Putusan sidang Ahmad Dhani akhirnya keluar. Dilaporkan atas ujaran kebencian pada tahun 2017 oleh ketua Basuki Tjahaja Purnama (BTP) Network, Jack Lapian, majelis hakim akhirnya memberikan vonis 1,5 tahun penjara kepada ayah dari Al, El, dan Dul ini. Ketika dinyatakan melakukan ujaran kebencian, Ahmad Dhani langsung ditahan di LP Cipinang.

Dramatis, netizen bilang ketika Ahmad Dhani ditangkap untuk dibawa ke penjara. Ia masih kekeuh menyatakan tidak melakukan ujaran kebencian di depan majelis hakim. Padahal, jelas cuitan tersebut berbunyi “Yang menistakan agama si Ahok…yang diadili KH Ma’ruf Amin,” “Siapa saja dukung penista agama adalah bajingan yang perlu diludahi mukanya-ADP,” dan “Kalimat sila pertama KETUHANAN YME, PENISTA Agama jadi Gubernur…kalian WARAS??? –ADP”

Ahmad Dhani divonis 1,5 tahun penjara [sumber gambar]
Tiga cuitan tersebut semuanya tertuang dalam akun twitter pribadi Ahmad Dhani, @AHMADDHANIPRAST. Ia resmi menjadi tersangka pada November 2017 setelah sebelumnya hanya diperiksa sebagai saksi. Peran keluarga pun sangat penting dalam sidang-sidang yang dilalui Ahmad Dhani. Kini, setelah akhirnya vonis keluar, begini tanggapan Al, El, Dul, serta mantan istrinya, Maia Estianty.

Al Ghazali, tak mengumbar masalah sang ayah di media sosial

Selama ini Al Ghazali memang menggunakan akun instagram pribadinya untuk mengunggah momen pribadinya bersama sang kekasih, Alyssa Daguise. Foto ayah kandung malah jarang muncul dalam media sosialnya. Ketika Ahmad Dhani divonis 1,5 tahun penjara pun Al hanya mengunggah fotonya dengan Alyssa—memperingati hari jadi mereka yang ketiga.

Respon Al Ghazali Ahmad Dhani divonis 1,5 tahun penjara [sumber gambar]
Netizen pun mulai berasumsi bahwa Al tak peduli lagi dengan sang ayah karena sudah melihat bundanya bahagia. Ada pula yang mendesak Al untuk segera menikahi Alyssa Daguise saja karena gaya pacarannya. Menurutmu bagaimana Sahabat Boombastis?

El Rumi, “hadapi dengan senyuman”

Berbeda dengan sang kakak, El yang tengah menjalani studinya di Inggris mengunggah foto masa kecilnya. El kecil tampak tengah merangkul Ahmad Dhani dalam foto tersebut. Ia pun menambahkan caption menyentuh dan membuat para pengikut instagramnya ikut bersimpati.

Respon El Rumi Ahmad Dhani divonis 1,5 tahun penjara [sumber gambar]
“Hadapi dengan Senyuman. Be STRONG and keep being YOU, Dad! @ahmaddhaniofficial biarkan Tuhan YME yang menilai. Sending LOVE from London,” tulis El disertai dengan emoji hati. Followers instagram El pun ikut merespon dengan memberikan pukpuk virtual dan “sabar bro.”

Dul Jaelani, mendampingi setiap sidang hingga terima vonis

Maia Estianty pernah diberi pertanyaan untuk mendeskripsikan Dul dalam dua kata, ia menjawab “bapake buanget.” Masyarakat pun setuju dengan pernyataan Maia, di antara tiga anaknya, Dul memang paling mirip dengan Ahmad Dhani—bahkan mewarisi jiwa bermusiknya. Dul juga anak Ahmad Dhani yang setia menemani sang ayah saat sidang hingga putusan hakim keluar.

Respon Dul Jaelani Ahmad Dhani divonis 1,5 tahun penjara [sumber gambar]
Setelah mengantarkan Ahmad Dhani ke LP Cipinang, Dul mengunggah sebuah foto sungai dalam akun instagram pribadinya (@duljaelani). Dul menambahkan caption “Haruslah Kuat. Jangan jadi lembek. Namun, JANGAN JADI SANG PENINDAS. #TiadaTuhanSelainAllah,” dalam foto yang diunggahnya.

Maia Estianty, menguatkan jagoan-jagoannya

Meski kini Maia Estianty telah bahagia dengan kehidupan barunya, ia tetap memperhatikan perkembangan anak-anak layaknya seorang ibu pada umumnya—termasuk apa yang terjadi kepada ayah mereka. Tengah berlibur di Amerika Serikat, menyambut umur barunya, Maia menyemangati anak-anaknya lewat media sosial.

Respon Maia Estianty Ahmad Dhani divonis 1,5 tahun penjara [sumber gambar]
Dalam postingan El dan Dul Maia memberikan komentar “stay strong”—yang lalu mendapat ribuan likes dari netizen. Secara tidak langsung, Maia Estianty juga peduli dengan anak-anaknya terhadap kasus yang menimpa ayah kandung mereka. Netizen pun percaya bahwa di belakang dunia maya, Al, El, Dul, dan juga Bunda Maia pasti saling menguatkan.

BACA JUGA: Dituntut 2 Tahun Penjara, Ini Lho 5 Hal yang Bakal Terjadi Jika Pakdhe Dhani Pilih Fokus Bermusik

Foto Ahmad Dhani tengah berbaur dengan penhuni LP Cipinang pun sudah viral di media sosial. Hal tersebut menandakan bahwa dirinya resmi dipenjara atas ujaran kebencian melalui media sosial twitter yang dicuitkannya tahun 2017 lalu.