Berkarir sebagai seorang politikus memang dinilai sebagai profesi yang menjanjkan. Tak heran jika banyak dari mereka yang rela bertarung habis-habisan demi ambisinya duduk di kursi dewan. Tak hanya dari masyarakat awam, posisi sebagai tokoh politik ternyata menarik minat para artis hiburan di Tanah Air. Salah satunya adalah Raden Terry Tantri Wulansari atau Mulan Jameela.

Tenar sebagai musisi kondang ibu kota, Mulan banyak dikenal sebagai vokalis di grup pop duo Ratu. Saat itu, ia digaet untuk menjadi rekan duet Maia Estianty untuk menggantikan Pinkan Mambo pada 2005 silam. Keluar dari Ratu, ia memutuskan untuk bersolo karir dan berhasil menuai berbagai apresiasi dan penghargaan. Jarang tampil di dunia hiburan, Mulan dikabarkan telah lolos sebagai anggota DPR RI. Lantas, seperti aap perjalanan karirnya?

Terkenal berkat grup pop rock duo Ratu

Mulan bersama Maia saat maish aktif bersama di grup Ratu [sumber gambar]
Keputusan Maia Estianty memilih Mulan rupanya tak salah. Menggantikan Pinkan Mambo yang hengkang dari Ratu pada 2004, ia akhirnya resmi menggantikan posisi Pinkan sebagai vokalis di grup duo tersebut di tahun 2005. Sejak bergabung dengan Ratu, Mulan populer dengan nama panggung Mulan Kwok. Single pertama Ratu berjudul Teman Tapi Mesra, sukses melambungkan namanya di belantika musik nasional.

Memutuskan untuk bersolo karir setelah hengkang dari Ratu

Sempat memutuskan untuk bersolo karir [sumber gambar]
Tak puas dengan grup, Mulan menjajal bersolo karir dan hengkang dari Ratu yang telah membesarkan namanya. Ia kemudian tergabung dalam Republik Cinta Management (RCM). yang dinaungi mantan suami Maia Estianty, Ahmad Dhani. Sama saat seperti masih bersama Ratu, single miliknya seperti Makhluk Tuhan Paling Seksi, Wonder Woman, Bukannya Aku Takut dan Jatuh Cinta Lagi, meledak di pasaran.

Sempat mengubah nama panggungnya

Sempat mengubah-ubah nama panggungnya [sumber gambar]
Sebelum populer dengan nama Mulan Jameela, wanita berusia 39 tahun ini sempat mengonta-ganti nama panggungnya. Sebelum bergabung ke dalam grup musik Ratu, ia memiliki nama panggung Wulan Ardian di tahun 90-an. Ketika bersama Ratu, ia mengganti nama panggungnya menjadi Mulan Kwok. Namun di awal tahun 2007 ketika ia merilis album solo perdananya, ia mengganti lagi nama panggungnya sebagai Mulan Jameela.

Menjajal dunia akting dan seni peran

Kembali terjun ke dunia akting [sumber gambar]
Dari musik, Mulan juga mencoba melebarkan sayapnya dengan menjajal dunia akting lewat tayangan FTV. Sebelumnya, wanita bernama Raden Terry Tantri Wulansari itu terakhir berakting pada 2008 silam. Itu artinya, ia kembali menjalani syuting setelah vakum selama 10 tahun. Dilansir dari Merdeka, FTV yang dibintangi Mulan bersama aktor Ali Zaenal ini akan menjadi salah satu episode dalam drama seri Wanita Perindu Surga yang tayang di ANTV.

Terjun ke dunia politik dan lolos jadi anggota DPR RI

Mulan Jameela kini terjun ke dunia politik [sumber gambar]
Sempat tidak lolos sebagai anggota dewan ke Senayan dengan perolehan suara sebanyak 24.192, Komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Evi Novida Ginting Manik akhirnya memastikan, Mulan Jameela menjadi anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024. Istri musisi Ahmad Dhani itu terpilih menjadi anggota dewan menggantikan dua koleganya di Gerindra.

BACA JUGA: Netizen Salut! Begini Deretan Usaha Mulan Jameela untuk ‘Rujuk’ dengan Maia Estianty

Dari dunia keartisan lalu terjun ke kancah politik, bukanlah sebuah hal yang baru. Tercatat, ada banyak musisi, pemain film hingga bintang iklan, ikut-ikut menjadi kader partai tertentu hingga berhasil melenggang sebagai anggota dewan. Ya. mudah-mudahan bisa menjadi wakil rakyat yang jujur dan memegang amanah.