Nama Najwa Shihab bukan lagi hal asing bagi masyarakat Indonesia. Jurnalis 40 tahun ini sudah dikenal sepak terjangnya di berbagai portal informasi—digital maupun cetak. Beberapa waktu lalu, kabar mengejutkan sempat datang dari putri cendekiawan muslim sekaligus mantan Menteri Agama, Quraish Shihab ini. Acara yang telah mengorbitkannya selama 7 tahun, Mata Najwa, yang tayang di stasiun televisi Metro TV, tiba-tiba berhenti mengudara.

Meskipun begitu, popularitas dan eksistensinya di dunia jurnalistik tetap tak padam. Baru-baru ini, ia—lagi-lagi, bikin “heboh” Indonesia dengan wawancara dan sidak ekslusifnya ke Lapas Sukamiskin, Bandung. Nana—panggilan akrab Najwa Shihab, pun mengungkap segala hal yang disembunyikan di sana, cukup berani, bukan? Maka dari itu, ulasan kali ini pun akan menyingkap bukti-bukti seorang Najwa Shihab sebagai wanita berani, independen dan juga sedap dipandang.

Ungkap rahasia di balik sel palsu Setya Novanto

Seperti yang sudah disinggung di paragraf sebelumnya, Nana baru saja bikin gebrakan untuk Indonesia. Ia melakukan sidak di Lapas Sukamiskin, Bandung, dan menemui sel mewah bak kos-kosan elit yang dihuni oleh para koruptor. Namun, ketika berhasil mewawancarai Setya Novanto serta masuk ke dalam selnya, Nana membongkar fakta sebenarnya terkait hal tersebut.

Tidak ditayangkan di video, ia langsung menulis bukti-bukti yang menunjukkan bahwa sel Setya Novanto adalah palsu. Ia menemukan parfum wanita di sana, ruangan yang bersih seakan-akan lama tak dihuni, serta baju-baju yang rapi seperti habis disetrika. Hal ini pun menggiring opini publik bahwa Papa Setya Novanto mulai babak baru dalam drama yang dibuatnya selama ini. Dilansir dari tribunnews.com, Nana juga sempat mendapat intimidasi gara-gara sidaknya.

Tak segan ambil resiko untuk wawancara Novel Baswedan

Masih ingat episode terakhir Mata Najwa? Di mana wawancara ekslusif dengan Novel Baswedan—yang kala itu sedang recovery gara-gara disiram air keras oleh oknum tak dikenal, menjadi penutup Mata Najwa setelah 7 tahun tayang. Tak banyak media dan jurnalis lain yang mendapat kesempatan untuk ngobrol dengan Novel Baswedan.

Najwa Shihab dan Novel Baswedan [sumber gambar]
Di satu sisi ketakutan menjalar ke seluruh tubuh, sisi lainnya susah sekali mendapat momen tersebut. Namun, Nana mempertaruhkan nyawanya untuk mengungkap fakta yang sebenarnya kepada publik. Bagaimana akhirnya kejar-kejaran dengan Novel berujung manis karena Nana bisa ngobrol banyak dengannya.

Sosok suaminya jarang diketahui

Mungkin banyak Sahabat Boombastis yang mengira seorang Najwa Shihab masih jomblo. Namun, dugaan kalian semua salah. Nana sudah menikah dari tahun 1997 dengan Ibrahim Sjarief Assegaf. Pasangan ini pun sudah dikaruniai buah hati, Izzat Ibrahim Assegaf, yang kini masih duduk di bangku SMA, dan Namia, anak kedua yang sudah pergi untuk selama-lamanya.

Suami dan anak Najwa Shihab [sumber gambar]
Sosok wanita mandiri atau independen terpancar lewat seorang Najwa Shihab. Meskipun ia adalah seorang ibu dan istri, laki-laki dalam keluarga kecilnya jarang sekali terekspos. Tak ayal jika banyak yang bertanya di mana suami Nana, tetapi jika kita tahu fakta sebenarnya, keluarga kecil Nana adalah salah satu yang harmonis di tanah air.

Berani keluar dari zona nyaman dan mempertahankan idealisme

Kita semua tahu bahwa ayah Najwa Shihab adalah seorang cendekiawan muslim yang dihormati. Namun, hingga sekarang ia belum juga mengenakan hijab seperti orang Indonesia kebanyakan—tak jarang kan melihat komentar “orang tuanya haji kenapa enggak berhijab?” Nana pun lahir dari keturunan Arab, suaminya pun begitu.

Najwa dan Quraish Shihab [sumber gambar]
Walaupun begitu, ia memiliki alasan tersendiri kenapa hingga sekarang hijab belum bertengger di kepalanya. Ia mempertahankan idealisme dan alasan tersebut sesuai dengan apa yang ia yakini. Salutnya, keluarga Nana mendukung keputusannya. Benar-benar definisi wanita hebat.

Masih meragukan kemampuan Najwa Shihab sebagai wanita? Jika Sahabat Boombastis mengikuti acara Mata Najwa setiap minggunya, pasti sosoknya akan membuat kalian terpesona. Tak hanya berbekal paras yang cantik, tetapi attitude dan otaknya pun juga manis. Enggak seperti selebriti yang kebanyakan gimmick.