Setelah nominal Rp80 juta viral di twitter gara-gara tarif Vanessa Angel yang disebut oleh Polda Jawa Timur, kini gantian Rp30 juta yang sedang ramai diperbincangkan. Hal ini dimulai oleh seorang desainer bernama Selviana atau lebih terkenal dengan Selphie Usagi (@selphieusagi) di twitter. Ia menyebutkan laki-laki yang masuk dalam kriterianya.

“Aku nyari laki 30thn ke atas, penghasilan minimal 30jt/bln, good looking, good in bed, good person, not really religious, kl bisa duda aja lah jd udah pengalaman. (^_^)” tulisnya. Hal ini pun auto mendapat berbagai macam respon dari netizen maupun selebtwit. Sebenarnya, sah enggak sih perempuan menetapkan standar gaji Rp30 juta/bulan?

Tweet Selphie Usagi [sumber gambar]
Menurut pandangan Selphie Usagi sendiri, ia memasang standar lelaki harus bisa menghasilkan minimal Rp30 juta/bulan bukan karena ia materialistis dan hanya ingin menikahi uang sang lelaki. Dapat dilihat dari profil Linkedin Selphie Usagi, penghasilannya per bulan tak jauh-jauh, lho, dari Rp30 juta. Sehingga, jika ia memasang standar seperti itu, berarti ia tak ingin memiliki seorang lelaki yang berada di bawahnya secara finansial. Sebab, dirinya berada di titik seperti sekarang bukan tanpa jungkir balik menempuh pendidikan dan ke sana ke mari menawarkan curriculum vitae-nya.

Tweet Falla Adinda [sumber gambar]
Berbeda dengan tweet Falla Adinda, seorang selebtwit dan dokter yang menyebut laki-laki berpenghasilan kurang dari Rp30 juta adalah pemalas—hal yang memicu para lelaki di twitter untuk tidak terima. Mereka terus membandingkan kehidupannya yang banting tulang dari subuh hingga matahari tak terlihat lagi di, tapi juga tak menghasilkan Rp30 juta per bulan. Menurut cnnindonesia.com, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang PS Brodjonegoro menyampaikan pendapatan per kapita Indonesia bisa tembus Rp345 juta pada tahun 2045. Badan Pusat Statistik (BPS) kini telah mencatat bahwa pendapat per kapita Indonesia per tahun mencapai Rp51,89 juta.

Gaji Pilot Garuda Indonesia vs CEO Gojek [sumber gambar]
Bisa disimpulkan, lelaki dengan penghasilan Rp30 juta pada zaman ini bukanlah hal yang tidak mungkin. Pilot dari Air Asia menerima gaji bersih Rp47,5 juta per bulan, berbeda lagi dengan Garuda Indonesia yang memberikan gaji kepada pilotnya sekitar Rp60 juta per bulan. Bagaimana dengan CEO sebuah start up seperti Gojek atau Shopee yang digemari masyarakat sekarang? Tak usah tinggi-tinggi, deh, marketing analyst-nya saja pasti menerima gaji tiga dijit di era ini. Lantas, mengapa banyak lelaki yang tantrum di twitter melihat Selphie Usagi mencuit standar lelakinya dengan gaji Rp30 juta/bulan?

Data pendidikan pekerja di Indonesia [sumber gambar]
Hal tersebut terjawab oleh sebuah data dari tempo.co. Pada tanggal 16 November 2018, tingkat pendidikan pekerja di Indonesia tercatat terdiri dari 40,78% pekerja dengan latar belakang Sekolah Dasar ke Bawah, sedangkan lulusan Perguruan Tinggi hanya 9,38%. Untuk mendapat gaji setara Rp30 juta per bulan, pasti membutuhkan latar belakang pendidikan yang juga menghabiskan materi, kan? Kuliah S1 4 tahun pasti membutuhkan uang berjuta-juta untuk selesai, tak hanya bayar uang kuliah saja, tapi juga untuk buku, dana penelitian, hingga jilid skripsi. Meskipun, excuse netizen juga masih ada yang “temen gue enggak kuliah tapi gajinya Rp50 juta.” Mungkin teman netizen yang budiman merupakan pewaris tahta dari Crazy Rich Surabayan? Who knows?

Circle karyawan di Indonesia [sumber gambar]
Terlepas dari itu, lingkungan pertemanan—terutama di ibukota, dapat membuat lelaki dengan gaji kurang dari Rp30 juta nyaman-nyaman saja, loh. Tak juga tersinggung dengan cuitan Selphie Usagi, karena ia hidup dengan lifestyle yang biasa-biasa saja. Bagi mereka dengan penghasilan Rp30 juta yang bergaul dengan sesama pemegang gaji 3 dijit juga tak akan memandang rendah ketika harus bergaul dengan mereka yang gajinya tak sampai Rp30 juta.

BACA JUGA: Pekerjaan Ini Gajinya Kecil di Indonesia, Tapi Besar di Luar Negeri

Namun, ironisnya, setelah Selphie Usagi mencuit hal mengenai standar laki-lakinya, banyak netizen yang membalas dengan “emang apa jaminan kita menafkahi wanita dengan Rp30 juta? Masih perawan? Vaginanya glowing?Sayang sekali masih ada netizen laki-laki yang berpikiran seperti itu, dan bukannya termotivasi untuk mengejar gaji Rp30 juta untuk mendapatkan wanita berpendidikan, cantik luar dalam, juga tahu caranya mengatur uang Rp30 juta tersebut. Tak hanya untuk dibelikan tas bermerek atau arisan berlian. Kalau menurut Sahabat Boombastis sendiri mengenai lelaki dengan gaji Rp30 juta ini bagaimana?