Kriminal dan penjara merupakan dua hal yang tak asing lagi di ranah hukum. Tak menyangka jika dua istilah tersebut pernah menyambangi artis-artis tanah air. “Anak dari seorang narapidana,” begitu julukan netizen kepada mereka.

Meskipun orang tuanya tengah mendekam di penjara, sebagai anak, 7 artis ini tak berhenti memberikan dukungan terbaiknya. Jatuh bangun, dicibir, hingga kembali melanjutkan kariernya di dunia hiburan pun dilakoninya. Bagaimana sih kisah 7 artis ini memiliki orang tua yang mendekam di bui? Simak ulasannya berikut ini.

Al, El, dan Dul, tak segan menangis di depan publik dan melanjutkan karier sang ayah

Belum lama ini, Ahmad Dhani—ayah dari Al, El, dan Dul, diberikan putusan hakim 1,5 tahun penjara atas kasus ujaran kebencian. Ia mencuit mengenai penistaan agama yang merujuk pada satu orang pada tahun 2017 silam. Sebelumnya, pada hari penangkapan Ahmad Dhani, El dan Dul telah mengungkapkan dukungannya melalui media sosial.

Terutama Dul, yang mengantarkan sang ayah hingga menempati “rumah barunya.” Pada 2 Februari lalu, Dul pun menggantikan Ahmad Dhani menjadi keyboardist dalam konser Reuni Dewa 19 di Malaysia. Beredar video Dul menangis ketika memainkan lagu sang ayah. Begitu pula Al, ketika Ari Lasso mengisyaratkan Baladewa bernyanyi bersama untuk Ahmad Dhani.

Annisa Pohan, meski sudah bebas tapi pernah merasakan ada di posisi ini

Setelah menjadi istri Agus Yudhoyono dan menantu SBY, Annisa Pohan pernah mengalami masa-masa kelam. Sang ayah, Aulia Pohan yang juga Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) tersandung kasus korupsi. Ia menerima aliran dana BI untuk Yayasan Pengembangan Perbankan Indonesia (YPPI), dikutip dari nasional.kompas.com.

Annisa Pohan anak Aulia Pohan yang dipenjara [sumber gambar]
Pada tahun 2009—ketika SBY masih menjabat sebagai Presiden, Aulia Pohan divonis 4,5 tahun, tetapi diberi keringanan hingga 3 tahun. Pada Agustus 2010, besan SBY tersebut bebas bersyarat hingga saat ini. Annisa Pohan pun tak pernah absen untuk menjenguk sang ayah di rutan, tetapi waktu itu, dirinya tak pernah berkomentar apapun kepada media.

Velove Vexia, “ini enggak adil buat papa”

Tahun 2016 silam, merupakan waktu terberat bagi Velove Vexia. Ketika dirinya berada di puncak karier, ada saja hal yang menghambat perkembangan profesinya. Hal tersebut datang dari sang papa, yang juga seorang pengacara kondang, OC Kaligis.

Velove Vexia anak OC Kaligis yang dipenjara [sumber gambar]
Ayah Velove Vexia terlibat kasus penyuapan hingga divonis 10 tahun penjara. Namun, satu tahun kemudian, OC Kaligis diberi keringanan pengurangan 3 tahun penjara. Sayang sekali, ketika disidak Najwa Shihab, sel OC Kaligis termasuk salah satu yang mewah. Velove Vexia memang tak terlihat banyak komentar, tapi ia menyatakan “ini enggak adil buat papa.”

Atiqah Hasiholan, kekeuh sang ibu tidak menebar kebohongan

Sebelum Al, El, Dul masuk dalam kelompok “aku anak narapidana,” Atiqah Hasiholan terlebih dulu bergabung. Hal tersebut dikarenakan sang ibu, Ratna Sarumpaet, terlibat dalam kasus penyebaran hoax. Mengaku dikeroyok, ternyata usai menjalani operasi plastik. Kini, ibu Atiqah Hasiholan berada di bui, dirinya tak pernah absen memberikan kunjungan dan dukungan.

Atiqah Hasiholan anak Ratna Sarumpaet yang dipenjara [sumber gambar]
Dikutip dari tabloidbintang.com, Atiqah mengungkapkan “dia hanya berbohong kepada keluarga dan orang-orang di lingkungannya yang kebetulan memang dia ada kaitannya pada saat itulah gitu.” Atiqah juga mengungkapkan bahwa ibunya tak memiliki tendensi untuk berbuat jahat dan merugikan orang lain, serta menyebarkan hoaks.

Aaliyah Massaid, “sekarang sudah berhijab”

Meski statusnya bukan anak kandung, Aaliyah Massaid juga mengalami masa-masa sulit berkat ibunya. Angelina Sondakh divonis 12 tahun yang lalu diberi keringanan menjadi 10 tahun gara-gara kasus suap di proyek Kemenpora dan Kemendikbud pada tahun 2011. Terlebih lagi, pada masa-masa sulit tersebut ia ditinggal oleh sang suami, Adjie Massaid.

Aaliyah Massaid anak Angelina Sondakh yang dipenjara [sumber gambar]
Aaliyah Massaid yang berstatus anak setelah alm. Adjie Massaid menikahi Angelina Sondakh pun tak jarang menjenguk ibu tirinya di penjara. Terakhir, ia mengungkapkan bahwa kondisi sang ibu sehat dan baik-baik saja. “Iya berhijab, oh iya, sekarang dia berhijab, pakai kerudung,” tandasnya, dikutip dari wowkeren.com.

BACA JUGA: Tajir dari Lahir, 5 Artis Ini Tak Pernah Rasakan Nikmatnya Nasi + Kerupuk di Tanggal Tua

Menjadi pribadi yang kuat dan terus mendukung orang tua bagaimanapun keadaannya adalah satu hal yang tengah diilhami 7 artis di atas. Terlebih lagi dengan nyinyiran netizen yang datang silih berganti.