Pernah nggak sih kamu bertanya-tanya kenapa banyak banget orang yang pengen jadi TKI atau berangkat kerja ke luar negeri? Jawabannya ternyata cukup sederhana, kok. Yaitu karena pendapatan di luar negeri bisa jauh lebih banyak dari pendapatan di dalam negeri.

Baca Juga : Pekerjaan Bikin Muntah Tapi Bergaji Tinggi, Mau Coba?

Bahkan, untuk pekerjaan yang di Indonesia dianggap sebagai pekerjaan bergaji rendah dan tidak terlalu dilirik oleh kebanyakan orang, di luar negeri masih memiliki tempat dan justru punya gaji besar, lho. Hal tersebut karena pekerjaan tersebut memang dianggap sebagai sebuah profesi yang serius. Bukan cuma asal kerja cari uang. Nah, berikut ini beberapa pekerjaan bergaji kecil di Indonesia tapi besar di luar negeri.

Artikel Lainnya
Ryuji Utomo Sudah Move On dari Ariel Tatum, Ini 10 Potret Pacar Barunya yang Tak Kalah Cantik
Balada Freeport, Gunung Emas Nusantara yang Malah Membuat Rakyatnya Semakin Miskin

1. Tukang Cuci Piring

Di Indonesia sih biasanya tidak ada pekerjaan khusus sebagai tukang cuci piring. Kalau di rumah makan, yang cuci piring biasanya sudah merangkap dengan pelayan atau tukang masaknya juga. Terkadang bahkan juga si pemilik rumah makan. Nah, kalau di rumah, biasanya sudah jadi bagian dari pekerjaan asisten rumah tangga atau pembantu.

Cuci piring jadi pekerjaan yang dicari pelajar yang ingin cari kerja sambilan [Image Source]
Cuci piring jadi pekerjaan yang dicari pelajar yang ingin cari kerja sambilan [Image Source]
Di Indonesia, pekerjaan ini sering dipandang miring karena bergaji kecil. Mungkin karena pola pikir bahwa pekerjaan seperti ini bisa dilakukan oleh siapa saja, sehingga kalau kamu tidak mau, masih banyak orang lain yang mau melakukan pekerjaan ini. Akhirnya ya gajinya memang tidak besar, mungkin hanya 20 ribu sehari.

Sementara itu di luar negeri, pekerjaan ini biasanya ditawarkan pada mereka yang ingin mencari kerja sambilan. Nah, pelajar di luar negeri akan berlomba-lomba mencari pekerjaan seperti ini sebagai tambahan uang jajan. Bagaimana tidak, pekerjaan sebagai tukang cuci piring saja bisa menghasilkan sampai 11 dolar per jam. Lumayan kan?

2. Tukang Sampah

Ini salah satu pekerjaan yang paling miris dan tidak dianggap di Indonesia. Sebagai seorang tukang sampah, mereka harus membersihkan jalan-jalan, mengangkut begitu banyak sampah yang bau, serta menarik gerobak sampah yang tentu saja berat. Meski termasuk pekerjaan yang berjasa, sayangnya pekerjaan ini juga bergaji kecil di Indonesia. Paling bagus ya 2 juta rupiah per bulan.

Tukang sampah [Image Source]
Tukang sampah [Image Source]
Coba kalau dibandingkan dengan Inggris, gaji tukang sampah per bulan bisa sampai 2000 GBP. Itu jelas jauh di atas gaji tukang sampah di Indonesia. Mereka juga tidak perlu menarik gerobak, karena mereka mengemudikan truk sampah dan tinggal mengambil sampah yang sudah berada di tempat sampah. Nah kalau di Indonesia, karena masih banyak yang suka buang sampah sembarangan, jadilah tukang sampah terpaksa menyapu dan mengambil sampah-sampah yang berserakan.

3. Wartawan

Pekerjaan jadi seorang wartawan itu nggak gampang, lho. Mereka harus mendapatkan berita atau informasi terkini dengan cepat dan akurat. Jadi jangan heran kalau wartawan harus terburu-buru ke lokasi berita bahkan sampai mempertaruhkan nyawa jika harus meliput lokasi bencana. Nah, tapi dengan pekerjaan berisiko seperti ini, gaji wartawan ternyata berada di kisaran 3 juta.

Wartawan [Image Source]
Wartawan [Image Source]
Meskipun Aliansi Jurnalistik Indonesia sebenarnya sudah menetapkan bahwa gaji jurnalis pemula itu adalah 5,7 juta. Namun tidak semua media mampu membayar jurnalis sebesar itu dan terkadang malah kurang. Hanya ada beberapa perusahaan media yang bisa memberikan gaji wartawan dengan layak. Di luar negeri, seorang wartawan mendapatkan gaji yang lebih baik. Mereka setidaknya masih bisa mendapatkan penghasilan hingga 30 ribu dolar per bulan.

4. Asisten Rumah Tangga

Di Indonesia, asisten rumah tangga atau pembantu rumah tangga masih sering dianggap sebelah mata. Padahal untuk keluarga yang sangat sibuk, peran asisten rumah tangga ini sangat berjasa bagi mereka, lho. Mereka menjaga agar rumah tetap bersih dan rapi, serta terkadang ada juga yang merangkap menyiapkan masakan untuk keluarga di rumah atau menjaga anak-anak si pemilik rumah. Meski begitu, gaji asisten rumah tangga di Indonesia ternyata tidaklah banyak, biasanya berkisar di angka 1 juta rupiah.

Asisten rumah tangga [Image Source]
Asisten rumah tangga [Image Source]
Di luar negeri, asisten rumah tangga bukan pekerjaan sembarangan, mereka bahkan mendapatkan gaji yang cukup besar. Di Kanada saja, asisten rumah tangga bisa mendapatkan hingga 100 ribu rupiah per jam. Sedangkan di Hongkong, kabarnya bisa mendapatkan hingga 4 juta rupiah per bulan dengan tugas yang relatif lebih ringan. Jadi ya tidak heran meskipun banyak kabar kasus penganiayaan TKI, masih banyak orang Indonesia yang berminat mengadu nasib ke luar negeri.

Bca Juga : 5 Negara Yang Gaji Pembantu Rumah Tangganya Termahal di Dunia

Itu tadi beberapa pekerjaan yang mendapat lebih banyak gaji di luar negeri daripada di Indonesia. Dengan perbedaan gaji yang cukup besar, tidak heran sih banyak orang yang ingin mengadu nasib dengan bekerja di luar negeri. Tapi jangan keburu senang dulu, gaji besar di luar negeri juga berarti harus menyesuaikan biaya hidup besar juga di sana. Selain itu, jangan dikira pekerjaan tersebut mudah, karena ada beberapa pekerjaan yang kamu kira mudah tapi kamu juga belum tentu bisa melakukannya seperti yang ada di artikel ini.