Sukses Go-jek yang melebarkan sayap bisnisnya di kancah internasional, semakin membuat bisnis digital Indonesia mendapat pengakuan secara global. Dilansir dari viva.co.id, perusahaan transportasi berbasis digital itu akan masuk di empat negara Asia Tenggara. Seperti Vietnam, Thailand, Singapura, dan Filipina.

Gojek sendiri telah resmi beroperasi di Vietnam dengan nama Go-Viet. Di balik kesuksesan tersebut, tentu ada sosok hebat di belakangnya. Siapa lagi kalau bukan Nadiem Makarim sang CEO. Tak hanya keberhasilannya membangun bisnis digital berskala global. Setidaknya, ada lima hal inspiratif yang bisa kita ambil dari sukses Gojek tersebut.

Menyelesaikan masalah sosial

Menyelesaikan masalah sosial [sumber gambar]
Pada mulanya, Gojek didirikan untuk memudahkan pengguna jasa transportasi ojek agar lebih cepat dan efisien. Begitupun sebaliknya, membuat para driver mendapatkan order tanpa harus menunggu dan membuang-buang waktu. Tak hanya melulu bicara untung rugi, keberadaan Gojek dinilai mampu menjawab tantangan sosial di masyarakat. Khususnya kemudahan untuk mendapatkan transportasi berbasis teknologi.

Membuka lapangan pekerjaan

Gojek memberikan peluang berupa lapangan pekerjaan [sumber gambar]
Sukses Gojek di Indonesia, bakal berlanjut di Vietnam dengan nama Go-Viet. Tentu saja, hal bakal membuka peluang kerja lebih luas lagi. Selain portfolio bisnis yang semakin berkembang, usaha yang dilakukan Gojek juga membantu pemerintah untuk mengurangi tingkat pengangguran. Sekali lagi, bisnis bukan hanya berbicara soal uang. Tapi bagaimana hasil dari usaha tersebut bermanfaat dan bisa dinikmati oleh banyak pihak secara luas.

Fokus dan kerja keras dari sosok Nadiem Makarim

Sukses dirikan Gojek [sumber gambar]
Tolak ukur kesuksesan seseorang bisa dilihat dari seberapa besar dirinya memberikan manfaat pada orang lain. Seperti Nadiem Makarim dan Gojek-nya, ia telah berhasil merubah persepsi orang tentang profesi ojek selama ini. Tentu saja, Nadiem harus bekerja keras dan fokus terhadap tujuan tersebut. Tak hanya bisa dinikmati, layanan transportasi digital yang berawal dari keprihatinannya akan kondisi ojek itu, juga memberikan kemudahan bagi penggunanya.

Nama Indonesia semakin disegani di percaturan bisnis global

Gojek sukses ekspnasi layanan hingga Vietnam [sumber gambar]
Gojek yang berasa dari Indonesia, kini bakal semakin dikenal luas berkat ekspansinya e negara-negara Asia Tenggara. Imbasnya, tentu saja membuka mata dunia internasional akan potensi bisnis digital di Tanah Air. Pada akhrinya, nama Indonesia pun harum dan disegani oleh pelaku bisnis digital secara global. Hal semacam ini tentu merupakan awal yang bagus untuk menarik minat investor asing menanamkan modalnya di Indonesia.

Kreatif dan tak ragu mencoba sesuatu yang baru

Jangan takut mencoba sesuatu yang baru [sumber gambar]
Jika sebelumnya nama Gojek hanya dikenal di Indonesia, kini bisnis transportasi digital tersebut bakal semakin mendunia. Seiring dengan beroperasinya Go-Viet di Vietnam. Dari hal tersebut, kita bisa mengambil pelajaran penting. Bahwa keberanian untuk mengambil resiko, sangat diperlukan demi membuka peluang baru. Meski ojek hanya dikenal pada masyarakat Indonesia, nyatanya Nadiem Makarim berhasil menduniakan Gojek dengan merambah wilayah global seperti Vietnam dan negara Asia Tenggara lainnnya.

Ada banyak kejadian di sekitar kita yang mempunyai nilai-nilai teladan dan inspiratif. Jika kita mau menggali cara berpikir dan mengubah sudut pandang kita ke arah positif, bukan tak mungkin ke depannya akan lahir inovasi-inovasi besar dari anak negeri yang membanggakan. Cari dan selami kehidupan yang ada saat ini. Niscaya, kita akan menemukan emas yang tersembunyi di sana.