Melihat semakin meluasnya aksi demonstrasi yang dilakukan oleh para mahasiswa di beberapa wilayah Indonesia, ingatan kita seakan dibawa bernostalgia pada peristiwa serupa yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. Terutama Pada 1998 yang merupakan titik awal bagi runtuhnya rezim Orde Baru Soeharto. Tak banyak yang menyadari, beberapa politikus yang kini duduk di kursi dewan, ternyata merupakan mantan aktivis 1998.

Sebagai aktivis yang kala itu mengkritik kekuasaan Soeharto, mereka kerap turun ke jalan dan menggelar aksi unjuk rasa. Mirip dengan demonstrasi yang dilakukan oleh mahasiswa pada saat ini. Nama-nama populer seperti Fadli Zon hingga Fahri Hamzah, adalah para politikus sekaligus anggota dewan yang pernah ada di barisan tersebut. Seperti apa kisahnya? Simak ulasan berikut.

Fahri Hamzah yang merupakan mantan aktivis 98 dari barisan KAMMI

Fahri Hamzah saat ikut berorasi dan kini jadi Wakil Ketua DPR [sumber gambar]
Sebelum duduk sebagai Wakil Ketua DPR dan anggota DPR komisi III lewat dapil NTB, Fahri Hamzah merupakan mantan aktivis yang ikut turun ke jalan menentang rezim Orde Baru Soeharto. Lewat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), ia terlihat berorasi kepada rekan-rekannya dari sebuah foto lawas. Pada Pileg 2014, Fahri Hamzah terpilih sebagai anggota DPR dari dapil NTB dengan perolehan suara sebanyak 253.870.

Budiman Sudjatmiko yang jadi sasaran rezim Orde Baru Soeharto

Budiman Sudjatmiko yang dulu kerap menjadi incaran Orde Baru [sumber gambar]
Bisa dibilang, sosok Budiman Sudjatmiko merupakan aktivis 98 yang paling dicari-cari oleh rezim Orde Baru. Dilansir dari Merdeka, menjalani interogasi selama satu pekan di kantor Badan Intelijen ABRI (BIA) dan sempat menjalani peradilan atas tuduhan makar. Kini, ia bukan lagi sebagai aktivis yang turun ke jalan menyuarakan pendapatnya. Dua periode yakni 2009-2014 dan 2014-2019, membuat dirinya kini duduk sebagai anggota anggota DPR dari PDIP melalui dapil Jawa Tengah VIII.

Fadli Zon yang gigih menyuarakan pendapat saat berorasi sebagai aktivis 1998

Fadli Zon ikut berorasi dan turun ke jalan sebagai aktivis 98 [sumber gambar]
Senada dengan Fahri Hamzah, Fadli Zon juga merupakan rekan sesama aktivis 98 yang kerap terlibat aksi demonstrasi menentang Soeharto. Kini, keduanya telah menjadi politikus sukses yang menduduki jabatan strategis di dalam organisasinya masing-masing. Saat ini, Fadli Zon merupakan anggota legislatif petahana dari Partai Gerindra sejak 2014-2019 dan 2019-2024. Dalam sebuah foto lawas, tampak Fadli Zon tengah berorasi dalam sebuah aksi demonstrasi.

Adian Yunus Yusak Napitupulu yang juga pernah turun ke jalan pada 1998

Adian Napitupulu yang dulu ikut turun ke jalan bersama Forum Kota [sumber gambar]
Sebagai mantan aktivis Forkot atau Forum Kota yang dikenal keras mengritik Soeharto di era Orde Baru, nama Adian Yunus Yusak Napitupulu kerap menjadi sasaran aparat keamanan rezim Soeharto. Pada 1998 silam, ia ikut berunjuk rasa di gedung DPR dan menyuarakan sikap yang menuntut Soeharto untuk mundur dari jabatannya. Kini, ia kembali duduk di gedung dewan. Bukan sebagai aktivis, melainkan anggota DPR periode 2014-2019, yang mewakili dapil Jawa barat V.

BACA JUGA: Bermacam-macam Tulisan Nyeleneh Spanduk Demo, dari yang Ngegas Hingga Bikin Ngakak

Enggak nyangka ya Sahabat Boombastis. Mereka yang kini telah duduk di kursi anggota dewan, ternyata juga pernah ikut turun ke jalan dan berunjuk rasa dalam gelombang demonstrasi pada saat itu. Tidak menutup kemungkinan, mereka yang berdemo hari ini kelak juga menjadi politikus seperti tokoh di atas.