa tidak benar-benar melakukan langkah nyata dalam memberikan dukungan. Misalnya pergi ke daerah bencana dengan membantu perawatan korban, bangun infrastruktur mereka dan lain sebagainya.

Sibuk berargumen, sampai lupa jika semua korban itu butuh dibantu secara nyata [Image Source]
Aksi nyata yang lebih dibutuhkan korban, bukan debat mengenai hal yang sebenarnya tidak terlalu penting itu. Perlu diingat nih, sebagus apa pun wacana kalau tidak diimplementasikan sama saja tidak ada gunanya. Sama halnya dengan kasus ini. Semua orang meneriakkan dukungan mereka tapi tak ada yang benar-benar mau terjun langsung dan memberikan bantuan.

Baca Juga : 8 Fakta Unik Perancis, Negeri yang Katanya Identik Dengan Cinta

Nah, dari kejadian ini bisa disimpulkan kalau kita harus berpikir dulu sebelum melangkah. Pikir dulu apakah hal yang akan kita lakukan bisa memicu kontra atau tidak. Mungkin masalahnya sepele yakni memberikan dukungan, namun ketika kita kesannya hanya mementingkan satu pihak saja maka ini akan menimbulkan polemik. Terlepas dari dukungan secara virtual ini, jauh lebih bagus jika kita benar-benar memberikan bantuan secara nyata. Nah, bagaimana menurutmu? Apakah hal semacam ini memang harus diperdebatkan?

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

1 day ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago