in

Akhirnya! Setelah Sekian Lama, Atiqah Hasiholan Buka Suara Tentang Ratna Sarumpaet

Setelah lama bungkam tentang sensasi yang dibuat oleh sang ibu, Ratna Sarumpaet, akhirnya Atiqah Hasiholan buka suara. Sempat sebelumnya, ketika ia datang ke Polda Metro Jaya untuk diselidiki, ia berlari menghindari awak media, hingga manajernya terlibat cekcok. Akhirnya, ia bersedia untuk menjawab pertanyaan media usai menjenguk sang ibu, pada Selasa (6/11).

Atiqah Hasiholan—yang didampingi kuasa hukum Ratna Sarumpaet, Insank Nasruddin, mengungkapkan kondisi terkini ibunya. Banyak netizen yang dibuat salah fokus karena Atiqah mendatangi Polda Metro Jaya tanpa menggunakan make up dan tampak terlihat pucat. Meskipun begitu, netizen juga mengungkapkan betapa cantiknya Atiqah dengan wajah apa adanya.

Atiqah Hasiholan di Polda Metro Jaya [sumber gambar]
Istri dari Rio Dewanto ini mengungkapkan bahwa sebenarnya, ibunya telah menjalani masa pengobatan dengan psikiater beberapa tahun belakangan. Sehingga, dengan tinggal di penjara, ia merasa bahwa pengobatan tersebut tak bisa berjalan dengan maksimal. Maka dari itu, ia dan tim kuasa hukum Ratna Sarumpaet mengupayakan untuk mengajukan penangguhan atau pengalihan penahanan. “Penahanan itu ada tiga jenis, pertama di rutan, kedua di rumah, ketiga di kota. Kami tidak meminta dalam kapasitas dihilangkan status penahanannya, tapi hanya digeser. Semula dari penahanan rutan dipindahkan ke penahanan rumah atau kota, karena melihat kondisi beliau juga masih dalam masa pengobatan, dan harus setiap hari mengonsumsi obat. Jadi kan berpengaruh pada fisik dan juga jiwanya,” kuasa hukum Ratna Sarumpaet, Insank Nasruddin menjelaskan.

Ratna Sarumpaet dikeroyok katanya [sumber gambar]
Selain itu, Atiqah juga mengungkapkan bahwa ibunya sempat diperiksa oleh dokter dari kepolisian terkait dengan penyakit yang dideritanya. Atiqah juga menyebutkan psikiater pribadi Ratna Sarumpaet untuk datang ke rutan. Sebagai seorang anak, siapa sih yang enggak tersiksa melihat ibu sendiri disiksa? Sehingga, Atiqah Hasiholan mengupayakan hal apapun untuk memberikan situasi terbaik bagi sang ibu—yang dalam hal ini adalah memindahkan status penahanannya dari rutan ke rumah. Insank Nasruddin juga menyebut bahwa pihaknya selalu kooperatif dalam masa pemeriksaan. Jika banyak yang berpikir Ratna Sarumpaet akan kabur jika digeser menjadi tahanan rumah atau kota, ia memberikan detil jawabannya.

Ratna Sarumpaet operasi plastik [sumber gambar]
“Kalau kami menjamin bahwa beliau lagi tidak akan melarikan diri, tidak menghilangkan barang bukti, tidak mengulangi perbuatannya, siap wajib lapor, dalam Undang Undang, ya, bisa saja, (menjadi tahanan rumah)” ungkap Insank Nasruddin. “Karena kalau kita berpemikiran beliau akan melarikan diri, bagaimana mungkin, semua identitas seperti KTP, paspor, itu kan semuanya sudah disita,” tambahnya. Meskipun begitu, respon netizen berbeda dari biasanya. Jika seorang ibu—yang juga public figure berbuat kesalahan seperti Ratna Sarumpaet, pasti anaknya juga ikut diserang. Seperti halnya kasus Iis Dahlia beberapa bulan lalu.

Keluarga kecil Atiqah Hasiholan dan Rio Dewanto [sumber gambar]
Namun, karena Atiqah Hasiholan tak banyak bicara dan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik pada sang ibu, netizen pun bersimpati. Mereka percaya dengan ikut andilnya Atiqah dalam kasus Ratna Sarumpaet ini, aktivis 69 tahun ini akan jera dan tak mengulangi kesalahan yang merugikan negara. Netizen pun menyemangati Atiqah lewat video yang diunggah oleh akun gosip @lambe_turah, agar dirinya senantiasa diberi kesabaran untuk melewatkan proses hukum yang menyangkut sang ibunda. Hingga ulasan ini ditayangkan, suami Atiqah Hasiholan, Rio Dewanto, juga belum banyak bicara mengenai ibu mertuanya.

Written by Harsadakara

English Literature Graduate. A part time writer and full time cancerian dreamer who love to read. Joining Boombastis.com in August 2017. I cook words of socio-culture, people, and entertainment world for making a delicious writing, not only serving but worth reading. Mind to share your thoughts with a cup of asian dolce latte?

Leave a Reply

Mengira Uangnya Diambil, Bule Tuduh WNI Tanpa Bukti Hingga Dihajar Masa

Mengenal Sosok Indonesia di balik Kesuksesan Game Assasin Creed yang Fenomenal