Categories: Tips

Inilah Peringkat Para Presiden Indonesia Berdasarkan Kekayaan yang Dimiliki

Semenjak merdeka pada tahun 1945, sekarang ini Indonesia sudah punya tujuh presiden yakni, Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, KH Abdurachman Wahid, Megawati Soekarno Putri, Susilo Bambang Yudhoyono, dan yang masih menjabat sebagai kepala negara saat ini adalah Joko Widodo.

Sebagai orang top nomor satu di Indonesia tidak hanya masalah pemerintahan saja yang disorot, tapi kehidupan pribadi pun ikut menjadi topik menarik buat diikuti. Salah satunya adalah jika membicarakan soal kekayaan sang presiden.

Pasti dalam benakmu sempat terbersit pertanyaan, siapa kira-kira presiden Indonesia paling kaya selama ini? Nah, daripada penasaran mari kita ulas peringkat kekayaan presiden mulai dari yang paling besar beserta asal mula dananya satu persatu.

Soekarno, Presiden Terkaya Indonesia

Soekarno merupakan presiden pertama Indonesia. Salah satu koran di Austria, yakni Kronen Zeitung, pada Desember 2012 pernah menyebutkan apabila Soekarno mempunyai harta sebanyak 57 ribu ton emas yang diberikan pada Amerika. Pernyataan itu ditambahi dengan klaim dari Gustav Jobstmann yang mengatakan apabila harta Soekarno senilai US$ 180 miliar atau setara 22 triliun itu disimpan di Union Bank of Switzerland (UBS).

Soekarno [Image Source]
Isu kepemilikan batangan emas itu sendiri kian gencar, terlebih saat beberapa media online banyak memberitakan serta mengunggah foto sejumlah sertifikat milik Bung Karno. Sumber kekayaan Soekarno sendiri banyak berasal dari bisnis yang dimiliki, selain tentunya kepemilikan tanah serta bangunan.

Soeharto, Pemimpin Indonesia yang Super Tajir

Slogan “Enak zamanku to?” pasti akan segera mengingatkan kita pada presiden kedua Indonesia, yakni Soeharto. Pada era Soeharto sendiri banyak kebijakan bernilai positif salah satunya adalah Swasembada Pangan. Soeharto menduduki posisi kedua presiden terkaya di Indonesia seperti dilansir majalah Forbes, kekayaannya diperkirakan sebesar US$4 miliar atau setara Rp55 triliun.

Soeharto [Image Source]
Soeharto sendiri memiliki banyak yayasan di mana rata-rata memberikan income yang terbilang sangat besar. Yayasan Supersemar merupakan salah satu yayasan di bawah kepemilikan keluarga Cendana yang cukup terkenal. Selain itu sumber kekayaan Soeharto juga berasal dari 3,6 hektar real estate di sejumlah kota besar di Indonesia

Megawati Soekarno Putri Ternyata juga Sangat Kaya

Putri dari Ir. Soekarno ini merupakan presiden wanita pertama di Indonesia. Dari hasil LHKPN atau Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara yang dirilis KPK 2015 silam, Megawati masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia karena memiliki kekayaan sebesar 59,809 miliar.

Megawati Soekarnoputri [Image Source]
Kekayaan Megawati sendiri berasal dari sejumlah usaha yang beliau geluti bersama almarhum sang suami. Usaha yang beliau miliki adalah delapan SPBU serta sejumlah tanah dan bangunan di daerah Jakarta yang rata-rata luasnya adalah lebih dari 1000 m2. Beliau juga memiliki 22 mobil.

Pak Habibi dengan Kekayaannya yang Lumayan

Bacharudin Jusuf Habibie atau lebih akrab dengan sebutan BJ Habibie ini menduduki posisi keempat presiden terkaya di Indonesia. Majalah Fat Eastern Economic Review melansir apabila kekayaan presiden ketiga tersebut diperkirakan sebesar US$60 juta atau setara dengan 815 miliar.

Bacharudin Jusuf Habibie [Image Source]
Kekayaan Pak Habibie sendiri banyak berasal dari bidang yang beliau geluti. Seperti teknologi pertanian, perkebunan, juga sejumlah bisnis lainnya di daerah Batam.

Pak SBY juga Memiliki Harta yang Melimpah

Lebih familier dengan sebutan SBY, presiden yang menjabat dua periode pemerintahan ini pernah masuk ke dalam jajaran 10 orang terkaya di Indonesia versi Majalah Forbes. Kekayaan SBY dilansir mencapai 6,8 triliun.

Susilo Bambang Yudhoyono [Image Source]
Sumber kekayaan SBY didapat dari sejumlah kepemilikan bangunan dan tanah di Bogor seluas 3.185 m2 dan 954 m2. Tak hanya itu, kemungkinan pendahulu Pak Jokowi ini juga memiliki beberapa bisnis lain yang sepertinya cukup menghasilkan.

Presiden Jokowi dan Kekayaannya yang Lumayan Banyak

Presiden yang terkenal dengan kebiasaan ‘blusukan’-nya ini merupakan presiden yang masih menjabat saat ini hingga 2019 mendatang. Soal harta, menurut LHKPN pada 2012 silam kekayaan yang dimiliki Jokowi tercatat sebesar 27,25 miliar.

Joko Widodo [Image Source]
Kekayaan Jowoki sendiri terhitung dari kepemilikan tanah dan bangunan seluas 1.187 m2 dan 120 m2 yang jika ditotal bernilai miliaran. Selain itu beliau juga memiliki memiliki tanah lain seluas 2.140 m2 & 1.500 m2 yang jika dikonversi menjadi duit nilainya juga cukup banyak. Selain tanah, beliau juga memiliki bisnis furniture yang mana juga ikut andil besar dalam sumber kekayaannya.

Gus Dur, Presiden Indonesia dengan Harta Paling Sedikit

Presiden yang sempat membuat kontroversi karena mengeluarkan dekrit pembubaran MPR/DPR ini tercatat sebagai presiden ketujuh terkaya di Indonesia. Dilansir dari LHKPN kekayaan Gus Dur adalah sebesar 680 juta.

Abdurrahman Wahid [Image Source]
Presiden yang suka guyon dan sempat memimpin NU ini menjabat selama 20 bulan. Harta kekayaannya sendiri didapat dari kepemilikan kas dan giro. Seperti yang banyak diketahui apabila Gus Dur juga memiliki sejumlah pondok pesantren khususnya di daerah Jombang.

Inilah urutan ketujuh presiden berdasarkan kekayaan yang dimiliki. Siapa sangka beberapa presiden kita memiliki begitu banyak harta ya. Bahkan Pak Karno katanya sampai mempunyai berton-ton emas. Sayangnya, harta sebanyak ini sampai sekarang tak pernah diketahui keberadaannya.

Share
Published by
Koko Ferdie

Recent Posts

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

3 days ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

6 days ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 week ago

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

2 weeks ago

Putra Raja Thailand Kembali Setelah 27 Tahun Diasingkan, Jadi Penerus Takhta Selanjutnya?

Kembalinya Vacharaesorn Vivacharawongse, putra tertua kedua Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, ke Thailand pada awal bulan…

2 weeks ago

Terungkap Situs Jual Beli Sertifikat Gelar Habib, Penipu Raup 18 Juta

Belakangan ramai perihal terungkapnya kasus penipuan lisensi gelar “habib”, di mana seorang pemuda memperjualbelikannya dengan…

2 weeks ago